Sehari setelah ribuan driver ojek online lakukan demo, diketahui Kominfo diminta Buat menutup Sekalian aplikasi ojol oleh para Kawan driver. Setelah kami telusuri lebih lanjut, Rupanya para Kawan driver tersebut menginginkan aspirasinya memang Betul-Betul didengar dan direalisasikan aplikator. Pertanyaannya, di mana hubungannya dengan Kominfo?

Ini Argumen Kominfo Diminta Tutup Sekalian Aplikasi Ojol

Kawan driver Kagak Mau ditindas oleh aplikator

Aksi demo yang dilangsungkan oleh para driver ojol di beberapa titik pada hari Kamis (29/08/2024) Lewat, Rupanya berhasil Membikin Kominfo turun gunung Buat membantu.

Dalam aksi tersebut, Presidium Koalisi Ojol Nasional, Andi Kristyanto menyampaikan kepada pihak Kominfo Buat menutup Sekalian aplikasi penyedia jasa ojek online apabila dalam satu minggu Kagak tercium adanya kemajuan terkait tuntutan yang sebelumnya disuarakan.

Mitra Driver Dan Kominfo 2024
Kawan driver dan Kementerian Komunikasi dan Informatika

Setidaknya Terdapat enam tuntutan yang disuarakan pada aksi demo tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • 1. Revisi dan menambahkan pasal pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) No. 1 Tahun 2012 terkait Formula Tarif Layanan Buat Kawan Ojol dan Kurir Online di Indonesia.
  • 2. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) wajib mengevaluasi dan mengawasi segala bentuk kegiatan bisnis dan program aplikator yang berpotensi mengandung unsur ketidakadilan terhadap Kawan driver ojek online dan kurir online di Indonesia.
  • 3. Menghapus program layanan ‘tarif Irit’ Buat pengantaran barang dan makanan pada Sekalian aplikator.
  • 4. Penyeragaman tarif layanan pengantaran barang dan makanan di Sekalian aplikator.
  • 5. Penolakan terhadap promosi aplikator yang diduga dibebankan pada pendapatan Kawan driver.
  • 6. Permintaan Buat melegalkan ojol di Indonesia dengan Membikin Surat Keputusan Serempak (SKB) dari kementerian terkait yang membawahi ojol sebagai angkutan sewa Spesifik.

Melanjutkan informasi dari Tempo, Direktur Pengendalian Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gunawan Hutagalung menjawab tuntutan para driver ojol yang melakukan aksi demonstrasi di Patung Arjuna Wijaya.

Gunawan Hutagalung Kominfo
Gunawan Hutagalung, mewakili Kominfo mendengar aspirasi Kawan driver

“Saya mewakili Pak Wamen (Angga Raka Prabowo) di sini. Intinya, Pak Wamen sudah mendengar tuntutan Mitra-Mitra dan akan mencarikan solusi terbaik dan adil bagi Mitra-Mitra semuanya,” ucapnya.

Gunawan melanjutkan, bahwa nantinya Kominfo akan bertatap muka dengan Sekalian perusahaan aplikasi penyedia ojek dan kurir online guna membahas beberapa tuntutan yang disuarakan pada demo, dan akan berusaha semaksimal mungkin Buat memenuhi tuntutan tersebut.


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending