Chipset A17 Pro – Bukan rahasia Lumrah kalau Apple selalu dikenal meluncurkan produknya yang mewah dan premium, termasuk di antaranya adalah iPhone. Kebetulan, pada tahun ini Apple telah meluncurkan iPhone 15 yang dipersenjatai chipset terbaru dan diklaim yang terkuat dan tercepat di dunia.

Kombinasi teknologi terkini yang dibarengi manufaktur 3nm seolah membuatnya di atas kompetitor, bahkan chipset generasi terdahulunya. Peningkatan tersebut bahkan Bisa membawa smartphone dari Apple maju ke langkah berikutnya, memamerkan bagaimana smartphone tersebut Dapat jalankan game AAA, Resident Evil Series misalkan.

Berbekal kemampuannya tersebut, tentunya kita Kagak perlu merasa heran atau kaget karena chipset terbaru dari Apple Rupanya memang dirancang Tertentu Buat menjalankan bermacam aplikasi, game, maupun Segala yang berbau kecerdasan buatan tanpa masalah.

Nah, dengan fakta di atas, tentunya timbul pertanyaan secara eksplisit, apakah Betul chipset A17 Pro iPhone 15 akan membuatnya menjadi tak terkalahkan?

Disclaimer:

Kami tegaskan bahwa artikel ini merupakan opini pribadi dari penulis dengan mempertimbangkan bermacam Unsur, dan sama sekali Kagak bermaksud Buat mempromosikan atau mungkin menjelek-jelekkan brand satu dan lainnya.

Penjelasan Tentang Chipset A17 Pro di HP iPhone 15

Dua ukuran iPhone terbaru

Berikut ini penjelasan seputar chipset A17 Pro yang Dapat kalian temukan pada iPhone 15 Pro dan juga iPhone 15 Pro Max.

Apa Itu Chipset A17 Pro?

Chipset Terbaru Apple A17 Pro
Chipset terbaru dari Apple

Chipset A17 Pro adalah chipset high-end yang pertama kali diperkenalkan oleh Apple Buat temani kehadiran iPhone 15 Series, tepatnya pada bulan September tahun 2023. Chipset ini merupakan chipset Bionic 3nm terkuat dari Apple Buat Ketika ini dengan kecepatan Tamat 3,8GHz.

Sama halnya chipset A17 Pro yang baru-baru ini meluncur, tentunya kalian akan membutuhkan gambaran yang lebih ril supaya kalian Dapat mengerti seberapa kuatnya kemampuan chipset yang dikatakan nomor satu di dunia ini.

Spesifikasi A17 Pro

Apple A17 Pro Cpu Dan Gpu
Menawarkan hexa-core Buat menunjang produktivitas

Chipset terbaru dari Apple ini mengusung 6 core, yang terdiri dari 2 core 2.1GHz dan 4 core 3.8GHz yang dibuat pada fabrikasi 3nm. Kagak hanya itu, chipset ini dibekali 16 core neural engine, secure enclave, AV1 decoding, USB 3.2 Gen 2 yang umurnya Tetap relatif muda.

Kelebihan

Penampakan Kamera Dari Iphone 15
Penampakan kamera belakang dari iPhone terbaru

Dikarenakan chipset tersebut merupakan keluaran terbaru dari Apple, tentunya chipset ini tawarkan sejumlah kelebihan, di antaranya kemampuan CPU dan GPU yang Betul-Betul gahar (bahkan Dapat memnjalankan game AAA), dilengkapi performa AI, dan Kagak lupa efisiensi daya yang tentunya jauh lebih Bagus dari generasi terdahulu.

Kekurangan

Kelemahan Dari Iphone 15
Kagak luput dari sederet kelemahan

Meski chipset ini merupakan keluaran terbaru, Tetapi bila melirik ulasan dan video di YouTube, kami merasa chipset ini pun Mempunyai sejumlah kekurangan. Pertama, harganya relatif mahal, dan ketersediannya amat sangat terbatas dan hanya Dapat Anda nikmati mulai dari iPhone 15 Pro saja.

Performa Chipset A17 Pro

Setelah kita mengetahui bermacam kelebihan dan kekurangan dari chipset tersebut, hal yang menurut kami cukup menantang adalah mengevaluasi gimana potensi dari chipset anyar tersebut secara keseluruhan.

Kalau menurut kacamata awam penulis, potensi dari chipset anyar ini termasuk menjanjikan – terlebih dengan gembar-gembor Bisa menjalankan game AAA semacam Resident Evil Series tanpa masalah meski boros baterai.

iphone 15 pro mainkan resident evil village
Dapat menjalankan game berat semacam Resident Evil Series

Berbicara potensi, hal selanjutnya yang sekiranya menarik dan Kagak habis-habis Buat dibahas tentunya adalah benchmark atau skor sintetis. Meski di antara kalian Eksis yang Kagak terlalu memedulikan hal tersebut, Tetapi potensi dari suatu perangkat Dapat sekilas terlihat dari besaran skor yang ditampilkan loh, brott.

Misalnya saja nih, berdasarkan situs PassMark, kemampuan komputasi dari chipset A17 Pro tersebut hanya Eksis di kisaran 12.000an saja – yang menurut kami Nomor tersebut termasuk rendah.

Passmark Apple A17 Pro 2023
Total PassMark Dapat menembus belasan ribu

Lantas, apa yang mendasari kami berani mengatakan skor chipset terbaru dari Apple tersebut rendah? Kalau kita telusuri lebih lanjut, kemampuan chipset Apple M1 Malah Tetap lebih Bagus karena menawarkan skor 14.000an, padahal chipset tersebut merupakan keluaran tahun 2020 – tiga tahun yang Lampau.

Skor Antutu Apple A17 Pro Bionic Apple
Skor Antutu Apple A17 Pro Bionic Apple

Entah hal ini disengaja atau Kagak, Tetapi kemampuan dari prosesor ini Tetap termasuk menjanjikan meski bukan Buat kebutuhan yang menuntut. Tetapi, penulis yang awam dengan produk Apple sedikit kecewa dikarenakan lompatan performanya Rupanya Kagak terlalu masif dan terkesan ala kadarnya, berbeda dari dunia komputer.

Chipset iPhone 15 Pro Dapat Kalahkan Qualcomm dan Mediatek?

Sejujurnya, akan sangat mudah sekali bagi chipset A17 dari iPhone 15 ini Buat kalahkan Jenis-Jenis chipset dari Qualcomm dan Mediatek. Bila berpatokan pada informasi yang tertera pada Kimovil, skor Antutu dari iPhone teranyar dari Apple tersebut menyentuh 1.640.000an.

Skor tersebut tentunya dapat dengan mudahnya mengalahkan bermacam chipset Qualcomm dan Mediatek, bahkan mungkin yang terbaru. Meski demikian, Kendali skor tersebut Rupanya Kagak Eksis apa-apanya bila dibandingkan dengan chipset Apple lainnya, khususnya yang gunakan chipset M1.

Iphone 15 Pro Antutu 2023
Skor Antutu v10 menembus 1.640.000

Betul saja, hal tersebut dibuktikan lalui laman ‘Hall of Fame’ Antutu, di mana pada bagian iOS, kemampuan dari A17 Pro sama sekali bukanlah ancaman untukmu yang gunakan chipset M1 Buat bermacam keperluan.

Performa Apple A17 Di Antara Chipset Apple
Performanya Eksis di antara iPhone 14 Pro dan iPad Air 5

Bila berpatokan pada skor yang tertera pada Kimovil sebelumnya, kemampuan chipset teranyar Apple tersebut hanya Dapat berada satu tingkat di atas A16 yang merupakan generasi sebelumnya.

Jadi, Dapat disimpulkan bahwa Dekat Segala chipset Qualcomm dan Mediatek Kagak akan menjadi ancaman mengingat skor terbesar yang Dapat dicapai hanyalah 1.630.000an, itupun sudah dibekali Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2. Termasuk Mediatek yang hanya Dapat tersenyum dengan skor 1.10.000an yang dicapai Mediatek Dimensity 9000.

Komparasi Chipset Terkuat Di Dunia Smartphone
Komparasi chipset antar manufaktur

Meski Qualcomm tampak Dapat mengekor kemampuan dari chipset Bionic dari Apple, Tetapi Kagak menutup kemungkinan suatu Ketika nanti Mediatek Dapat memberikan kejutan lalui inovasinya dan kalahkan keduanya kelak.

Konklusi

Gimana menurut kalian, brott? Kalau menurut kacamata awam penulis sih, kemampuan dari chipset iPhone 15 ini sama sekali Kagak boleh diremehkan karena memang Bisa menawarkan kemampuan komputasi yang Dapat diandalkan, terlebih dalam ekosistem yang mendukung pula.

Lain ceritanya Buat smartphone berbasis Android, menyentuh skor jutaan pun rasanya akan sia-sia dikarenakan ekosistem, khususnya sistem operasi memang dirasa Kagak mendukung.

Malah Dapat saja hal ini dikarenakan Qualcomm atau Mediatek terlalu nyaman (baca: malas) dan hanya Bisa meluncurkan chipset rebrand saja, ketimbang hadirkan solusi yang Betul-Betul Konkret, mengembangkan chipset terbaru misalkan.

Itulah opini penulis terkait kebenaran chipset A17 Pro yang konon katanya Kagak Dapat dikalahkan smartphone manapun. Gimana menurut kalian, apakah opini singkat dari penulis ini membantumu? Silahkan berkomentar bila mana Eksis informasi yang dilewatkan oleh penulis.


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending