Eiyuden Chronicle Rising merupakan game side-scroll RPG yang dikembangkan oleh para mantan pengembang serial Suikoden dan dipublikasi oleh 505 Games. Game ini merupakan pembuka cerita dari game Eiyuden Chronicle Hundred Heroes yang akan rilis tahun depan.

Penulis telah mengikuti serial Suikoden sejak Pagi dan merupakan fans berat dari serial tersebut. Sehingga memainkan Eiyuden Chronicle Rising tentu menjadi sesuatu yang sangat wajib. Beberapa waktu lalupun penulis sempat melakukan livestream memainkan Suikoden kembali Buat menyambut perilisan Eiyuden Chronicle Rising.

Berikut adalah pengalaman bermain penulis ketika bermain Eiyuden Chronicle Rising review.

Membangun Desa dengan Menjadi Petualang

Membangun Desa dengan Menjadi Petualang

Eiyuden Chronicle Rising bercerita di kota bernama New Neveah, sebuah kota yang Eksis di daerah Allraan. Gempa bumi kuat menimbulkan banyak reruntuhan Antik yang disebut Runebarrows. Tentunya dengan banyaknya reruntuhan Antik, banyak petualang yang akan mengeksplorasi tempat tersebut Buat mencari harta karun.

Kepribadian Primer pada Eiyuden Chronicle Rising adalah CJ, seorang gadis petualang yang datang ke New Neveah Buat mencari artifact lense. CJ yang Ingin menjelajahi reruntuhan harus Mempunyai izin terlebih dahulu Tetapi setiap petualang hanya Pandai mendapatkan izin tersebut dengan Langkah membeli ataupun mengumpulkan stamp yang didapat dengan membantu Kaum kota New Neveah.

Tentunya membantu Kaum desa yang telah hancur oleh gempa bumi ini menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan Pemeran. Dengan membantu Kaum, makan kota New Neveah akan dapat berkembang dengan pesat sehingga Pemeran secara Bukan langsung membantu dalam pembangunan kota tersebut.

Penulisan cerita dalam game ini sangat bagus. Bukan hanya itu, pengenalan Kepribadian dalam game ini pun juga sangat Jernih sehingga Pemeran yang memainkan tentunya Bukan akan bingung mengapa Kepribadian tersebut Eksis dalam cerita. Interaksi antar Kepribadian juga terlihat Jernih dari dialog yang Eksis sehingga game ini Betul – Betul cocok Buat para penikmat cerita Fantasy.

Grafis dan Sprite yang Detil.

Eiyuden Chronicle Rising 2
Grafis dan Sprite yang Detil.

Grafis dalam game ini juga sangat berwarna serta mencolok dalam segi aestheticnya. Desain Sprite yang membawa kesat game – game retro dengan Background 3D menjadikan game ini sangat Spesial dimata penulis.

Kepribadian yang menggunakan sprite ini terlihat seperti wayang ketika mereka berbicara. Hal ini dapat dilihat ketika CJ berdialog dan menggerakkan tangannya. pergerakan animasi sprite ketika berdialog dimana setiap sendi Kepribadian terlihat dapat berputar 1 lingkaran penuh serta dari sudut pandang 2D mengingatkan penulis akan pentas wayang. Tentunya hal ini merupakan hal yang Spesial bagi penulis.

Pencahayaan dalam game ini juga sangat bagus. Bukan hanya itu saja, pergerakan background yang sangat hidup serta lingkungan yang berkembang Membangun game ini sangat nikmat Buat dilihat. Bukan banyak yang Pandai penulis jelaskan Buat segi ini karena hal – hal tersebut lebih mudah diperlihatkan secara langsung.

Bunyi-Bunyi Serta Musik yang Membangun Suasana Hidup

Eiyuden Chronicle Rising 4
Bunyi-Bunyi Serta Musik yang Membangun Suasana Hidup

Dari segi audio sendiri, Eiyuden Chronicle Rising tentunya memberikan kualitas yang sesuai dengan kombinasi grafis dan sprite yang telah dijelaskan diatas. Ketika berpetualang, penulis dapat mendengar Bunyi serangga ketika berada di hutan dengan hembusan angin yang lembut. Bunyi angin juga dapat didengar ketika berada di ladang gandum dan Menonton gandum – gandum tersebut terkena hembusan angin.

Musik ketika berada di kota maupun ketika menjelajahi daerah penuh monster juga dikerjakan secara sempurna. Dengan perpaduan musik fantasy serta Bunyi – Bunyi background yang hidup, tentunya hal ini Membangun petualangan lebih terasa hidup.

Gameplay yang Simple Tetapi Repetitif

Eiyuden Chronicle Rising 3
Gameplay yang Simple Tetapi Repetitif

Menurut penulis, gameplay bertarung dalam game ini cukup simple, Tetapi Bukan gampang. Game ini hanya Mempunyai Attack, Jump, dan 1 Unique Skill sebagai command Buat Kepribadian. Seiring berjalannya cerita, Pemeran nantinya dapat menggunakan 3 Kepribadian sekaligus dan setiap Kepribadian Mempunyai tombol menyerang masing masing.

Disinilah yang Membangun mekanik bertarung Bukan begitu mudah. Pemeran harus Pandai mengandalkan timing ketika menyerang dan berganti Kepribadian secara realtime. Pertarungan ini mungkin terlihat seperti Genshin Impact dalam 2D.

Dan juga eksplorasi didalam game ini Mempunyai unsur game – game sidescroll retro seperti metroid ataupun castlevania dimana Pemeran harus Mempunyai keahlian baru Buat dapat mengeksplorasi daerah selanjutnya.

Tetapi tentunya game ini Pandai dibilang repetitif karena main quest dan side quest yang mengharuskan Pemeran kesana – kemari berkali kali Buat menyelesaikan misi tersebut. Meskipun misi yang Eksis terkesan repetitif, Pemeran Bukan perlu berlama – Panjang menuju Posisi misi karena dalam game ini sudah Eksis fitur fast travel Buat daerah yang telah dijelajahi.

Sistem gameplay lainnya dapat dibuka ketika kita membangun kota New Neveah. Pemeran dapat meningkatkan senjata, mendapatkan buff ketika mandi di Inn, serta Membangun masakan – masakan lezat. Hal ini akan dapat diakses seiring petualangan Pemeran.

Hasil: Eiyuden Chronicle Rising Merupakan Sesuatu yang Baru!

Eiyuden Chronicle Rising  5
Eiyuden Chronicle Rising Merupakan Sesuatu yang Baru!

Dengan gameplay yang simple, penulis Bukan merasa kesulitan memainkan game ini. Kombinasi grafis dan musik yang sempurna juga Membangun game serasa lebih hidup. Cerita dalam game ini juga tentunya akan menjadi pembuka Buat Eiyuden Chronicle Hundred Heroes.

Penulis merekomendasikan game ini Buat para pecinta game RPG, terutama yang sangat Suka memainkan game dengan tipe metroidvania serta fans berat game JRPG, terkhusus para fans serial Suikoden.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Review atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending