Rumus Excel – Teruntuk kalian-kalian yang Ketika ini Lagi aktif bekerja atau menuntut ilmu, tentunya kalian telah familier dengan aplikasi bernama Microsoft Excel. Bahkan, Aplikasi Pengolah Bilangan ini akan lebih sering kalian Guna Ketika memasuki dunia kerja, tentunya paham satu dua rumus akan dapat membantumu.

Membangun tabel, kelompokkan, urutkan, edit, Tamat eksekusi rumus-rumus rumit nan susah pun dapat kita lakukan melalui aplikasi ini. Bahkan termasuk di antaranya Membangun diagram dan grafik, dapat dimudahkan oleh Excel.

Nah, Buat memudahkanmu bermain Bilangan di aplikasi ini, berikut adalah Rumus Excel yang Normal digunakan dalam dunia kerja.

Apa Itu Microsoft Excel

Sebelum memasuki ke inti, tentunya Lagi Terdapat kalian yang bertanya-tanya Apa Itu Microsoft Excel. Nah, Microsoft Excel Adalah sebuah aplikasi yang Bisa mudahkan kita Buat lakukan olah data secara Lekas dan efisien, dan akan makin efektif bila dikombinasikan dengan rumus.

Rumus Di Microsoft Excel

Biasanya, anak-anak sekolahan dibekali ilmu ini Buat dapat persiapkan diri hadapi dunia kerja yang memang tuntut kepiawaian dalam gunakan rumus.

Rumus Excel Tak Melulu Harus Dihapal

Menghapal Rumus Excel tentunya dapat memberikan ruang ekstra yang dapat mempercepat eksekusi olah data dalam bekerja. Tetapi, kami Pasti bahwa tidaklah Seluruh rumus-rumus tersebut wajib dihapal, karena kebutuhan orang-orang tentunya akan berbeda-beda.

Contoh Rumus Di Excel

Tentunya, kita harus pandai memilah rumus mana yang kerap dipakai dalam dunia kerja, demi produktivitas yang lebih Bagus.

Penasaran? Di Rendah ini adalah beberapa rumus yang biasanya dibutuhkan.

1. SUM

Rumus Excel yang termudah menurut kami adalah SUM, di mana guna dari rumus ini ialah Buat jumlahkan Seluruh Bilangan terpilih. Contohnya, ketika kita Ingin menjumlahkan Bilangan dari sel C1 Tamat C10, maka rumus yang kita gunakan adalah:

=SUM(C1:C10)

2. AVERAGE

Rumus ini biasanya dipakai Buat menentukan rerata dari Seluruh Bilangan yang kita mainkan pada Microsoft Excel. Misalkan, kalian dapat mencari rerata harga bahan baku yang tertulis pada sel F3 Tamat F8, maka rumus yang dipakai adalah:

=AVERAGE(F3:F8)

3. MIN dan MAX

Sesuai namanya, Rumus Excel Min dan Max ini biasanya dipakai Buat menentukan nilai terbesar dan terkecil pada suatu kumpulan Bilangan. Contohnya menentukan total penjualan dari bulan Januari Tamat Juni yang dibuat dalam sel P8 Tamat P14, di mana kalian dapat gunakan antara dua rumus berikut:

=MIN(P8:P14)

=MAX(P8:P14)

4. VLOOKUP dan HLOOKUP

Buat kalian-kalian yang baru belajar deretan rumus yang Terdapat pada Microsoft Excel, tentunya rumus ini akan dinilai menyebalkan. Tetapi, Ketika kalian mahir gunakan rumus ini, kalian dapat manfaatkannya Buat mencari data secara vertikal (VLOOKUP) dan horizontal (HLOOKUP). Rumusnya adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(data1, tabel, kolom,[range])

=HLOOKUP(data1, tabel, kolom,[range])

Keterangan:

Data1 biasanya kita isi sesuai nilai yang diketik

Tabel bakal dipakai Buat jadi acuan dalam pencarian data

Kolom akan merujuk kemana kita ambil data

Range biasanya Bisa dikosongkan atau Bisa diisi ‘True’ bila tabelnya disusun berurutan, dan ‘False’ bila tabelnya tak berurutan

5. SQRT

Rumus Excel bernama SQRT alias Square Root ini bila ditranslasi ke Bahasa Indonesia dapat berarti akar sebuah nilai. Jangan salah, kalian Bisa manfaatkan fitur ini gantikan kalkulator loh, brott. Rumusnya dapat kalian lihat di Rendah:

=SQRT(165)

6. COUNT

Biasanya, rumus ini kerap dimanfaatkan Buat menghitung Terdapat berapa banyak sel berisikan Bilangan. Misalkan dari sel F1 Tamat K1 terdapat deretan Bilangan, kalian Bisa gunakan rumus ini:

=COUNT(F1:M1)

7. COUNTA

Sedikit berbeda dari rumus sebelumnya, Rumus Excel ini dipakai Buat hitung Terdapat berapa banyak sel berisikan data berupa Bilangan dan huruf. Bila kebetulan selnya Terdapat di A1 Tamat C1, maka rumusnya dapat kalian lihat di Rendah:

=COUNTA(A1:C1)

8. TRIM

Meski banyak yang nilai guna dari rumus ini cukup remeh, Tetapi jangan salah karena salah satu spasi dapat rusakkan Seluruh data. Nah, rumus ini dapat atasi masalah tersebut, yang sayangnya hanya Bisa diaplikasikan pada satu sel saja:

=TRIM(G5)

9. AND

Nah, rumus satu ini biasanya dipakai Buat menentukan kebenaran (True) atau kesalahan (False) dari data yang kita buat. Buat contohnya sendiri dapat kita Guna Buat mencari Mengerti apakah nilai 25 lebih besar dari 100, maka yang muncul akan False.

=AND(A3>25;A3

10. OR

Rumus satu ini Dekat sama dengan rumus sebelumnya, Tetapi bedanya, OR boleh memenuhi salah satu kriteria yang diminta Microsoft Excel. Contohnya antara lain Ketika kita mencari nilai dari sel H1 kurang dari 30, atau lebih dari 60, maka hasilnya akan muncul sebagai True.

=OR(H1

11. NOT

Berbeda dari And dan Or, rumus Not akan memunculkan jawaban True pada data yang sama sekali tak masuk kriteria. Contohnya Bisa ketika kita mencari nilai V1 lebih dari 85, yang mana bila nilainya kurang dari 85, maka hasilnya adalah True.

=NOT(V1>85)

12. CHOOSE

Meski tak terlalu Standar dipakai, Tetapi tak Terdapat salahnya Buat ketahui Metode kerja rumus di mana kita dapat menampilkan suatu nilai pada sekumpulan nilai. Misalkan nilai 1 Tamat 7 merupakan nama salah satu hari, maka rumus tersebut akan menempatkan nama yang Terdapat pada list tersebut.

=CHOOSE(index, nilai 1, [nilai 2],…)

13. PROPER

Nah, buat Anda yang sering typo, tentunya akan dapat manfaatkan rumus yang Bisa Membangun huruf pertama pada teks jadi Investasi. Metode gunakannya pun termasuk mudah, brott. Misalkan kita mau ubah ‘botol minum jamur’, maka rumus tersebut akan membuatnya lebih Bagus:

=PROPER(X1), dan akan keluar hasil ‘Botol Minum Jamur’

14. COUNTIF

Rumus yang tak kalah Krusial ini dapat kalian gunakan Buat hitung jumlah sel dengan kriteria yang sama. Semisal kalian Ingin cari kecenderungan orang memilih komputer atau laptop di sel L10 Tamat L90, maka kalian cukup ketikkan seperti di Rendah:

=COUNTIF(L10;L90;”Komputer”)

Nah, itulah dia beberapa Rumus Excel yang boleh Anda coba Buat mudahkanmu di dunia kerja.

Uncle Roger Excel Meme

Gimana, sudah siap bermain dengan tabel data?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending