Penantian panjang Dekat 5 tahun pengembangan akhirnya berakhir. Gamer akhirnya Pandai melanjutkan petualangan baru Aloy di game Horizon: Forbidden West setelah game pertamanya Mempunyai ending yang “geregetan” dan memunculkan banyak pertanyaan. Tetap banyak Rahasia yang belum diketahui Aloy mengenai dunia post-apocalypse yang penuh dengan robot-robot mesin ini.

Game Horizon: Forbidden West akan mengungkap banyak hal mengenai after effect setelah insiden game pertama. Terlebih dimana Aloy menjadi orang yang berperan Krusial sebagai penentu takdir dunia dalam usahanya menyelamatkan seluruh makhluk hidup.

Pada kesempatan kali ini, Jagat Game mendapatkan kesempatan Buat mencoba game Horizon: Forbidden West. Kami akan memberikan review atau ulasan mengenai Horizon: Forbidden West, mulai dari premis cerita, gameplay, grafis dan apa saja konten-konten baru yang Terdapat di game sekuel ini berdasarkan pendapat pribadi penulis.

Inilah review game Horizon: Forbidden West!

Lebih Banyak Rahasia dan Usaha Aloy dalam Menyelamatkan Dunia

Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 16

Horizon: Forbidden West dimulai beberapa bulan setelah insiden Horizon Zero Dawn. Setelah menyelamatkan dunia dari ancaman berbahaya di game pertamanya, Rupanya Aloy Tetap belum Pandai tenang dan merayakan kemenangan tersebut. Dunia mulai terancam dengan keberadaan semacam kontaminasi bernama Red Blight.

Red Blight tersebut dapat membunuh makhluk hidup secara perlahan dan berpotensi merusak ekosistem dan Pandai membunuh makhluk hidup disekitarnya. Kontaminasi ini berpotensi menjadi masalah besar kedepannya bagi kelangsungan hidup Mahluk.

Aloy berusaha mencari petunjuk dari peninggalan masa Lewat Buat menyelamatkan dunia. Tetapi apa yang ditemukan Aloy jauh lebih rumit dari yang dia bayangkan.

Dengan premis seperti itu, Pemeran akan mendapatkan banyak sekali Rahasia baru dan Rahasia Panjang yang Tetap Lanjut menghantui Aloy. Ditambah dengan Pemeran akan berpetualang di daerah baru yang belum pernah kalian telusuri sebelumnya, Yakni daerah Forbidden West.

Bagi kalian yang sudah pernah memainkan game Horizon Zero Dawn sebelumnya, Rahasia yang Terdapat di game sekuel ini akan menjadi salah satu daya tarik. Apalagi setelah kalian Menyantap ending game pertamanya yang bikin “geregetan”.

Dan bagi Pemeran baru yang belum memainkan game pertamnya Bukan perlu khawatir. Itu karena game ini akan menceritakan secara singkat, padat dan Terang mengenai insiden game pertama di chapter Prologue Horizon: Forbidden West. Hal ini Membangun kalian Pandai memahami secara garis besar apa yang terjadi sebelumnya.

Tetapi menurut penulis, kalian sangat dianjurkan Buat memainkan game Horizon Zero Dawn agar Pandai merasakan langsung petualangan luar Normal beserta informasi lebih detil dari apa yang telah dilalui oleh Aloy pada game tersebut.

Horizon: Forbidden West Menghadirkan Dunia yang Sangat Luas dan Dipenuhi Banyak Quest

Horizon Forbidden West Map
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 17

Tetap sama seperti game prekuel, Horizon: Forbidden West menghadirkan open world yang sangat luas bahkan Pandai Melewati game sebelumnya. Pada awal game, kalian akan menelusuri sebagian daerah yang sudah kalian kenali di game pertamanya. Lewat setelah seiring cerita berjalan, kalian akan memulai petualangan baru di Forbidden West.

Horizon Forbidden West Firegleam
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 18

Area Forbidden West Mempunyai banyak hal yang Pandai kalian telusuri, mulai dari sarang robot mesin yang berkeliaran sebagai tempat farming material, ancient ruins, area perkemahan dan Tetap banyak Kembali. Beberapa area Terdapat yang perlu dibuka dengan menggunakan item Krusial yang Pandai kalian dapatkan lewat main story dalam game.

Dari awal bermain hingga memasuki area Forbidden West Buat pertama kali, penulis terlalu sibuk menelusuri banyak hal yang ditemukan di dalam game. Banyaknya side quest menjadi poin plus pada game ini karena kalian Bukan akan Pandai berhenti karena keasyikan menyelesaikannya. Terlebih bagi kalian yang Mau game yang dipenuhi banyak rahasia yang Pandai ditemukan di game open world seperti Horizon: Forbidden West

Tetapi saking banyaknya yang harus ditelusuri di dunia Horizon: Forbidden West, terkadang Pandai Membangun jenuh Pemeran. Bukan hanya di game Horizon saja, hal ini juga berlaku terhadap kebanyakan game yang menghadirkan fitur open world.

Horizon Forbidden West Review 4
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 19

Setidaknya setiap eksplorasi yang kalian lakukan Pandai mendapatkan item-item material yang Pandai dijual ataupun digunakan Buat upgrade senjata dan armor Aloy. Bukan lupa juga kalian akan mendapatkan Experience (Exp) Buat Meningkatkan level Aloy agar Pandai melakukan upgrade skill yang dia miliki.

Fitur Eksplorasi yang Lebih Bebas dan Memuaskan

Berbicara mengenai open world, Horizon: Forbidden West menghadirkan fitur peningkatan yang dapat menambah keseruan bermain. Bukan hanya dari segi luas open world ataupun jumlah Quest, developer Guerilla Games juga meningkatkan fitur dalam eksplorasi yang dimiliki oleh Aloy.

Horizon Forbidden West Pullcaster
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 20

Salah satu fitur terbarunya adalah Pullcaster. Alat ini sangat Bermanfaat dalam mencapai suatu benda yang jaraknya Bukan Pandai dijangkau oleh Aloy. Kalian Pandai menarik sesuatu Buat membuka jalan, mengambil harta karun ataupun menggapai sesuatu Buat menjangkau tebing dan lainnya. Alat ini mirip seperti Grappling Hook yang Terdapat di Sekiro: Shadows Die Twice, tapi dengan fungsi yang lebih Luwes.

Horizon Forbidden West Shieldwing
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 21

Kemudian Terdapat alat bernama Shieldwing yang sangat membantu Aloy dalam eksplorasi. Dengan Shieldwing, kalian Pandai terjun terjun bebas dari ketinggian dan mendarat lebih Kondusif dengan melakukan Gliding. Alat ini Mempunyai fungsi yang sama seperti Paraglider yang Terdapat di The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

Horizon Forbidden West Review 16
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 22

Dan yang terakhir adalah sistem Climbing yang kini lebih bebas dari game sebelumnya. Developer Guerilla Games Cermat-Cermat memberikan peningkatan pada sistem Climbing dimana Aloy jauh lebih Luwes Buat menaiki sebuah bukit, platform dan lainnya yang Pandai dipanjat.

Kalian akan menemukan dengan mudah bagian-bagian yang Pandai dipanjat dengan lebih mudah di berbagai tempat. Ditambah dengan alat Pullcaster dan Shieldwing, eksplorasi di game Horizon: Forbidden West akan lebih Panggil dari game sebelumnya.

Jangan lupa juga dengan eksplorasi yang Terdapat di dalam air. Kalian akan menemukan area yang mengharuskan kalian Buat menyelam ke dalam air Buat menemukan sebuah rahasia yang Pandai ditemukan di sana. Tetapi Terdapat juga eksplorasi di dalam air yang mengharuskan kalian menyelam hingga ke dasar.

Buat Pandai menyelam ke dasar, Aloy membutuhkan sebuah alat Spesifik Buat Pandai Pandai menyelam ke dalam air lebih jauh Kembali tanpa khawatir kehabisan udara.

Sistem Pertarungan yang Lebih Luwes

Horizon Forbidden West Review 5
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 23

Belajar dari game sebelumnya, developer Guerilla Games berhasil meningkatkan fitur-fitur gameplay yang Terdapat di Horizon: Forbidden West, terlebih pada fitur combat atau pertarungan menghadapi musuh.

Sebelumnya banyak gamer yang kurang menyukai gameplay dalam segi melee combat. Itu karena sistem pertarungan di Horizon Zero Dawn disebut-sebut terlalu menitik beratkan pada range combat. Apalagi pada musuh Mahluk yang terlalu sering menyerang dari jarak jauh ketimbang menyerang langsung secara dekat.

Horizon Forbidden West Review 10
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 24

Melee combat pada Horizon: Forbidden West lebih memuaskan pada game ini. Pace gameplay antara melee dan range combat pun dikembangkan dengan Berkualitas oleh developer Guerilla. Kalian Pandai melakukan bermacam-Ragam combo serangan Sembari membaca gerakan para monster robot maupun menghadapi Mahluk.

Berbicara mengenai robot, Horizon: Forbidden West menghadirkan banyak daftar robot-robot baru yang belum pernah kalian temukan sebelumnya. Robot-robot tersebut Mempunyai keunikannya sendiri, mulai dari pola serangan dan juga kelemahan yang mereka miliki.

Horizon Forbidden West Skill Tree
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 25

Buat sistem combat, sistem skill tree dalam bertarung pun dikembangkan dengan Berkualitas. Dari skill tree tersebut, kalian Pandai membuka berbagai kemampuan Krusial yang terbagi menjadi 6 Ragam, Yakni Warrior, Trapper, Hunter, Survivor, Infiltrator dan Machine Master. Masing-masing skill tersebut akan sangat Bermanfaat bagi kalian Buat menentukan gaya bertarung seperti apa yang diinginkan.

Dengan peningkatan yang Terdapat pada Aloy, bukan berarti Horizon: Forbidden West akan menjadi game yang mudah ketika kalian menghadapi musuh. Developer Guerilla berhasil meningkatkan Metode pikir AI yang Terdapat pada musuh, Berkualitas itu para monster robot maupun Mahluk. Mereka dapat menyerang satu per satu secara bergantian ataupun menyerang secara bersamaan. Hal ini menambah tantangan tersendiri yang Terdapat pada game ini.

Dengan fitur AI musuh yang lebih cerdas, kalian Bukan Pandai asal-asalan menyerang mereka begitu saja. Membaca pola serangan dan timing yang Cermat Buat menyerang adalah hal yang perlu diperhatikan di game sekuel Horizon.

Grafis yang Lebih Memukau dari Sebelumnya

Horizon Forbidden West Review 9
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 26

Developer Guerilla mengatakan bahwa game ini akan menggunakan engine grafis Decima sama seperti prekuelnya. Tetapi engine tersebut merupakan versi terbaru dimana banyak peningkatan yang sudah mereka lakukan dalam beberapa tahun terakhir seiring perkembangan teknologi Begitu ini.

Horizon Zero Dawn dengan engine Decima Pandai menghadirkan sebuah grafis yang luar Normal, mulai dari model Kepribadian, NPC, monster robot hingga pemandangan outdoor maupun indoor. Kalian akan Tercengang ketika Menyantap grafis pada game Horizon: Forbidden West. Engine Decima versi terbaru ini yang Pandai menghadirkan grafis lebih indah dan lebih banyak Corak cerah yang dapat memukau pemainnya. Apalagi Apabila kalian memainkan game ini pada konsol PS5.

Grafis game yang Terdapat di Horizon: Forbidden West seakan-akan menjadi salah satu elemen Krusial yang telah dipersiapkan oleh developer Guerilla Games.

Konklusi Review Horizon: Forbidden West – Game Open World yang Epik di Awal Tahun 2022

Horizon Forbidden West Review 13
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 27

Sebagai penutup, saya akan memberikan Konklusi mengenai kesan saya dalam bermain Horizon: Forbidden West. Horizon: Forbidden West menghadirkan banyak sekali peningkatan dari game sebelumnya yang dapat menambah keseruan bermain. Developer Guerilla Cermat-Cermat telah belajar dari kekurangan game sebelumnya dan juga menerima banyak masukan dari Pemeran mengenai apa saja yang mereka keluhkan ketika bermain Horizon Zero Dawn. Peningkatan tersebut menjadi nilai plus menurut saya pribadi pada game ini.

Horizon Forbidden West Review
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 28

Tetapi sangat disayangkan, apa yang saya kurang nikmati pada game ini adalah penyajian pada dialog Kepribadian. Dialog yang Terdapat pada game pun terkadang kurang menarik bahkan ketika menjelaskan plot utamanya. Belum Kembali dialog dari side quest NPC yang Mau sekali Lekas-Lekas skip pembicaraan mereka dan melanjutkan petualangan Panggil penuh aksi di dunia yang luas.

Horizon Forbidden West
Review Horizon: Forbidden West – Petualangan Aloy Belum Berakhir 29

Meskipun penyajian cerita dan dialog dari Kepribadian Krusial maupun NPC terasa membosankan, setidaknya hal tersebut telah banyak tertutupi dengan keseruan fitur gameplay, open world yang luas dan grafis memukau. Horizon: Forbidden West menjadi sebuah game open world epik di awal tahun 2022 bagi penulis. Terlebih buat kalian penggemar seri Horizon ataupun penikmat game ber-Aliran open world.

Dari review Horizon: Forbidden West ini, apakah kalian tertarik memainkan game ini ataupun memulai petualangan baru dari game pertamanya? Horizon: Forbidden West akan rilis pada 18 Februari 2022 Buat platform PS4 dan PS5.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Horizon: Forbidden West, Game Review atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending