Kominfo Lanjut Pantau Konten Game yang Masuk ke Indonesia

Esports punya langkah yang panjang dan unik sampai akhirnya bisa dianggap dan dikategorikan sebagai salah satu olahraga saat ini.


Jakarta, Jagatgame Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo berkomitmen dorong dan lindungi ekosistem industri game nasional.

Hal tersebut salah satunya diimplementasikan dengan penyesuaian permainan atau game yang masuk ke Indonesia.

Penataan konten game yang masuk ke Indonesia antara lain diatur melalui Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2016 soal Penggolongan permainan interaktif elektronik atau Indonesia Game Rating System.


Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan, regulasi tersebut kini sedang dalam proses revisi supaya Seluruh game yang masuk ke Indonesia wajib mengikuti Peraturan Menteri tersebut.

See also  Petinggi Take-Two Berikan Komentar Seputar Rumor FIFA 2K

“Tak terkecuali game dari luar agar dapat menjaga Indonesia sesuai aturan dan budaya kita,” kata Semuel.

Upaya tersebut juga disebut Semuel diimplementasikan dengan menggelar Game Developer Exchange 2021.

“Kami berharap IGDX dengan kekuatan mentoring dan business mixed making-nya dapat menjadi menjadi akselerator meningkatkan kualitas produk dan bisnis serta mendorong terwujudnya sinergitas dan kolaborasi antara berbagai pihak,” ujar Samuel, Senin (22/11).

Beberapa tahun ke belakangan pemerintah RI mendorong ekosistem teknologi, supaya industri game nasional berkembang.

Selain menyiapkan aturan, Kominfo juga Mempunyai program Demi mendorong membangun ekosistem digital, Merupakan melalui pengembangan Bakat digital pada Gerakan Nasional Literasi Digital, Digital Talent Scholarship dan Sekolah Pintar.

See also  5 Game PlayStation yang Diadaptasi Jadi Gambar hidup, Gamer Wajib Nonton Nih!

Sementara Demi perusahaan rintisan, kementerian memberikan pelatihan pada program Gerakan Nasional 1000 Startup, Startup Studio dan HUB.ID.

Tertentu tentang game, Kominfo menyiapkan program IGDX, berkolaborasi dengan Asosiasi Game Indonesia, Indigo Game Telkom dan Garena Indonesia.

Kominfo Menonton potensi besar perkembangan ekosistem game nasional karena jumlah pengguna internet di Indonesia Ketika ini mencapai 202,6 juta orang atau setara dengan 73 persen dari populasi.

Riset New Zoo tahun 2020, dikutip dari Kominfo, menunjukkan nilai ekonomi game Indonesia mencapai 1,7 miliar dolar Amerika Perkumpulan. Game lokal, sementara itu, baru Bisa menyerap 8 juta dolar AS.

“Nomor ini harusnya Bisa kita tingkatkan, dengan menghasilkan game baru yang Bisa menembus pasar nasional dan Dunia. Ketika ini, kita harus mengambil alih pangsa pasar yang dikuasai oleh game dari luar,” kata Semuel.

See also  Like A Dragon: Yakuza akan Diadaptasi Jadi Live Action

Pengembang dan studio game lokal sudah meluncurkan game yang terinspirasi dari cerita Indonesia, antara lain game Dreadout” dan Battle of Satria Dewa.

(Antara/fjr)

[Gambas:Video CNN]