Game Unsur Indonesia – Setting latar berdasarkan suatu kultur kebudayaan ataupun Letak adalah salah satu aspek yang Krusial Buat dapat memperkuat elemen story dan dunia cerita pada game tersebut. Biasanya kita akan menemui latar tempat seperti Amerika dengan gangster atau Jepang dengan cerita Samurai-nya.

Bukan seperti beberapa game buatan Indonesia yang memang memperkuat atau memperkenalkan Indonesia, Eksis juga game developer luar memasukkan unsur Indonesia ke dalam game mereka meskipun Bukan terlalu dominan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai 6 game yang Mempunyai unsur Indonesia, Bagus itu dari kebudayaan maupun Letak tempat ceritanya. Daftar ini akan berfokus pada game luar yang mengandung unsur Indonesia Dapat Membikin kalian bangga.

Game Unsur Indonesia yang Harus Kalian Coba

Game dengan setting tempat di Indonesia

Apa saja sih game yang Eksis unsur Indonesia yang masuk ke daftar ini? Mari kita bahas.

1. Kena: Bridge of Spirits

Kena: Bridge of Spirits
Kena: Bridge of Spirits

Kita mulai daftar game yang Eksis unsur Indonesia dengan game yang Mempunyai Segera di PS5., Yakni Kena: Bridge of Spirits. Game buatan Emberlab ini menceritakan tentang Kepribadian bernama Kena yang membantu para arwah yang tersesat ke kehidupan selanjutnya. entah karena rasa bersalah yang Tetap Eksis atau Eksis urusan yang belum selesai.

Game bertipe action RPG ini Mempunyai background musik yang menggunakan alat musik asal Indonesia, mulai dari Angklung, Gamelan, dan berbagai alat musik tradisional lainnya menghasilkan musik bernuansa Bali. Bukan tanggung-tanggung, produser musik di game ini juga berkolaborasi dengan Gamelan Cudamani of Banjar Pengosekan.

Bukan hanya berhenti Tiba disitu, sang voice actor Kepribadian Kena merupakan orang Indonesia berketurunan Bali, Yakni Dewa Ayu Dewi Larassanti. Meskipun keseluruhan game ini menggunakan dialog bahasa Inggris, Tetapi Eksis sesekali Kena akan menggunakan bahasa Indonesia di dalam game.

2. Tom Clancy’s Splinter Cell: Pandora Tommorow

Tom Clancy's Splinter Cell: Pandora Tommorow
6 Game Unsur Indonesia yang Keren dan Harus Kalian Coba 9

Game Panggil yang menampilkan unsur Indonesia selanjutnya adalah Tom Clancy’s Splinter Cell: Pandora Tommorow. Salah satu seri game buatan Ubisoft ini Mempunyai Surat keterangan unsur Indonesia yang Dapat dikatakan cukup Jernih.

Tom Clancy’s Splinter Cell: Pandora Tommorow bercerita tentang negara Amerika yang memberikan Donasi kepada Timor Leste dalam melawan Grup anti-separatist di Indonesia bernama Darah dan Doa yang dipimpin oleh Suhadi Sadono.

Setting tempat yang digunakan game ini seperti Nusa Komodo dan Kota Jakarta, sudah sangat Jernih mempresentasikan unsur Indonesia didalamnya. Di Nusa Komodo, kita Dapat Menyantap rumah-rumah adat dan di Kota Jakarta kita Menyantap setting area yang berbentuk pasar dengan bentuk ruko tertutup.

Meskipun story game ini sangat menarik Buat ditelusuri, sayangnya game ini dibanned oleh pemerintah Indonesia karena ceritanya dapat menimbulkan kontoversial.

3. Just Cause 2

Just Cause 2
Just Cause 2

Konsep Primer dari game Just Cause 2 adalah Chaos In Paradise. Dimana Kepribadian Player bernama Rico Rodriguez akan Membikin kekacauan di Nusa yang indah. Meski story game ini terbilang Normal saja, Tetapi tak terlalu menjadi permasalahan karena kembali Kembali konsep gamenya, Yakni kekacauan adalah surga.

Sekalian seri Just Cause memang menggunakan Nusa fiksi sebagai setting gamenya, Tetapi di Just Cause 2 ini kita akan Menyantap beberapa daerah yang menggunakan campuran enviroment dari negara Malaysia, Singapore dan Indonesia. Bahkan beberapa nama-nama daerah di game ini juga menggunakan Bahasa Indonesia.

Terkadang kita akan mendengarkan beberapa Kepribadian di game ini berbicara dengan Bahasa Indonesia. Meskipun game ini memang Mempunyai unsur Indonesia, tapi jangan lupakan kalau Membikin kekacauan adalah tujuan dari game ini.

4. Sid Meier’s: Civilization VI

Sid Meier's: Civilization VI
Sid Meier’s: Civilization VI

Game berjudul Sid Meier’s: Civilization VI bergenre turn-based strategy ini memang sangatlah Terkenal dikalangan para gamer. Karena di game ini kita dapat membangun dan mengembangkan peradaban kita sendiri bedasarkan peradaban Asli di dunia Konkret.

Dari Sekalian daftar peradaban di game Civilization VI, Indonesia masuk ke dalam daftar peradaban yang dipimpin oleh ratu Gitarja. Sebenarnya Indonesia memang pernah muncul di seri kelima game ini Tetapi hanya sebagai DLC. Tetapi di seri ke-6, Indonesia hadir di gamenya.

Sama seperti game Kena, ratu Gitarja di game ini juga menggunakan voice over yang diisi oleh Dyah Febriani, menggunakan bahasa jawa Antik. Tipe bangunan, aset, kapal dan Surat keterangan lain di game ini sudah Dapat dikatakan cukup Presisi dengan budaya Indonesia.

5. Uncharted: Drake’s Fortune

Uncharted: Drake's Fortune
Uncharted: Drake’s Fortune

Salah satu game yang wajib masuk ke dalam daftar game keren yang mengandung unsur Indonesia selanjutnya adalah Uncharted: Drake’s Fortune. Game yang satu ini Dapat dikatakan terinspirasi dari Tomb Raider dan Indiana Jones.

Uncharted: Drake’s Fortune berfokus ke pencarian harta karun di tempat-tempat paling misterius dan tersembunyi di dunia. Bukan hanya Kepribadian kita saja yang berburu harta karun tersebut, Tetapi juga Eksis Grup perompak dari Indonesia yang dipimpin oleh Edi Raja.

Perompak Indonesia tentu saja setidaknya akan berbicara Bahasa Indonesia di gamenya meskipun Bukan banyak. Bahkan Eksis dimana sebuah scene dalam game dimana Kepribadian kita menggunakan Bahasa Indonesia Buat mengelabui penjaga dengan logat yang sangat kaku.

Bahkan di seri kedua game ini juga menghardirkan Borneo sebagai tempat yang akan kita kunjungi di dalam game. Jadi, kita Dapat tau kalau di Indonesia menyimpan banyak harta karun yang tersembunyi di dalamnya.

6. Tetris Effect

Tetris Effect
Tetris Effect

Mungkin kalian Bukan menyangka kalau salah satu game susun balok berjudul Tetris Effect juga masuk dalam daftar game yang terdapat unsur Indonesia. Game ini menghadirkan tiga OST di dalam journey mode yang Dapat kalian temukan di stage Jellyfish Chorus, Sunset Breeze dan Ritual Passion. Stage ini pastinya sangat cocok Buat dimasukkan ke dalam daftar game unsur Indonesia ini.

Musik di stage Jellyfish Chorus menggunakan alunan musik jawa yang kental dipadu dengan Bunyi sinden. Di Sunset Breeze kalian akan menikmati alunan Bunyi angklung dengan suasana stage yang menghadirkan kain batik sebagai pelengkapnya. Terakhir stage Ritual Passion, kalian akan disuguhkan musik dan tampilan tarian kecak dari bali yang dikombinasikan dengan musik EDM. Harus saya akui, Hydelic selaku composser di game ini sangat jenius Membikin OST game Tetris menjadi lebih keren.

Jadi itulah 6 game dengan unsur Indonesia yang Dapat kalian mainkan. Apakah Eksis game lain yang Mempunyai unsur Indonesia didalamnya yang Sepatutnya masuk ke dalam list ini?


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait Game Indonesia, game indie atau artikel keren lainnya dari Ifan Frans. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending