Masalah kebocoran data umumnya terjadi secara disengaja maupun Kagak disengaja. Apesnya, salah satu peneliti AI Microsoft secara Kagak sengaja membocorkan data internal yang jumlahnya Tiba menyentuh 38 Terabyte. Waduh, kok Dapat kejadian yah, brott?

Peneliti AI Microsoft Kagak Sengaja Membocorkan Data Internal

Jumlah data yang bocor Terdapat Sekeliling 38 Terabyte

Insiden di mana peneliti AI Microsoft tak sengaja membocorkan data internal yang jumlahnya Tiba 38 Terabyte ini terjadi pada hari Senin (18/9), di mana kebocoran tersebut Betul-Betul Kagak disengaja dan baru diketahui oleh sang peneliti beberapa waktu setelahnya, setidaknya berdasarkan Intervensi tim WIZ Research.

Kebocoran puluhan Terabyte data internal tersebut ditemukan di repositori AI GitHub raksasa Microsoft bernama “robust-models-transfer” yang telah dipublikasikan secara Kagak sengaja oleh peneliti AI Microsoft Begitu mengirimkan data pelatihan open-source.

Percakapan Internal Tim Microsoft
Teladan percakapan tim internal Microsoft

Data sebesar 38 Terabyte yang bocor tersebut setidaknya berisikan Sekeliling 30.000 percakapan antar karyawan di perusahaan tersebut, internal, kunci, termasuk kata sandi. Bahkan, di antara sekumpulan data yang bocor tersebut juga berisikan data internal semacam paper terkait penelitian model ImageNet yang ideal.

Bermacam Data Yang Bocor Dari Sas Token
Bermacam data yang bocor dari token SAS

Terkait kebocoran puluhan Terabyte data yang bocor tersebut, pihak Microsoft katakan bahwa ini Segala dikarenakan salah satu fitur di Microsoft Azure bernama token Shared Access Signature (SAS) diklaim terlalu permisif. Parahnya Kembali, file README.md juga Mempunyai instruksi dan akses ke seluruh akun dan penyimpanan.

Microsoft Jamin Kagak Terdapat Kebocoran Data

Microsot Jamin Tidak Ada Data User Yang Bocor
Pihak Microsoft menjamin Kagak Terdapat data user yang bocor

Menanggapi Intervensi tim WIZ Research, baru-baru ini Microsoft klaim dan memberikan jaminan bahwa Kagak Terdapat kebocoran data yang terjadi. Klaim berani tersebut berdasarkan Kagak adanya layanan internal yang terdampak karena insiden tersebut, sama halnya para user yang Kagak perlu takut data internalnya tersebar.

Bahaya Kebocoran Data Sudah Dimitigasi Oleh Microsoft
Bahaya kebocoran data sudah dimitigasi oleh Microsoft

Hal ini dikarenakan Microsoft telah Formal mencabut token SAS dan memblokir Segala akses eksternal ke akun penyimpanan yang telah diselesaikan dua hari setelah Penjelasan dari pihak Microsoft.

Waduh, semoga Betul Kagak Terdapat data pribadi yang bocor yah, brott!


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending