Jagatgame.id – Kejutan di dunia gaming terjadi ketika dua gamer bernama Moises dan LiquidCat sukses memecahkan kode cheat tersembunyi selama 25 tahun di game Castlevania: Legacy of Darkness dari Konami.

Penemuan yang diumumkan oleh YouTuber JupiterClimb dan dilaporkan The Gamer pada 22 April 2024 tersebut mengungkap manfaat lain dari kode Konami klasik.

Sebagai informasi, kode Konami pertama kali muncul tahun 1986 di game Gradius. Setelah itu, kode ini jadi terkenal sebagai alat debug game Contra.

Developer Konami kemudian menjadikan kode-kode tersebut sebagai fitur easter egg Buat memberi bonus kepada Pemeran.

Baca Juga: Mengenal Side Quest di Stellar Blade Beserta Karakteristiknya yang Menarik Buat Diselesaikan

Dalam Castlevania 64 – upaya awal Konami mengadaptasi seri side scrolling 2D ke 3D, kode tersebut berfungsi buat meningkatkan performa teknis sekaligus membuka Kepribadian, Pakaian, dan mode hard game.

Legacy of Darkness sebagai versi “Director’s Cut” dari Castlevania 64 memperbaiki sejumlah kekurangan pendahulunya dan menambahkan konten baru.

Baca Juga: 5 Perbedaaan Game Minecraft Bedrock Editon dan Java Edition, Penggemar Berat Wajib Mengerti Banget Nih!

Ilustrasi kode Konami. (Sumber: IGN)

Kembali ke Intervensi tadi, kode tersebut Tak menggunakan input standar seperti d-pad atau analog stick. Butuh kombinasi tombol C yang berbeda dan tombol bahu di controller Nintendo 64.

Kombinasi yang Tak Normal ini menjelaskan mengapa kode tersebut Tak terdeteksi selama puluhan tahun, meski game tersebut punya komunitas modding aktif.

Baca Juga: Mau Main Minecraft Bedrock Edition Gratis Mengenakan HP? Ini Deretan Pilihan Caranya

Pencipta kode Konami, Kazuhisa Hashimoto, yang meninggal pada tahun 2020, awalnya menambahkan kode tersebut ke dalam NES Gradius Buat mempermudah pengujian.

Kelalaian dalam menghapus kode secara Tak sengaja menciptakan salah satu easter egg paling ikonik dalam sejarah gaming.

Trending