INDOGAMERS.ID Kombinasi gim 3D simulasi bercocok tanam dengan 2,5D side-scrolling action menjadi hal Aneh yang ditawarkan Sakuna: Of Rice and Ruin. Dikembangkan developer Edelweiss dan dibawa secara Dunia oleh publisher XSEED Games, Sakuna adalah gim menarik. Rilis Buat PC, Nintendo Switch, dan PlayStation 4 pada 10 November 2020, IDGS berkesempatan melakukan review pada gim ini, diwakili oleh saya, deJeer.

Berpetualang Berbarengan Sakuna seminggu ini, Berbagai Macam-macam pengalaman dirasakan. Sakuna: Of Rice and Ruin lebih indah daripada yang diekspektasikan sekaligus menyebalkan di waktu yang bersamaan. Bukannya Membikin berhenti karena merasa kesusahan dengan sistem bercocok tanam, menanam padi lebih tepatnya, saya dibuat semakin penasaran menggali apa yang sebenarnya ditawarkan gim ini.

Sakuna adalah putri penuh privilege di Ibukota Mihasira, tempat para dewa-dewi Yanato. Cerita Sakuna berawal dari sekelompok orang dari Lowly Realm/ dunia Mahluk menyeberangi jembatan surga yang menghubungkan dunia Mahluk dan dunia para dewa-dewi (Lofty Realm). Tragedi terbakarnya Penyimpanan penyimpanan beras persembahan yang melibatkan Sakuna dan para Mahluk tersebut menyebabkan Sakuna diasingkan Lady Kamuhitsuki, pemimpin dewa-dewi Yanato, dari Mihasira ke Nusa Hinoe atau juga disebut Isle of Demons/ Nusa Para Iblis.

Di masa pengasingannya, Sakuna yang ditemani Lord Tama (jelmaan pedang mendiang Orang Sepuh Sakuna) ditugaskan Lady Kamuhitsuki mengatasi sumber kekacauan di Nusa Hinoe dan membuktikan ia Layak menjadi dewi panen seperti mendiang ibunya. Sakuna sendiri adalah anak dari mendiang dewi panen Lady Toyohana dan dewa perang Lord Takerebi. Di Nusa Hinoe inilah petualangan Pemeran dimulai. Dengan Sokongan Ashigumo, penghuni Asli Nusa Hinoe, Sakuna diantarkan ke rumah yang pernah ditempati Lady Toyohana. Mode 3D disuguhkan di Sekeliling rumah tersebut. Pemeran akan menanam padi Buat membuktikan kemampuan Sakuna layak menjadi dewi panen.

Bertani memang melelahkan.

Impresi pertama kali dihadapkan dengan situasi bercocok tanam, Niscaya akan teringat gim simulasi berococok tanam seperti Story of Seasons. Bukan memakai tetangga Buat melakukan aktivitas, Sakuna: Of Rice and Ruin memakai para NPC yang diasingkan Berbarengan Sakuna. Setiap Watak Mempunyai kemampuan mereka masing-masing. Detail kemampuan mereka adalah sebagai berikut;

  • Tauemon menjadi konsultan menanam padi.
  • Myrthe mengurus makanan.
  • Kinta Membikin senjata.
  • Yui Membikin Pakaian dan aksesoris.
  • Kaimaru menjadi Sang Penakluk Hewan.

Para NPC tersebut memang Mempunyai keahlian mereka masing-masing, Tetapi level keahlian mereka harus ditunjang dengan kemampuan eksplorasi dan bertani Sakuna. Semakin tinggi level eksplorasi dan bertani Sakuna, semakin berkembang pula kemampuan NPC yang Pandai Pemeran dapatkan. Di luar kemampuan NPC, Edelweiss Pandai dikatakan sukses mengemas dan menyajikan Ciri Seluruh Watak yang Eksis dengan Bagus.

Tentang Waktu di Dunia Sakuna

Waktu di Sakuna: Of Rice and Ruin terbagi menjadi 4 musim; panas, gugur, dingin, dan semi. Setiap musim Mempunyai 3 hari. Cuaca berpengaruh dalam kualitas padi yang dihasilkan. Seiring perjalanan, Pemeran akan diberikan opsi melakukan persembahan pada Lady Kamuhitsuki Buat menentukan cuaca keesokan hari. Persembahan memerlukan sejumlah amber. Amber Pandai didapatkan dari pertarungan melawan monster. Sebagai catatan, semakin tinggi level Sakuna, semakin banyak pula amber yang dibutuhkan Buat persembahan.

Status Dasar Erat Dengan Kemampuan Bertani

Status dasar/ basic stats Sakuna didapatkan dan berkembang melalui level kemampuan Sakuna dalam bertani. Enam status pertanian terdiri dari; Yield, Taste, Hardness, Stickiness, Aesthetic, dan Aroma. Keenam status tersebut berhubungan dengan perkembangan status Sakuna; Yield = HP, Taste = Strength, Hardness = Vitality, Stickiness = Gusto, Aestethic = Luck, dan Aroma = Magic.

Hasil bertani di tahun pertama.

Dengan keterikatan tersebut, Pemeran harus jeli menentukan status mana yang Mau ditingkatkan. Tips meningkatkan status akan didapatkan dari Berbagai Macam-macam scroll. Kesatuan dalam scroll Pandai dilihat di menu The Art of Farming ketika konsultasi dengan Tauemon. Buat mendapatkan scroll, Pemeran akan mendapatkan secara Mekanis dari Tauemon seiring permainan dan selebihnya dari boks harta karun yang Eksis di beberapa area. Beberapa boks berada di Letak tersembunyi. Equipment seperti topeng Kitsune akan membantu karena Mempunyai kemampuan mendeteksi boks harta karun.

Gameplay Dalam Bertani

Area rumah disajikan dalam 3D. Bertani memerlukan beberapa tahapan. Sakuna diberikan skill dasar yang akan bertambah dan berkembang seiring perjalanan karir Sakuna bertani. Buat menanam padi dan menghasilkan beras, berikut beberapa tahapan perlu dilakukan Pemeran;

  • Sorting. Memilah benih mana yang Bagus Buat ditanam dan Jelek Buat dibuang.
  • Fertilizing. Membikin kompos, Kalau Mempunyai bahannya, Buat menyuburkan tanah.
  • Tilling. Membajak sawah dan membersihkan bebatuan sebelum ditanami benih padi.
  • Raising. Menumbuhkan benih padi di rak Tertentu sebelum siap ditanam ke sawah.
  • Plating. Menanam benih yang siap ditanam di sawah. Di level awal dengan skill dasar, akan menyebalkan.
  • Watering. Mengatur kadar dan Aliran air di sawah. Sederhana Tetapi akan Enggak sesederhana itu Kalau Mau menentukan hasil.
  • Weeding. Mencabut rumput/ tanaman liar di sawah yang mengganggu pertumbuhan padi.
  • Growing. Memantau pertumbuhan padi.
  • Harvesting. Saatnya memanen padi.
  • Laying/ Drying. Proses mengeringkan padi.
  • Treshing/ Hulling. Proses nenebah dan menggiling beras. Eksis 2 pilihan beras dihasilkan; beras coklat atau beras putih.

Skill awal menanam benih padi satu per satu.

Awal bermain, proses-proses tersebut akan Membikin pusing kepala berbi dikarenakan memakai skill dasar. Hal paling menyebalkan adalah proses menanam padi di sawah. Menentukan posisi Sakuna sangatlah susah. Ditambah Kembali, Sakuna hanya Pandai menanam satu per satu benih. Hal tersebut Membikin saya sempat Mau berhenti di awal. Tetapi rasa penasaran yang lebih kuat, Membikin saya meneruskan permainan hingga mendapatkan skill yang memudahkan permainan. Buat kalian yang malas melakukan keribetan tersebut, Pandai meminta Tauemon melakukannya. Tetapi hasilnya Enggak akan sebagus proses dilakukan Sakuna.

Kerbau peliharaan Kaimaru Buat membajak sawah.

Proses membajak sawah dirasa akan melelahkan Kalau membuang dulu batu dari sawah. Tenang saja, Pemeran akan mendapatkan skill yang Pandai menghancurkan batu tanpa memindahkannya. Paling menyenangkannya ketika Kaimaru mendapatkan kerbau dan Pandai digunakan Buat membajak sawah. Berbicara Kaimaru, sebelum membawa kerbau, dia akan mendapatkan kawanan itik yang Pandai digunakan Buat memakan hama. Kuncinya adalah sabar menikmati proses dalam gim.

Membikin kompos memang mudah Kalau Mempunyai material dibutuhkan. Kompos hanya efektif 10 jam. Disarankan Membikin pada malam hari Lampau menggunakannya keesokan hari setelah bangun. Eksperimen pembuatan kompos akan menyenangkan ketika sudah banyak area terbuka Buat mendapatkan material. Secara singkatnya, Buat mendapatkan kompos terbaik, Pemeran harus Giat eksplorasi dan melawan monster tentunya.

Peta Letak Pertarungan dan Farming

Sakuna: Of Rice and Ruin Mempunyai total 40 area Pandai dikunjungi selain rumah. Eksis pula 10 Letak farming Tertentu Buat NPC. Tiap area baru akan terbuka Kalau memenuhi persyaratan completion di area telah terbuka. Area farming NPC Pandai dikunjungi dengan Langkah Mempunyai anjing Buat menemani ekspedisi. Satu anjing hanya Pandai Buat menugaskan satu NPC saja. Anjing diperoleh dari Kaimaru secara Secara acak event maupun menyuruhnya ekspedisi.

Ketika awal bermain, akan Eksis item hitam belum didapatkan.

Setiap Letak Mempunyai keunikan tersendiri. Eksis Letak hanya satu stage saja, Eksis pula beberapa stage dengan objective masing-masing. Resource apa saja Eksis di Letak Pandai dicek ketika mengarahkan kursor ke Letak. Beberapa resource belum didapatkan akan berwarna hitam dan keterangan tanda tanya pada namanya. Buat mendapatkannya tentu Pemeran harus melawan monster dan juga eksplorasi tempat-tempat terkadang tersembunyi.

Gameplay Dalam Bertarung

Sakuna masuk ke berbagai area melawan monster Buat mendapatkan material Membikin kompos, makanan, senjata, Pakaian, perlengkapan lain, dan juga kebutuhan NPC. Mode pertarungan disajikan dalam 2,5D side-scrolling action. Setting tiap area dibangun sederhana Tetapi terlihat apik. Pergerakan dan pertarungan tergolong memanjakan saya sebagai Pemeran. Dalam aspek tersebut, Pandai dikatakan melebih ekspektasi saya. Setiap arah Esensial (atas, Dasar, kiri, dan kanan) Pandai digunakan Buat slot variasi kemampuan tersendiri dan Pandai Buat combo. Misalkan saja skill dari raiment yang Pandai memberikan debuff setelah debuff. Eksis achievement ketika melakukannya, bernama Overkill. Tentunya Buat mengeluarkan skill yang Eksis, diperlukan kombinasi serangan, perhitungan waktu, dan konsumsi SP yang Pas.

Debuff dengan skill raiment.

Sakuna dibekali tiga senjata; senjata satu tangan, senjata dua tangan, dan Divine Raiment. Senjata satu tangan digunakan Buat serangan Biasa dan dua tangan Buat serangan berat. Divine Raiment digunakan Buat memanjat dan grappling musuh. Fighting Skill dan Raiment Skill memerlukan SP. Eksis 15 Strata proficiency tiap Fighting Skill. Semakin tinggi tingkatannya, semakin ganas kemampuan skill tersebut. Skill apa saja yang Pandai dimiliki Sakuna, akan muncul di upcoming skills aktivitas bertani.

Eksis 4 tipe serangan di Sakuna: Of Rice and Ruin; Strike, Slash, Pierce, dan Magic. Tipe serangan tersebut Eksis pada atribut senjata. Tiap monster Mempunyai kelemahan masing-masing terhadap atribut tertentu. Serangan dengan Pengaruh Biasa akan berwarna putih pada Bilangan serangan dihasilkan. Tetapi Eksis kalanya memberikan tingkat efektivitas tertentu;

  • Orange: efektif.
  • Merah: super efektif.
  • Biru: Enggak efektif.

Rona orange pada Bilangan damage berarti efektif.

Waktu pertarungan pada dasarnya Eksis dua fase Ialah siang dan malam. Enggak disarankan bertarung di fase malam Kalau belum cukup kuat. Level monster akan berlipat ganda di fase malam, setting pun menjadi gelap tanpa menyalakan Oil Droplet akan didapatkan melalui proses permainan. Indikator level monster siang dan malam Pandai dilihat di keterangan tiap area. Ketika malam datang, Sakuna juga sudah kelaparan. Tingkat kekenyangan Sakuna Eksis di status Fullness. Ketika sudah rendah atau habis, Sakuna Enggak Pandai regen HP secara natural. Satu-satunya Langkah natural healing Sakuna hanyalah lewat status Fullness. Tanpa equipment dan skill regen/ drain HP, saatnya pulang, Nak!

Senjata crafting via Kinta.

Status dasar/ basic stats Sakuna memang berhubungan dengan aktivitas bertani. Tetapi Pemeran juga Pandai memperkuat diri dengan senjata, Pakaian, headgear, dan topeng. Beberapa topeng Pandai ditemukan di boks harta karun, sisanya Seluruh perlengkapan tersebut dibuat oleh Kinta dan Yui. Selain dari perjalanan permainan, ketika Pemeran Mempunyai salah satu bahan pembuat perlengkapan tersebut, Kinta dan Yui Mempunyai opsi Buat membuatnya.

Change Power Buat memasang/ mengganti Spirit Bough di slot Hampa.

Setiap equipment/ perlengkapan Mempunyai slot Buat dipasangi Spirit Bough. Berapa slot Spirit Bough dimiliki, akan berbeda setiap perlengkapan. Spirit Bough pada dasarnya adalah dahan dari pohon kehidupan yang Mempunyai kekuatan Tertentu sebagai enchantment. Pemeran Pandai mendapatkannya dari boks harta karun, drop dari bos, maupun muncul di sawah Ketika level 20 ke atas dalam bertani. Seingat saya, mulai muncul Spirit Bough secara Secara acak di sawah Ketika saya level 27 dalam bertani. Berhubungan dengan healing, Eksis beberapa Spirit Bough Mempunyai kemampuan regen HP dan life steal.

Makan Malam, Siapkan Buff dan Waktunya Bercerita

Salah satu aspek menyenangkan dalam Sakuna: Of Rice and Ruin adalah makan malam. Menu makan malam menentukan buff Sakuna di keesokan hari. Eksis lima jenis menu Pandai dikombinasikan Buat buff; Main Dish, Soup, Side Dish, Dessert, dan Drink. Menu tersedia akan bertambah seiring perjalanan dalam gim. Persiapkan bahan dibutuhkan Buat menu terbaikmu ya! Selain Buat mendapatkan buff, menu juga Pandai digunakan Buat mendapatkan achievement. Misalkan saja makan Seluruh Dessert Buat mendapatkan achievement Just Desserts, atau memakan 50 menu berbeda Buat Bon Vivant.

Buff menu makanan.

Cerita tiap Watak terungkap satu per satu Ketika makan malam. Bagi penikmat cerita, hal ini menjadi nilai plus. Langkah gim ini menyampaikan cerita Watak dan dunianya terbilang asik, menurut saya. Eksis beberapa hal Kocak, misalnya saja Ketika pertama kali memakai menu minuman sake. Kinta protes kenapa dia Enggak boleh minum sake. Relatable dengan dunia Konkret. Atau Ketika Myrthe Berbicara meskipun Tuhan ajaran Formosa berbeda dengan dewa-dewi Yanato, mereka Seluruh sama-sama berdoa pada yang diyakini. Sebagai misionaris Formosa, akan Eksis beberapa poin obrolan Mrythe kurang menarik bagi beberapa Pemeran. Tetapi cerita makan malam memang salah satu fitur menyenangkan dalam gim ini. Sayangnya cerita makan malam Enggak akan muncul ketika story telah habis.

Ekstra dan Konklusi

Di fase akhir main story, Tauemon Mempunyai opsi melakukan festival persembahan Buat Sakuna dan Kolega-temannya, kemudian melawan bos terakhir, Omizuchi. Ketika berhasil menaklukkan Omizuchi, Pemeran Pandai melakukan clear save Buat melanjutkan beberapa achievement yang belum terselesaikan dan kembali ke Ketika sebelum festival. Lantas bagaimana dengan item yang diperoleh Ketika melawan Omizuchi? Tenang saja, Seluruh item tersebut terbawa di clear save.

Eksis area trial dengan Dasar tak terhingga bernama Amagaeshi Shrine. Sebelum melawan Omizuchi, area trial tersebut hanya terbuka Tiba Dasar 61. Ketika telah menaklukkan Omizuchi, Dasar 62 ke atas terbuka Buat ditaklukkan. Eksis beberapa Spirit Bough Aneh Pandai didapatkan. Berbicara Amagaeshi Shrine, nuansa permainan mengingatkan saya pada Samurai dan Dynasty Warriors, terutama musiknya.

Eksis pula tantangan melawan Aphid hingga wave 100. Hingga Ketika review ini ditulis, baru 0,2% Pemeran Sakuna: Of Rice and Ruin di Steam yang Pandai mendapatkan achievement menaklukkan 100 wave. Achievement itu bernama Sakuna the Efflorescent. Atau Anda Mau menunggu Tiba Kaimaru membawa 12 jenis hewan Buat mendapatkan achievement Hinoe Menagerie?

Clear save setelah mengalahkan Omizuchi.

Ya, dengan clear save, Pemeran kembali ke waktu sebelum festival. Tetapi bagaimana kelanjutan hidup dari Sakuna dan NPC setelah Omizuchi dikalahkan, adalah suatu hal menarik yang Mempunyai sentimental tersendiri bagi saya sebagai Pemeran. Pemeran akan mendapatinya dengan kedekatan perasaan masing-masing.

Sakuna: Of Rice and Ruin, gim Melewati ekspektasi saya dan menyebalkan dalam waktu bersamaan. Gim ini memang menarik dan Mempunyai kualitas oke. Hanya saja memang, akan Eksis beberapa Pemeran yang berhenti memainkan ketika dihadapkan dengan skill dasar Sakuna Ketika memulai permainan. Secara khususnya adalah menyebalkannya sistem pergerakan Sakuna Ketika menanam benih padi.

Kappa Kolega Kaimaru.

Gim ini dikemas dengan Ciri tiap Watak dengan Bagus, gameplay, dan cerita yang menarik. Ditambah pula dengan musik pas melengkapi nuansa permainan. Coba nikmati suasana pemandangan depan rumah Ketika malam hari. Menyantap padi di sawah, kunang-kunang, langit dan gunung, Bunyi gemercik Aliran air, serta Bunyi hewan malam sangat menenangkan jiwa setelah seharian bekerja di sawah maupun melawan monster.

Buat kalian yang menikmati kesabaran proses bertani, perkembangan skill Watak, menyukai sistem buff dan debuff, crafting equipment, Enggak mudah Jenuh dengan grinding material, dan juga penikmat dari segi cerita Aneh, IDGS merekomendasikan Sakuna: Of Rice and Ruin Buat dimainkan. Kalau Anda bukan tipe Pemeran seperti itu, mungkin saja gim ini kurang cocok Buat Anda mainkan. Sederhananya karena ini gim perlu kesabaran dan repetitif. Menjadi petani hobi gelud itu berat, biar Diriku saja.

Review ini berdasarkan Sakuna: Of Rice and Ruin versi PC via Steam.

(IDGS/ deJeer)

Trending