Tentunya Doraemon Mempunyai tempat tersendiri dihati para masyarakat Indonesia, pasalnya anime yang satu ini Dekat selalu menemani minggu pagi jutaan orang dinegara kita ketika Tetap anak-anak. Tetapi bagimana jadinya Kalau kisah Sang Kucing Robot tersebut disajikan dalam sebuah game simulasi berkebun ala Harvest Moon? Sepertinya para fans harus berterimakasih kepada Bandai Namco dan Marvelous yang sudah mewujudkan mimpi tersebut Doraemon Story of Season.

Sejak pertama kali diperkenalkan tentunya game ini Jernih-Jernih sudah menarik perhatian bagi para Pemeran veteran Harvest Moon, pasalnya game yang satu ini secara gameplay Betul-Betul menawarkan sebuah senasi berkebun dengan balutan cerita ala Doraemon yang syarat akan pesan kehidupan. Meskipun begitu game yang pertama kali dirilis pada 11 Oktober 2019 Buat Nintendo Switch dan PC via Steam, akhirnya game yang satu ini hadir pada PS4. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Jagat Game akan mengeksplorasi game Doraemon Story of Season versi PS4.


Story : Doraemon dan Nobita Mencari Jalan Pulang

Dari segi cerita Dapat dibilang Doraemon Story of Season mengadopsi cerita dari tiap Movienya, dimana Nobita,Doraemon, berserta Mitra-temannya akan terlempar jauh ke dimensi lain. Cerita dimulai ketika Nobita harus melakukan projek musim panasnya, dan berakhir dengan menemukan sebuah tanaman misterius. Merasa penasaran dengan hal tersebut Nobita mencoba menanam bibit tanaman misterius tersebut digunung belakang sekolahnya. Tanpa diketahui bibit tanaman misterius itu Maju tumbuh menjadi sebuah pohon raksasa yang pada akhirnya menerbangkan Nobita, Doraemon, dan Mitra-temannya kedalam sebuah dunia, dimana cerita dari game yang satu ini akan dimulai.

DORAEMON STORY OF SEASONS 20200818002731

Seperti pada setiap Movie Doraemon, tanpa Dalih yang Jernih barang dan kantong Luar Normal miliki si robot kucing ini Bukan Dapat digunkana secara maksimal. Oleh karena itu, Nobita yang mendarat disebuah dunia antah-berantah tersebut mau Bukan mau-mau harus Maju bertahan hidup dengan berkerja dan bersosialisasi dengan penduduk tempat tersebut, sembari menemukan alat-alat Doraemon Buat kembali kedunianya. Lampau apakah yang harus dilakukan Nobita, Doraemon, dan Mitra-temannya Buat bertahan hidup didunia antah-berantah tersebut?


Cerita Syarat Maksud yang Mempunyai Peran Krusial dalam Permainan

Dapat dibilang cerita dalam Doraemon Story of Season selain akan syarat dengan pesan moral, juga akan Mempunyai peran Krusial dalam permainan. Sehingga bagi Engkau yang hanya Mau bertahan hidup dan hanya berfokus pada kegiatan kerkebun dijamin akan kesusahan dalam memainkan game yang satu ini. Meskipun Doraemon Story of Season sendiri Mempunyai cerita Istimewa dimana Engkau diwajibkan mencari jalan pulang dengan mengumpulkan berbagai gagdets Doraemon yang hilang lewat arc story “Big Tree Mystery”, cerita-cerita sampingan dari tiap Kepribadian yang Eksis digame ini Mempunyai Dampak yang signifikan dari segi gameplay. Dimana setiap arc story dari tiap Kepribadian yang Eksis dalam game ini akan menuntut mu menyelesaiakan dari misi Istimewa.

DORAEMON STORY OF SEASONS 20200904120843

Sejauh ini Eksis Sekeliling 21 Cerita yang Dapat Engkau eksplorasi dalam game Doraemon Story of Season yang Dapat Engkau eksplorasi, termasuk 1 cerita tambahan Buat versi PS4 Adalah “Beluga Whale” yang Dapat Engkau jumpai di Cave dekat Zazan Beach. Dapat dibilang selain simulasi berkebun yang menjadi sajian Istimewa dari game ini, alur cerita yang dikemas cukup apik juga menjadi salah satu hal yang menonjol dari game garapan Marvelous ini.

DORAEMON STORY OF SEASONS 20200902152505

Keluhan Istimewa dari segi cerita Buat Doraemon Story of Season sendiri terletak pada bagian intro game dan tutorial diawal permainan. Dimana Dekat keseluruhan hal tersebut harus kalian lewat Sekeliling 60 menit, sebelum akhirnya Dapat Betul-Betul mengendalikan Kepribadian mu secara penuh.


Visual : Dunia yang Indah dan Ungkapan Datar Kepribadian

Buat urusan visual sepertinya Doremon Story of Season Mempunyai sedikit perbedaan dari yang cukup kontras Bagus dari segi pengambaran dunia dan Ungkapan tiap karakternya. Buat urusan pengambaran dunia sepertinya game terbitan Bandai Namco ini patut diacungi jempol, dimana dunia yang dihadirkan begitu hidup dengan berbagai aktivitas yang Eksis didalamnya. Dunia yang ditampilkan sendiri dibuat dengan gaya cat air, dengan sentuhan Rona-warni yang halus sehingga begitu memanjakan mata ketika bermain game yang satu ini.

Doraemon Story Of Seasons 20200824222734

Doraemon Story of Season Dapat dibilang cukup berani mengambil desain cat air yang Bahkan meninggalkan kesan animasi dari Franchise Doraemon sendiri, Tetapi eksperimen yang diambil oleh sang pengembang berhasil menghadirkan sebuah dunia fantasi yang indah. Sehingga aktivitas berjalan-jalan disetiap lingkungan yang Eksis dalam game tekesan begitu menyenangkan. Map yang disajikan oleh Doremon Story of Season sendiri tergolong cukup luas, sehingga Demi pertama kali memainkan game yang satu ini Engkau membutuhkan beberapa Demi, Tamat akhirnya Dapat Betul-Betul Dapat memahami keseluruhan lingungkan yang Eksis dari game yang satu ini. Selain itu dibutuhkan kejelian zoom in dan zoom out camera ketika Engkau mencari beberapa item, NPC, ataupun jalan-jalan yang Eksis dalam game Doremon Story of Season agar gerakan mu lebih efisien.

Doraemon Story Of Seasons 20200811235618

Meskipun begitu dari segi Ungkapan Kepribadian game ini Tetap sedikit Mempunyai kekurangan, dimana Ungkapan Kepribadian versi 3D digambarkan begitu datar dan animasi gerakan yang ditampilan tergolong repetitif.  Sang pengembang sendiri lebih memilih Buat menyajikan beberapa Ungkapan yang Eksis dari tiap Kepribadian melalui sebuah dialog bubble. Sehingga versi Kepribadian 3D dalam game ini lebih terkesan seperti tempelan Demi beberapa cut scene story muncul. Hal tersebut tentunya cukup disayangkan, mengingat problem yang sama sering kita jumpai diseri-seri game Story of Season yang lain.


Musik dan Audio : Membangun Susana Lebih Hidup

Dari segi musik dan audio Doraemon Story of Season memang Bukan menyajikan sebuah hal yang wah, Tetapi pihak pengembang sendiri Dapat dibilang berhasil menghadirkan sebuah alunan musik yang Membangun aktivitas serta menggambarkan dunia fantasi dalam game yang satu ini lebih hidup. Seperti dalam game-game Story of Season pada umunya, game ini juga menyediakan berbagai musik disetiap musimnya, musik latar Demi festival, dan Demi Engkau mengunjungi Letak tertentu seperti pantai ataupun event-event tertentu.

DORAEMON STORY OF SEASONS 20200825170244

Menurut saya pribadi bagian yang sedikit menganggu dari bagian audio dalam Story of Season adalah ketika Nobita menggunakan toolsnya. Bunyi yang dikeluarkan Nobita Demi mengayun kapak ataupun menyiram tanaman Dapat dibilang terkesan menganggu dan sedikit aneh. Apalagi Kalau Engkau sedang melakukan aktivitas seperti menambang, alhasil Engkau Dapat dibuat sedikit terganggu dengan Bunyi “desahan” Nobita Demi menggunakan Pickaxe. Tetapi, bagian kecil tersebut berhasil ditutupi dengan sempurna oleh musik latar yang berhasil megaburkan setiap “desahan” Nobita ketika menggunakan berbagai perlengkapan berkebunnya.


Gameplay : Menantang, Adiktif, Tetapi Klise

Secara gameplay Doraemon Story of Season berhasil menyajikan sebuah game simulasi berkebun yang menantang dan adiktif. Bagi Engkau yang hanya berfokus pada memperkaya diri dengan berfokus mengurus urusan kebun mu, dijamin akan mengalami kesulitan dalam memainkan game yang satu ini. Pasalnya Doraemon Story of Season sendiri akan memaksa mu Buat menyeimbangkan kegiatan berkebun dengan meningkatkan affection dari tiap Penduduk desa. Seperti yang saya sebutkan pada awal review ini, dimana tugas mu adalah mengumpulkan berbagai alat Doraemon yang hilang lewat story “Big Tree” yang merupakan misi Istimewa dari game ini.

DORAEMON STORY OF SEASONS 20200819182745

Sayangnya, Buat menyelesaikan story  “Big Tree” tersebut Engkau juga harus menyelesaiakan story-story yang lain, dikarenkan alat-alat Doraemon yang bakal menjadi jalan pulang Nobita dan Mitra-temannya, tersebar di 21 story  yang Eksis. Berbagai quest yang Eksis tersebut Dapat Engkau jalankan Kalau Engkau memenuhi beberapa persayatran seperti diwajibkan Buat mencari berbagai barang, ataupun meningkatkan level affection dari Kepribadian yang Eksis dalams story. Tiap quest sendiri Mempunyai total 2 hingga 10 Chapter, sehingga Engkau akan dipaksa berkerja keras Buat meningkatkan level hati mereka Kalau Mau melanjutkan progress. Setiap story yang Engkau selesaikan akan memberikan berbagai item yang akan mempengaruhi progress cerita dan memberikan item yang akan membantu aktivitas berkebun mu. Salah satunya adalah Pickaxe, yang merupakan item Krusial dalam game ini yang Dapat Engkau dapatkan setelah meningkatkan level hati Blake dan Smitty di story “Blacksmith”.

DORAEMON STORY OF SEASONS 20200811162022

Dapat dibilang Marvelous berhasil menyajikan sebuah game simulasi berkebun yang menantang, selain berkebun menjadi sajian Istimewa dalam game ini, sang pengembang juga menjadikan setiap quest yang Eksis sebagai bagian Krusial dalam game Doraemon Story of Season. Dimana berbagai hal seperti clue Buat quest, alat-alat Doraemon, dan berbagai item lain baru akan tersedia Kalau Engkau sudah menaikan affection dari Penduduk desa. Sehingga ditahun pertama sendiri Engkau akan ditantang Buat menyimbangkan kegiatan berkebun mu dengan meningakatan affection Penduduk desa melalui interaksi dan memberikan berbagai hadiah.

Bikin Ketagihan dengan Segudang Aktivitas yang Menyenagkan

Dengan saling terhubungnya berbagai hal yang Eksis dalam game ini, Bagus secara story dan aktivitas berkebun yang akan mempengaruhi jalannya progress game, Membangun Doraemon Story of Season menjadi sebuah game yang adikitf Demi memainkannya. Sehingga dalam sehari sendiri, Engkau Bukan akan memilik waktu Buat bersantai-santai, pasalnya Kalau Engkau sudah selesai dengan urusan berkebun mu, maka tugas Engkau selanjutnya adalah meningkatan affection dari Penduduk desa, atau mencari berbagai resoucres yang Eksis dengan melakukan aktivtas tambang, memancing atapun sekedar mencari item yang tersebar di dunia Doraemon Story of Season.

Doraemon Story Of Seasons 20200813011542

Manajemen waktu menjadi hal yang Krusial dalam game ini, dikarenkan dengan banyak aktivtas yang harus Engkau lakukan Engkau wajib menyeimbangkan stamina mu yang terbatas. Selain itu, resources yang Variasi yang dibutuhkan Buat upgrade tools atapun rumah mu, Membangun game ini menjadi sebuah game yang menyenangkan dan adiktif dalam satu waktu. Dimana Engkau akan tersebut mengejar Sasaran-Sasaran guna melanjutkan progress yang Eksis dalam game  seperti, membangun kadang ayam, meningkatkan affecition Penduduk desa, ataupun sekedar memancing Buat memperkaya diri. Berdasarkan pengalaman, saya sendiri dibuat Dekat duduk selama tujuh jam setiap kali memainkan game Doraemon Story of Season. Jangan ditiru ya heheheh

Game SImulasi Berkebun Penuh Nostalgia yang Klise

DORAEMON STORY OF SEASONS 20200902222655

Sayangnya Doraemon Story of Season sendiri menjadi sebuah game simulasi berkebun yang klise. Dimana game ini Dapat dibilang mimin pembaruan dan hal-hal baru yang ditawarkan. Sehingga bagi Engkau yang merupakan fans-fans garis keras game simulasi berkebun Bukan akan mengalami kesulitan dalam memainkan game yang satu ini. Fitur-fitur yang disajikan oleh game yang satu ini Dapat dibilang Dapat kita jumpai digame-game serupa seperi Stardew Valley, yang Bukan hanya berfokus pada simulasi berkebun saja, Tetapi menyajikan sebuah story yang akan mempengaruhi progress gameplay. Formula-formula yang disajikan oleh Doraemon Story of Season sendiri seolah mengikuti game-game yang sudah Eksis dipasaran. Meskipun begitu, nilai Istimewa dari game ini adalah elemen Nostalgia yang ditawarkan lewat game seperti Harvest Moo Back to Nature dan tingkah-tingkah Kocak dari Nobita, Doraemon, berserta Mitra-temannya yang akan mengingatkan pada minggu pagi kita yang indah semasa kecil.


Hasil

Marvelous dan Bandai Namco, Dapat dibilang telah berhasil menyajikan sebuah game simulasi berkebun yang menantang dan adiktif serta fun lewat Game Doraemon Story of Season. Dunia yang disajikan dengan indah yang dipadupadankan dengan musik yang indah Membangun gambaran dunia fantasi yang Eksis tekesan hidup dan memanjakan Demi memainkan game yang satu ini. Sayangnya game ini Bukan Mempunyai formula baru yang mencolok dan Membangun game Doraemon Story of Season berbeda dengan game-game serupa yang Eksis dipasaran. Meskipun begitu, keputusan mengambil tema Doraemon sebagai seri terbaru dari franchise Story of Season menjadi langkah yang Akurat, dikarenkan selain berhasil menjaring fans-fans dari penonton Anime Doraemon Buat memainkan game yang satu ini, game ini berhasil menghadirkan Hasil karya dari lahirnya era baru  kolaborasi anime dengan game simulasi berkebun.

Review score doraemon


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Video Game serta artikel keren lainnya dari Andi Permana.

For any further collaboration, Contact me at author@Jagat Game.com

Trending