Bali, Jagatgame.id – Jelang Ramadan 2024 biasanya akan dipenuhi penawaran menarik dari brand berbagai industri, bagi penjual pemula perlu persiapan jualan online yang matang.
Dengan memaksimalkan persiapan jualan online jelang Ramadan 2024 besar kemungkinan Engkau Dapat mendapat banyak keuntungan. Apalagi pandemi yang berakhir di Indonesia tak Membikin industri e-commerce mengalami penurunan yang signifikan.
Tokopedia sebagai platform e-commerce memberikan tips agar penjual pemula atau UMKM baru memaksimalkan persiapan jualan online mereka di platformnya. Apalagi jelang Ramadan atau pun ketika Ramadan, persaingan brand akan terlihat kompetitif.
Baca Juga: Ini Produk Terlaris Jelang Ramadan 2024 di Tokopedia dan TikTok
Tips Persiapan Jualan Online di Tokopedia
Jaga Stok Barang
Tokopedia mengatakan ketika Ramadan, jumlah penjualan beberapa produk biasanya mengalami peningkatan. Cek stok barang di toko dan pastikan jumlahnya Kondusif agar pembeli Kagak berpaling ke toko lain.
Agar penjualan maksimal, penjual dapat memanfaatkan fitur Wawasan Pasar di Tokopedia Kepada mengetahui produk yang paling Laris manis. Selain itu, dalam persiapan jualan online, Engkau juga perlu Kepada cari Paham bocoran produk terlaris Ramadan 2024 di Rekomendasi Produk pada halaman Pusat Edukasi Seller.
Dekorasi Halaman Produk dan Toko dengan Tema Ramadan
Pelaku usaha pemula Dapat lakukan persiapan jualan online dimulai dengan ciptakan suasana ala Ramadan di halaman toko penjual dengan menggunakan fitur Dekorasi Toko di Tokopedia.
Pada halaman Dekorasi Toko, penjual Dapat menampilkan banner atau gambar promosi toko, video dan kupon promo. Tokopedia mengatakan dekorasi Toko berpotensi menarik lebih banyak calon pembeli dengan konten-konten menarik yang dapat meningkatkan branding hingga penjualan toko.
Tak lupa juga Kepada pelaku usaha pemula diingatkan Kepada mempertajam tulisan atau copywriting yang langsung Dapat dipahami oleh Sasaran pembeli. Gunakan kalimat yang Dapat mencuri perhatian calon pembeli pada Banner Toko maupun deskripsi produk, misalnya dengan Menurunkan harga produk setelah diskon.
Agar lebih relevan, terapkan teknik SEO dengan menyasar kata-kata relevan yang Tengah Terkenal agar toko penjual mudah ditemukan calon pembeli melalui mesin pencarian.
Hadirkan Berbagai Promosi
Dalam persiapan jualan online berikutnya Engkau perlu Kepada menyisihkan sekian anggaran Kepada promosi Ketika Ramadhan 2024. Fulus tersebut Dapat Engkau gunakan Kepada hadirkan berbagai promosi menarik Kepada menarik perhatian calon pembeli.
Sebelum menghadirkan promosi, kenali Sasaran pasar lewat fitur Wawasan Pembeli serta pantau Lalu pola penjualan produk di toko. Penjual juga Dapat melakukan riset dengan Menyaksikan strategi penjual lainnya, seperti Metode mereka atur promosi dan apa yang disukai pembelinya.
Di Tokopedia terdapat fitur promosi yang Dapat Engkau manfaatkan seperti kupon cashback, diskon toko, flash sale, rilisan spesial, diskon bertingkat, hadiah pembelian, bebas ongkir, dan sebagainya.
Penjual juga Dapat memanfaatkan fitur ‘Buy More, Save More’ atau ‘Beli Banyak Lebih Ekonomis’, dan berkesempatan muncul di halaman strategis Tokopedia, seperti kampanye Tokopedia dan TikTok Ramadan Ekstra Panggil yang berlangsung sepanjang bulan puasa.
Penerapan fitur ‘Buy More, Save More’ atau ‘Beli Banyak Lebih Ekonomis’ Dapat dikombinasikan sesuai preferensi. Contohnya, buatlah opsi ‘Beli 2 diskon 5%’ atau ‘Beli 3 diskon 10%’.
Manfaatkan Tren Video Pendek dan Live Streaming
Di era platform video pendek lebih diminati, persiapan jualan online berikutnya ialah dengan menghadirkan konten video pendek atau live streaming. Gunakan media sosial Kepada menyebarkan kemeriahan promo yang dihadirkan, dengan menetapkan konten yang Mau disampaikan dan mengatur jadwal unggah konten, termasuk Ketika sahur, ngabuburit, dan berbuka puasa.
Pastikan bahwa konten dan topik bahasan sesuai dengan kategori produk yang dijual. Misal, Kepada produk fesyen, penonton cenderung Mau mengetahui kualitas serta tampilan dari produk tersebut. Penjual dapat Membikin konten berupa Metode pemakaian (try on) atau padu padan (mix and match) Pakaian Kepada meningkatkan interaksi dengan calon pembeli.
Tokopedia Mempunyai kurikulum #SIAPRAMADAN 2024, agar penjual Dapat mendapatkan tips dan trik agar konten video penjual Dapat jadi trending atau masuk ‘FYP’ di platform video singkat TikTok.
Pengkajian Jualan Toko Agar Penjualan Semakin Optimal
Persiapan jualan online selanjutnya ialah Engkau Dapat meluangkan waktu Kepada mengevaluasi performa penjualan toko selama Ramadhan melalui fitur Wawasan Toko. Tinjau data penjualan, kunjungan toko, produk terlaris dan yang belum terjual, ulasan pembeli, dan tren pasar Kepada mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.
Pengkajian pula anggaran yang telah dikeluarkan, serta manfaat dari kampanye atau promosi toko yang sudah diterapkan.
Engkau juga perlu memantau performa promosi toko di media sosial. Lakukan Pengkajian Nomor, metrik serta engagement rate di media sosial setiap minggunya.
Cek juga kualitas komentar yang Eksis di setiap konten Kepada mengetahui relevansi konten yang dibuat. Penjual juga sangat disarankan Kepada membangun kedekatan dengan pembeli, termasuk membalas pesan dan komentar.