Jakarta, Jagatgame.id – Platform belanja daring Tokopedia membagikan sejumlah kiat bagi Anda yang Ingin memulai usaha rumahan dengan modal kecil. Hal ini senada dengan fakta bahwa Sekeliling 12 juta penjual telah bergabung di Tokopedia Buat memulai dan mengembangkan usaha.
“Dari jumlah itu, Dekat 100 persen adalah pegiat UMKM dari berbagai latar belakang dan daerah,” kata Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, Maisyalina Agustiana, dalam keterangannya, Kamis (12/1/2023).
Adapun tips pertama adalah pastikan Eksis peminat, cari Paham produk terlaris di Tokopedia. Gunakan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller Buat mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris di Tokopedia dan kata kuncinya berdasarkan Kawasan dan kategori.
“Pelajari juga tren produk terlaris. Di Tokopedia sendiri, Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi kategori terlaris di 2022,” Terang Maisyalina.
Lebih lanjut, pelajari profil calon pembeli. Setelah menentukan produk yang akan dijual dan memahami mengenai kondisi pasar, tentukan siapa saja konsumen sasaran dari produk tersebut. Dengan menentukan Sasaran pasar, calon pelaku usaha dapat lebih mudah menentukan strategi pemasaran.
“Fitur Wawasan Pembeli di aplikasi Tokopedia Seller membantu penjual Buat mengetahui profil pembeli, seperti umur, jenis kelamin dan Letak sehingga memudahkan pelaku usaha dalam menentukan strategi berjualan,” kata Maisyalina.
Baca Juga: Tren Belanja Tokopedia, Penjualan Latto-Latto Naik 57 Kali Lipat
Usaha Rumahan ala Tokopedia
Ketiga, buat konten menarik di media sosial sebagai ajang promosi. Sinergi pemanfaatan media sosial yang Betul dapat membantu meningkatkan awareness toko dan produk di e-commerce. Misalnya, buat konten media sosial yang Istimewa dan Dapat menjadi Tanda khas penjual. Perhatikan tren yang sedang banyak digandrungi masyarakat di media sosial.
“Buatlah live video streaming juga lewat Tokopedia PLAY Buat membangun interaksi dengan calon pembeli. Pertimbangkan live streaming Ketika peluncuran produk baru, pemberian tutorial penggunaan produk, hingga mengadakan kuis atau giveaway,” ujar Maisyalina.
Lewat, pertimbangkan bangun tim Buat menunjang bisnis. “Para pelaku usaha Dapat menggunakan fitur Admin Toko di aplikasi Tokopedia Seller yang dapat membantu mengelola toko dengan Kondusif lewat berbagai pilihan peran yang Dapat diberikan ke admin toko,” kata Maisyalina.
Terakhir, lakukan performance marketing sesuai kebutuhan. “Contohnya, pegiat usaha Dapat menggunakan fitur beriklan Mekanis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Cukup dengan modal kecil, Ialah mulai dari Rp250 per klik, penjual Dapat menjangkau lebih banyak pembeli,” imbuhnya.