Bekerja lembur bukanlah sesuatu yang aneh di banyak profesi atau pekerjaan, Tetapi industri video game dikenal punya kecenderungan Kepada mendorong praktik tersebut secara ekstrim yang kerap mengorbankan kesejahteraan para karyawannya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kesadaran publik terhadap budaya ‘crunch’ atau lembur di industri video game semakin meningkat, terutama lewat fakta bahwa Terdapat semakin banyak developer yang lebih terbuka soal praktik pengembangan game yang mereka jalankan.

Baldur’s Gate 3 Digarap dengan Sedikit Crunch, Ungkap CEO Larian Studios

Baru-baru ini developer Larian Studios menunjukkan keterbukaan mereka terkait fenomena lembur ini, yang mana Swen Vincke selaku CEO mengkonfirmasi bahwa pengembangan Baldur’s Gate 3 pun mengalami hal serupa. Pada konferensei Digital Dragons di Krakow, ia mengatakan bahwa “sedikit” lembur ekstrim dibutuhkan Kepada menyelesaikan game RPG tersebut.

Swen Vincke

“Anda akan selalu membutuhkan sedikit [crunch] ketika berusaha Kepada menyelesaikan sesuatu, terutama Apabila sesuatu itu Mempunyai banyak kompleksitas yang perlu diselesaikan,” ungkap Vincke.

Swen Vincke

Kendati demikian, ia menyebut bahwa Larian belajar dari pengalaman di game-game mereka sebelumnya, yang merubah pendekatan lembur mereka ketika menggarap Baldur’s Gate 3. Vincke bahkan mengklaim Apabila game tersebut membutuhkan lembur yang lebih sedikit dibanding game-game Larian di masa Lewat.

Vincke Juga Sebut Bahwa Bekerja di Akhir Pekan Sangatlah Jarang

Baldur's Gate 3 Digarap dengan Sedikit Crunch
Baldur’s Gate 3

Vincke memang Bukan membeberkan secara Jernih mengenai Ketika proses lembur itu dimulai, Tetapi ia mengatakan bahwa kantor Larian sendiri “Dekat Hampa” setelah jam 8 malam waktu setempat dan bekerja di akhir pekan “sangatlah jarang”.

Fakta bahwa Larian juga memotong beberapa konten Baldur’s Gate 3, mulai dari map hingga playable character tambahan, nampaknya sangat membantu para karyawan agar tetap Mempunyai jam kerja yang normal meski mendekati deadline.

Terakhir, Vincke percaya Apabila jumlah pekerjaan dengan intensitas tinggi dalam pengembangan game peraih GOTY itu sangat minimal sehingga beberapa orang mungkin Bukan melihatnya sebagai crunch.

Sumber: Eurogamer


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait Baldur’s Gate 3 atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com.

Trending