Jakarta, Jagatgame.id – Tokopedia dan TikTok berikan tips agar UMKM tingkatkan penjualan selama Ramadan di tahun 2024 ini. Kedua platform tersebut Mempunyai sejumlah UMKM yang mencari keuntungan dengan menjual produknya.
Momen Ramadan ini merupakan momen yang Benar Kepada dimanfaatkan UMKM tingkatkan penjualan. Apalagi menurut Tokopedia terdapat kenaikan transaksi pada sejumlah produk.
“Kenaikan transaksi pada sejumlah produk tersebut menandakan bulan Ramadan menjadi momen yang Benar bagi para pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM Kepada makin meningkatkan penjualan. Tokopedia Berbarengan TikTok pun membagikan lima tips meningkatkan penjualan di bulan puasa Kepada para pelaku UMKM lokal,” kata Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan.
Baca Juga: Tokopedia Beri Rekomendasi Furnitur Lokal Harganya Rp1 Jutaan
Tips UMKM Tingkatkan Penjualan di Ramadan 2024
Pada minggu pertama puasa (11-17 Maret 2024), terdapat sejumlah produk yang mengalami peningkatan tertinggi penjualan di aplikasi maupun website Tokopedia dan platform Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok.
Pada platform Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, produk Baju Muslim Perempuan, Skincare dan Atasan Perempuan mengalami peningkatan transaksi sebesar 1,4 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024.
Sedangkan di Tokopedia, produk Hadiah, Fashion Muslim serta Daging dan Seafood mengalami peningkatan transaksi sebesar Nyaris 5 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi mingguan di bulan Februari 2024.
Kepada tips UMKM tingkatkan penjualan Dapat dimulai dengan bundling produk. Strategi bundling produk Dapat meningkatkan penjualan dan dapat diterapkan UMKM khususnya yang berjualan produk kebutuhan sehari-hari atau Fast Moving Consumer Good (FMCG). Pelaku usaha disarankan menggabungkan maksimal 3 produk dan menambahkan diskon Tertentu agar menarik minat calon pembeli.
Pelaku UMKM Dapat memanfaatkan fitur Paket Bundling di Tokopedia maupun Shop | Tokopedia. Agar makin dilirik calon pembeli, gunakan nama Istimewa yang identik dengan Ramadan. Misalnya, ‘Paket Beduk’ yang berisi produk yang berkaitan dengan buka puasa, seperti teh celup, gula pasir dan kurma.
Agar pembeli makin loyal, pelaku UMKM Dapat menggunakan fitur Produk Kepada Hadiah di Tokopedia atau Gift with Purchase di Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok. Lewat fitur ini pelaku UMKM Dapat memberikan hadiah kepada pembeli pada setiap transaksi.
Menghadirkan hampers edisi spesial Ramadan juga termasuk upaya UMKM tingkatkan penjualan. Menjelang Idulfitri, masyarakat biasanya saling berkirim hampers Kepada kerabat atau Sahabat. UMKM Dapat melakukan penamaan produk secara Benar dengan memakai kata kunci yang paling banyak dicari pembeli. Rekomendasi kata kunci Kepada berjualan hampers, antara lain: hampers, hadiah, gift, kado, parsel.
Di sisi lain, pelaku usaha juga Dapat memberikan kesempatan bagi pembeli Kepada mengkustom hampers sesuai preferensi dengan mengaktifkan fitur Pelengkap Produk di Tokopedia. Fitur ini memungkinkan pembeli menambah kartu ucapan dan kemasan (bungkus kado, goodie bag, kemasan ramah lingkungan dsb) pada produk apa pun. Jadi, pembeli Dapat mengirim produk itu sebagai hadiah.
Upaya UMKM tingkatkan penjualan dengan Langkah berkolaborasi dengan KOL atau influencer yang relevan. Pemilihan KOL Kepada mendukung strategi marketing atau sales sebaiknya disesuaikan dengan anggaran dan Rasional penjual.
Kalau penjual punya anggaran besar dan Ingin meningkatkan brand awareness di tengah masyarakat luas, maka penjual Dapat berkolaborasi Berbarengan KOL dengan ratusan ribu hingga jutaan pengikut (Macro/Mega KOL) yang relevan dengan produk penjual. Tetapi Kalau penjual
Ingin menyasar calon pembeli yang lebih niche, Nano KOL dengan pengikut 1.000-10.000 Dapat menjadi pilihan yang lebih terjangkau.
Salah satu fitur Tokopedia yang dapat membantu penjual berkolaborasi dengan Nano KOL atau Tokopedia Affiliate adalah Dipromosikan Affiliate. Fitur ini memungkinkan penjual yang memenuhi kriteria Kepada menawarkan komisi tambahan hingga 20% kepada Affiliate. Di sisi lain, penjual di Shop | Tokopedia juga dapat bekerja sama dengan affiliate creator yang sudah terdaftar di TikTok.
Mencoba live streaming juga Dapat UMKM lakukan agar menjangkau Sasaran audiens yang Benar. Beberapa tips UMKM tingkatkan penjualan melalui live ialah memastikan Kepada selalu menyambut audiens baru, menjaga konten tetap menarik, dan meningkatkan waktu tayang LIVE dan mendorong pembeli. Pelaku usaha juga dapat menyerukan promosi Maju-menerus karena selalu Terdapat penonton baru di ruang LIVE.
Di sisi lain, penjual di Tokopedia Dapat memanfaatkan kanal streaming video Tokopedia Play Kepada melakukan live streaming dan memasarkan produknya dengan menambahkan Variasi promo menarik. Pelaku UMKM Dapat menyiapkan alat live streaming seperti tripod, Membangun konten secara konsisten, dan berinteraksi dengan penonton dan promosikan live streaming sebelum mulai lewat media sosial.
Tips UMKM tingkatkan penjualan yang terakhir ialah memasang iklan di platform. Penjual Dapat memanfaatkan solusi pemasaran komprehensif Tokopedia Marketing Solutions, salah satunya fitur beriklan TopAds. Agar produk tampil di hasil pencarian teratas, penjual Dapat mengaktifkan Biaya Iklan Mekanis agar anggaran dan kata kunci diatur secara Mekanis oleh sistem TopAds dengan tingkat relevansi terbaik.
Sedangkan penjual di Shop | Tokopedia dapat menggunakan fitur Iklan Kepada menjangkau audiens yang lebih luas Tengah serta mempromosikan toko serta produk yang dijual. Penjual dapat mengakses materi online di tautan berikut Kepada mempelajari bagaimana menggunakan fitur Iklan dengan Benar di Shop | Tokopedia.