Jagatgame.id – Google Drive pastinya sudah sangat akrab terdengar di telinga para pengguna smartphone.  Asal Mula, pada smartphone khususnya Android, Google Drive ini sudah terinstal secara default pada sistem operasi Android.

Google Drive merupakan sebuah layanan penyimpanan online menggunakan sistem cloud yang disediakan oleh Google Kepada para penggunanya secara gratis.

Selain Dapat diakses secara online, Rupanya Google Drive juga Dapat dimanfaatkan secara offline. Hal ini tentu saja akan para penggunanya Kepada mengakses penyimpanan meskipun perangkat dalam kondisi Enggak terhubung ke jaringan internet.

Baca Juga: Metode Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh

Lewat, apa saja sebenarnya fungsi dari Google Drive offline ini dan bagaimana Metode menggunakannya? agar Engkau Enggak penasaran dengan fungsi dan Metode menggunakan Google Drive offline, Engkau Dapat simak penjelasan selengkapnya di Rendah ini.

Fungsi Google Drive Offline

Google Drive offline ini Enggak semata-mata disediakan oleh Google tanpa Mempunyai manfaat. Google menghadirkan fitur ini Kepada berbagai Ragam fungsi yang meliputi:

Baca Juga: 65.000 Akun Curang Call of Duty Sukses Diblokir Activision Selama Seminggu

1. Membuka file tanpa internet

Fungsi pertama dari Google Drive offline adalah Kepada membuka file tanpa koneksi internet. Meskipun Kalau Mau mengunggahnya Engkau Tetap tetap membutuhkan koneksi internet.

File-file yang Dapat dibuka tanpa koneksi internet atau secara offline ini terlebih dahulu harus diunduh. Caranya, Engkau hanya perlu cukup buka filenya, klik unduh, Lewat cek di penyimpanan unduhan pada ponsel atau perangkat lainnya.

2. Mengedit Arsip secara offline

Fungsi lain dari Google Drive offline adalah melakukan pengeditan Arsip secara offline yang sudah terunggah di Google Drive. File yang Dapat di edit tersebut adalah file dalam bentuk Google Docs, Sheet, Slides, dan layanan lain yang telah terintegrasi dengan Google One.

File yang telah diedit ini nantinya akan tersimpan secara lokal dan file akan terunggah Mekanis Demi perangkat telah tersambung dengan koneksi internet.

3. Sinkronisasi Mekanis

Fungsi berikutnya dari Google Drive offline adalah sinkronisasi Mekanis. Artinya, setiap Terdapat perubahan pada file yang tersimpan di Google Drive secara langsung akan tersimpan di penyimpanan Gugusan Demi perangkat terhubung ke internet.

Baca Juga: Engkau Perlu Paham Metode Mengatasi Sync Issue dan Dampaknya pada Google Drive

Metode menggunakan Google Drive offline

Kepada menggunakan Google Drive offline ini sangatlah mudah dilakukan. Tetapi, sebelum Dapat menggunakannya Engkau harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Berikut Metode mengaktifkan Google Drive offline

Metode mengaktifkan Google Drive offline di HP

  • Buka aplikasi Google Drive di HP yang Engkau gunakan

  • Kemudian, pilih file yang Mau Engkau akses secara offline 

  • Klik ikon titik tiga yang Terdapat di samping keterangan Arsip

  • Setelah itu, Engkau Dapat pilih opsi Make available offline dan kini Google Drive telah tersedia secara offline.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Tablet Redmi Pad Pro Serta Kelebihan dan Kekurangannya

 Metode mengaktifkan Google Drive offline di laptop.

Buka peramban atau browser di laptop yang Engkau gunakan.

  • Kunjungi situs drive.google.com.

  • Masuk ke menu Pengaturan yang dilambangkan dengan ikon gerigi di Sudut kanan atas .

  • Setelah itu, Engkau Dapat pilih Settings pada menu dropdown yang muncul Di bagian Offline, centang boks Create, open, and edit your recent Google Docs, Sheets, and Slides files on this device while offline.

  • Tunggu proses sinkronisasi sejenak dan setelah selesai Engkau pun Dapat langsung mengakses file secara offline.

Nah, Kepada menggunakan Google Drive offline ini Engkau Dapat melakukannya dengan membuka ikon garis tiga di Sudut kiri atas, dan pilih opsi Offline. Nantinya, pada opsi tersebut Engkau akan Menyaksikan Seluruh file offline yang tersimpan.***

Trending