TV Mode Zenless Zone Zero – Dalam beberapa hari terakhir, komunitas game Zenless Zone Zero sedang ramai membicarakan salah satu fitur gameplay yang Terdapat di game ini. Fitur tersebut adalah TV Mode yang menjadi salah satu elemen dalam melakukan eksplorasi.

Banyak dari Player menyukai mode tersebut karena Mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan game miHoYo lainnya dan juga menjadi Tanda khas khas dari Protagonist Istimewa sebagai seorang Proxies. Tetapi Enggak sedikit pula dari mereka merasa kurang suka dengan fitur TV Mode dan lebih prefer eksplorasi langsung ketimbang hadir dalam mode dengan istilah Board Map seperti itu.

Berbagai Ragam opini pro dan kontra terkait fitur TV Mode Zenless Zone Zero. Pada kesempatan kali ini, saya mencoba mengutarakan pendapat pribadi terkait topik fitur TV Mode di ZZZ. Pendapat saya ini berdasarkan pengalaman yang sudah memainkan beberapa game Istimewa miHoYo, seperti Honkai Impact 3rd, Genshin Impact, Honkai Star Rail, dan Zenless Zone Zero.

Apakah Fitur TV Mode Zenless Zone Zero Perlu Dihilangkan atau Enggak?

Apakah fitur ini perlu dihilangkan atau Enggak?

Baiklah kita mulai saja pembahasannya.

Apa itu TV Mode Zenless Zone Zero?

Hollow Deep Dive
Hollow Deep Dive

TV Mode Zenless Zone Zero adalah istilah yang menunjuk pada fitur bernama Hollow Deep Dive (HDD) System. Berdasarkan lore di dalam game, sistem ini menjadi alat dimana Proxies dapat melakukan eksplorasi ke dalam area Hollow dengan menggunakan Banboo Assistant bernama Eous yang telah sinkronisasi.

Pada area Hollow, Player akan Menonton area Letak divisualisasikan seperti sebuah Board dengan banyak TV. Masing-masing TV akan memperlihatkan gambar yang mewakili berbagai Ragam interaksi, mulai dari musuh, item, benda, dan Lagi banyak Tengah yang biasanya berhubungan langsung dengan misi yang dijalankan.

Pada situasi tertentu, salah satu Board TV akan masuk ke mode eksplorasi total dimana Player akan menggunakan Kepribadian Agent yang dibawa. Pada Ketika inilah sistem Battle akan menjadi kunci Istimewa dalam permainan ZZZ disertai beberapa misi dan Puzzle yang harus diselesaikan.

Sistem Board Map dalam Video Game

TV Mode Zenless Zone Zero

Sebenarnya fitur Board Map seperti ini di dalam video game sudah menjadi fitur yang sangat Lumrah. Enggak hanya di game mobile gacha seperti ZZZ saja, bahkan game-game di konsol, handheld dan PC Niscaya Terdapat mode Board seperti ini. Enggak Terdapat batasan apakah itu game kualitas AAA maupun Indie sekalipun.

Mari kita ambil Misalnya gampang dulu game gacha sejenis ZZZ yang menghadirkan fitur Board Map, seperti Honkai Impact 3rd sebagai game yang sama-sama dibuat oleh miHoYo.

Honkai Impact 3rd Map Story
Tampilan Panjang Board Map Story di Honkai Impact 3rd

Fitur Istimewa Honkai Impact 3rd adalah action RPG sama seperti ZZZ dengan sistem cerita atau eksplorasi yang dipisah-pisah berdasarkan Chapter atau node. Kemudian di dalamnya, Player baru Pandai bergerak bebas menggunakan Kepribadian Kepada bertarung ataupun menjalankan misi yang diberikan.

Sementara Kepada game lainnya saya Pandai mengambil banyak sekali Misalnya, mulai dari Blue Archive, Girls’ Frontline, Granblue Fantasy, Fate/Grand Order, Kantai Collection, dan lainnya.

Kantai Collection Event Map
Salah satu Board Map yang Terdapat di game Kantai Collection

Setiap game tersebut Mempunyai fitur dimana eksplorasi digambarkan seperti sebuah papan dengan titik-titik tertentu Kepada bertarung, ekspedisi, ataupun memeriksa area itu. Dan biasanya ketika Player mengunjungi area tersebut, maka sistem Battle Istimewa dari game akan hadir.

Enggak jarang juga Terdapat semacam gimmick yang perlu dilakukan Kepada Pandai melewati titik tersebut pada Map agar Pandai diselesaikan ataupun dilewati, seperti halnya pada game Kantai Collection atau Girls’ Frontline (PTSD Penulis).

Jadi bagi saya pribadi, sistem Board Map seperti ini bukanlah sesuatu yang mengagetkan dalam video game.

Adaptasi Fitur dari Pendahulunya

TV Mode Zenless Zone Zero
Banyak fitur yang Terdapat di ZZZ mengadaptasi dari game pendahulunya

Pandai dikatakan fitur Board Map yang Terdapat di ZZZ merupakan adaptasi dari game Honkai Impact 3rd dengan menghadirkan tema dan eksekusi permainan yang lebih Istimewa. Apalagi tema seperti itu cocok dengan lore yang Terdapat di dalam gamenya dimana Proxies bergerak di area Hollow dengan menggunakan Banboo duduk di depan layar.

Dari awal bermain ZZZ, saya sudah merasa kalau game ini lebih condong mengikuti jejak Honkai Impact 3rd ketimbang game miHoYo lainnya. Apalagi Menonton sistem Board Map seperti itu. Meskipun begitu, beberapa elemen dari game miHoYo lain pastinya bakal diadaptasi juga di ZZZ, terlebih dari segi grinding dan farming-nya.

Argumen TV Mode Zenless Zone Zero Enggak Disukai Beberapa Kalangan Gamer

TV Mode Zenless Zone Zero
Terdapat berbagai Ragam

Pada Ketika menulis aritkel Opini ini, saya juga sudah mencoba menelusuri apa saja Argumen Gamer Enggak menyukai fitur TV Mode di Zenless Zone Zero. Kebanyakan dari mereka mengatakan kalau mode ini terasa Letih dan lebih prefer eksplorasi langsung ketimbang digambarkan seperti sebuah papan ber-TV seperti ini.

Argumen lainnya adalah mode ini Lagi terasa Gial pace permainannya sehingga terkadang Kepada satu misi Main Story ataupun Side Quest di area Hollow yang Pandai menghabiskan waktu kira-kira Sekeliling 10-15 menit bahkan lebih.

Argumen yang sudah dijelaskan tadi merupakan pendapat yang paling dominan saya temukan di internet ketika Gamer membahas fitur TV Mode di ZZZ. Lagi banyak Argumen lain yang saya temukan dan Argumen tersebut membahas ke arah performa, seperti Loading yang Panjang, dialog yang Gial, dan Lagi banyak Tengah.

Apa Jadinya Apabila Fitur TV Mode Zenless Zone Zero Dihilangkan?

TV Mode Zenless Zone Zero
Apa jadinya Apabila fitur ini dihilangkan dari game ZZZ?

Dari Argumen-Argumen yang sudah saya jelaskan tadi berdasarkan hasil penelusuran di komunitas, Enggak heran Apabila beberapa dari Gamer Mau fitur TV Mode dihilangkan dari game ZZZ. Tetapi apa jadinya Apabila fitur tersebut Betul-Betul akan dihilang dari ZZZ?

Kemungkinan terburuk Apabila fitur TV Mode Zenless Zone Zero dihilangkan adalah hilangnya identitas dari game itu sendiri. Karena mau Enggak mau, fitur tersebut menjadi bagian fitur Istimewa di ZZZ dalam melakukan eksplorasi.

Coba saja bayangkan Apabila fitur eksplorasi Open World yang Terdapat di Genshin Impact dihilangkan dan diganti dengan Board Map. Pastinya identitas game ini sebagai game Open World Mekanis juga ikut hilang karena itu menjadi fitur Istimewa dimiliki oleh Genshin Impact.

Atau Misalnya lainnya game seperti Blue Archive, Girls’ Frontline, dan Kantai Collection dihilangkan fitur Board Map, diganti dengan dialog ala Visual Novel dan Terdapat pilihan yang bakal menentukan mau pergi ke arah mana.

Itu beberapa Misalnya kondisi apa jadinya Apabila fitur Istimewa di dalam game yang sudah menjadi Tanda khas khasnya dihilangkan dan diganti dengan mode lain.

Zenless Zone Zero
Terdapat banyak kemungkinan yang Pandai terjadi Apabila fitur tersebut dihilangkan

Mari kita ambil Misalnya kasus apa jadinya Apabila fitur TV Mode diganti dengan full eksplorasi atau mungkin dikasih fitur Open World sesuai dengan keinginan beberapa Gamer di komunitas. Atau setidaknya dihadirkan mode terpisah antara TV Mode dengan full eksplorasi Open World.

Apabila fitur seperti ini beneran diimplementasikan di dalam game Zenless Zone Zero, maka hal yang akan terjadi akan berpengaruh pada Total Size game-nya. Total Size game Zenless Zone Zero Ketika ini sebesar 20 GB lebih di Android, 26 GB lebih di iOS, dan 50 GB lebih di PC.

Perlu kalian ketahui Ketika game ZZZ rilis, banyak Gamer mengeluhkan betapa besarnya total size game ini. Banyak yang mengatakan game ini Enggak Terdapat fitur Open World, tapi punya size game sebesar itu. Nah, Apabila fitur eksplorasi yang lebih leluasa dibandingkan TV Mode hadir di Zenless Zone Zero Berkualitas itu dipisah atau digantikan, bakal seperti apa total size gamenya nanti.

Apabila saya gambarkan total size game Zenless Zone Zero, kemungkinan total size dengan fitur yang diinginkan beberapa Gamer Pandai jadi mirip atau lebih dari pendahulunya, Merupakan Honkai Impact 3rd. Game Honkai Impact 3rd yang punya banyak mode eksplorasi permainan termasuk Open World yang simpel saja Pandai mencapai 30 GB lebih di Android.

Ini baru dari segi size game, belum Tengah soal performa dan peningkatan Kepada menjaga kualitas yang Terdapat di game. Kira-kira seperti itu Misalnya kalau fitur TV Mode Zenless Zone Zero dihilangkan dan digantikan dengan fitur lain yang punya eksplorasi lebih luas seperti Open World.

Enggak Perlu Dihilangkan, tetapi Perlu Ditingkatkan

Zenless Zone Zero
Sebenarnya fitur tersebut Enggak perlu dihilangkan

Apabila kalian bertanya apakah saya Mau fitur TV Mode Zenless Zone Zero dihilangkan atau Enggak, saya akan menjawab Enggak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur TV Mode di ZZZ sudah menjadi Tanda khas khas Istimewa yang Terdapat di game. Menghapus fitur tersebut sama saja menghapus identitas dari game itu sendiri.

Tamat Ketika ini di Chapter 3, saya Lagi Pandai menikmati mode permainan dan juga gimmick yang Terdapat di Zenless Zone Zero, Berkualitas itu Main Story ataupun Side Quest. Tetapi bukan berarti fitur ini sempurna dan Enggak Mempunyai kekurangan sama sekali.

Bahkan menurut saya pribadi, fitur TV Mode di ZZZ perlu Terdapat peningkatan dengan memberikan elemen yang Enggak monoton. Dan jangan Tamat gimmick yang sama Maju digunakan Dekat dikebanyakan misi di dalam game.

TV Mode Zenless Zone Zero
Hanya perlu Terdapat peningkatan agar Player Enggak jenuh dengan gimmick yang Terdapat

Perihal pace gameplay dan performa di TV Mode, saya rasa game ini juga perlu ditingkatkan Tengah kedepannya. Enggak hanya Gamer saja, bahkan saya sendiri merasa Terdapat Ketika dimana game ini terasa Gial, terlebih dari performa loading ketika game masuk ke mode eksplorasi dan bertarung.

Apabila kita pahami pernyataan dari tim developer mengenai rencana mereka meningkatkan fitur permainan Zenless Zone Zero, maka besar kemungkinan TV Mode ini juga masuk dalam rencananya. Apalagi itu merupakan fitur Istimewa yang sulit dihilangkan dari dalam game.

Itulah tulisan Opini dari saya seputar fitur TV Mode Zenless Zone Zero perlu dihilangkan atau Enggak seperti apa yang dikatakan beberapa gamer terkait fitur ini. Menurut kalian sendiri, apakah fitur ini perlu dihilangkan atau Enggak?


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait ZZZ atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com.

Trending