Search Engine Optimization atau lebih dikenal SEO merupakan proses yang digunakan Buat mengoptimalkan sebuah website agar Mempunyai visibilitas yang lebih Berkualitas pada mesin pencari. Bagi siapapun yang mengelola website, Mempunyai pengetahuan tentang SEO adalah wajib hukumnya. Terlebih bagi raksasa teknologi seperti Tokopedia yang mengandalkan pencarian Buat jualan produknya.
Hal ini ditegaskan pula oleh Rizqi Riandra, SEO Lead Tokopedia yang mengatakan bawa Demi ini Dekat Seluruh search engine didominasi oleh Google. Di ajang START Summit Extension yang digelar Tokopedia Academy pada 20 April Lampau, ia memaparkan bagaimana meningkatkan performa suatu halaman Buat dapat mengoptimalkan SEO yang lebih Berkualitas.
Hal Krusial Buat SEO yang Lebih Berkualitas
Rizqi mengatakan SEO di Indonesia sering dikaitkan dengan Google Search engine, sehingga dibutuhkan Langkah agar dapat mengoptimalkan pencarian pada Google Search engine. “SEO berperan Krusial terhadap sebuah bisnis, di antaranya adalah Buat membantu meningkatkan brand awareness kepada calon pembeli serta meningkatkan visibilitas brand pada pencarian search engine, sehingga brand tersebut dapat mudah ditemukan,” ujarnya.
Demi ini, pengguna search engine pada Google di Indonesia Dekat mencapai 98%. Hal ini menunjukan betapa besarnya potensi pasar yang Pandai diraih. SEO juga merupakan salah satu teknik pemasaran yang Mempunyai biaya tergolong rendah atau Pandai disebut sebagai free traffic dibanding Search Engine Marketing (SEM) yang berbayar. Lebih jauh, SEO juga Pandai memberikan Dampak terhadap tujuan dari suatu brand, misalnya Buat meningkatkan penjualan atau jumlah pengunjung.
Buat mendapatkan performa SEO terbaik, terdapat satu bagian yang Kagak boleh dilewatkan. Intinya adalah bagaimana pengguna berinteraksi pada halaman website. Pada tahap ini, terdapat dua hal yang krusial. Pertama adalah Content Experience atau kualitas suatu konten dan bagaimana relevansinya terhadap pengguna. Kedua, Page Experience, atau sebuah kualitas suatu website dimana halaman tersebut dapat memberikan pengalaman yang Berkualitas kepada pengguna.
Bagi Tokopedia, Page Experience merupakan bagian terpenting. Selain dapat menghasilkan engagement yang tinggi terhadap pengguna, juga dapat meningkatkan conversion rates. Karena Page Experience merupakan sebuah set sinyal yang dapat mengukur bagaimana pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan suatu website.
Buat mengukur apakah suatu website telah sesuai dengan standar, dijelaskan bahwa terdapat 5 metrik yang dapat digunakan seperti Core Web Vitals, Mobile Friendly, Safe Browsing, HTTPS, dan No Intrusive Interstitials.
Perhatikan Core Web Vitals
Salah satu sinyal yang Pandai ditingkatkan dan dikelola secara jangka panjang adalah Core Web Vitals. Kita Mempunyai kesempatan Buat Membikin page experience pada website menjadi lebih Berkualitas melalui kolaborasi dengan tim Web Platform.
Core Web Vitals Pandai menjadi kesempatan yang dapat dimaksimalkan, terutama pada keadaan dimana banyak halaman yang Mempunyai kualitas yang sama. Core Web Vitals dapat menjadi pembeda antara satu website dengan website yang lain.
Komponen Krusial pada Core Web Vitals:
1. Loading
Loading digambarkan melalui LCP (Largest Contentful Paint), dimana komponen ini digunakan Buat mengukur dan Menonton berapa lama suatu konten yang Eksis di website dapat dilihat oleh pengguna atau pengunjung. Semakin lama suatu konten tersebut dapat dilihat, maka semakin Kagak baik.
2. Interactivity
Komponen ini menggunakan First Input Delay Buat Menonton seberapa Segera sebuah website dapat memberikan user interaction. Bagian ini juga dapat mengukur lama atau cepatnya perpindahan dari suatu halaman ke halaman lain.
3. Visual Stability
Dengan menggunakan CLS (Cumulative Layout Shift), sebuah halaman dapat dilihat kestabilannya pada jangka waktu yang lama, yakni pada Demi suatu website tersebut dikunjungi oleh pengguna.
Mengoptimalkan SEO dengan AMP
Peningkatan performa pada SEO dapat dipengaruhi oleh beberapa Unsur, salah satunya dan yang paling Krusial adalah dengan mengoptimalkan load time atau page speed pada sebuah website.
Kecepatan pada sebuah website sangat berpengaruh terhadap pengguna. Data menunjukkan bahwa sebanyak 40% pengguna akan meninggalkan suatu halaman website Apabila halaman tersebut membutuhkan waktu Buat memuat lebih dari 3 detik. Oleh karena itu, AMP (Accelerated Mobile Pages) dapat menjadi solusi Buat mengatasi hal tersebut.
Safira Anggraini, SEO Associate Tokopedia dan Adjie Guntoro, Software Engineer Tokopedia menjelaskan lebih lanjut mengenai AMP. Teknologi website yang digagas Google ini merupakan suatu komponen yang Pandai digunakan Buat Membikin website menjadi lebih Segera ketika diakses oleh user. Caranya adalah dengan menghapus fitur-fitur yang dapat memperlambat kecepatan website tersebut.
Halaman yang terintegrasi dengan AMP akan menghasilkan performa dan engagement yang lebih tinggi. Karena user dapat Mempunyai pengalaman yang lebih Berkualitas dan maksimal. Oleh karena itu, dalam membangun AMP dibutuhkan 3 bagian Krusial Yakni AMP HTML, AMP Javascript, dan AMP Cache.
Keuntungan lain dengan menggunakan AMP adalah kemampuannya dalam membantu Buat memuat suatu halaman dengan lebih Segera Buat pengguna seluler, terutama bagi pengguna dengan konektivitas yang kurang Berkualitas. AMP juga dapat meningkatkan visibilitas pada situs web, terlebih Buat bisnis yang bergerak di bidang e-commerce. Secara Kagak langsung, AMP juga dapat meningkatkan ranking pada suatu web, mengingat bahwa Unsur ini dipengaruhi oleh kecepatan pada halaman web itu sendiri.
Nah, Apabila Mau mendapatkan penjelasan lebih rinci, Anda juga Pandai menonton tayangan videonya di Rendah ini.
Disclaimer: Jagatgame.id merupakan media partner ajang Tokopedia START Summit Extension