Tips Beli SSD – Salah satu komponen Krusial di komputer Berkualitas itu PC desktop atau laptop adalah media penyimpanan. Dimana Begitu ini sudah tersedia SSD dan harddisk sebagai pilihan Esensial. Tetapi Tetap banyak yang awam tentang media penyimpanan yang satu ini.

Beberapa tahun Lampau mungkin Tetap banyak Dapat kita temukan harddisk sebagai komponen penyimpanan Esensial. Tetapi di tahun 2022 ini, harga SSD sudah menurun drastis. Menjadikan solid state drive pilihan yang lebih superior dalam beberapa hal.

Tips Beli SSD Biar Tak Salah Memilih

Solid-state drive tipe m.2 2280

Berikut Terdapat beberapa tips beli SSD yang wajib Paham agar Tak berujung menyesal kemudian hari. Mulai dari pemilihan jenis hingga bentuknya, Rupanya SSD itu juga Tak Dapat asal beli. Tanpa basa-basi lebih lanjut, mari kita mulai.

1. Pastikan Merknya

tips beli ssd
Pastikan merk terlebih dahulu

Banyak yang baru Mau mencoba memakai SSD dan Tak mencari terlebih dahulu apa saja merk yang sering direkomendasikan. Bukan menyangkut soal harga yang lebih terjangkau atau Tak. Pemilihan Solid-state drive yang memilki merk abal-abal Dapat berujung fatal.

Kalian Dapat saja menemukan SSD yang Tak punya garansi atau merupakan Solid-state drive PC hasil refurbish yang hanya diganti casing saja. Merk seperti itu juga biasanya menawarkan spek yang Tak masuk Pikiran dan realitanya setelah kita beli, Tak sesuai apa yang tertulis. Jadi selalu pastikan merk tersebut memang sudah terjamin kualitasnya atau layanan purnajualnya terpercaya.

2. Pastikan Tipe Slot yang Kompatibel

tips beli ssd
Pastikan Terdapat slot-nya dahulu

Setidaknya Terdapat dua tipe SSD yang beredar di pasaran sekarang. SATA dan NVMe. Kalau kalian Mau menggunakan Solid-state drive harus memperhatikan slot apa yang akan kalian pasang nantinya. SATA memberikan kecepatan yang lebih rendah dibanding NVMe dan Dapat dipasang di slot harddisk bagi kalian yang Tak mempunyai slot m.2 NVMe pada motherboard.

Sedangkan Buat NVMe sendiri punya kecepatan bervariasi tergantung generasi serta teknologi yang diusung. Hadirnya DRAM juga sangat membantu kinerja SSD tersebut dan membuatnya lebih Lekas. Solid-state drive laptop maupun desktop yang Mempunyai DRAM biasanya punya harga yang relatif lebih tinggi.

3. Kenali Jumlah TBW atau Terabytes Written

tips beli ssd
Jumlah TBW Solid-state drive bervariasi

Tips beli SSD berikutnya selain kapasitas dan merk, hal yang Tak kalah Krusial lainnya adalah TBW, Tetapi Tak banyak orang awam yang Paham. Sebenarnya TBW atau Terabytes Written adalah kapasitas data yang dapat ditulis atau rekam dalam Solid-state drive dan biasanya dalam hitungan TB.

Solid-state drive yang sudah mencapai Nomor TBW-nya Tak Dapat dimasukkan data Kembali dan hanya Dapat membaca data. Meskipun begitu biasanya jumlah TBW Dapat bertahan bertahun-tahun sebelum umurnya habis.

4. Kenali SLC, MLC, TLC, 3D NAND Flash

tips beli ssd
Jenis-jenis NAND pada Solid-state drive

Teknologi kapasitas SSD PC semakin berkembang. Kini sebuah Solid-state drive sudah Dapat menampung kapasitas Terabyte berkat teknologi NAND Flash yang selalu berkembang. Dari itulah muncul istilah SLC, MLC, TLC dan QLC.

SLC adalah single-level-cell dimana satu cell pada NAND Flash Dapat menampung 1 bit data. Biasanya SLC hanya digunakan pada Solid-state drive kelas industri dan Tak Dapat dijumpai di produk kelas konsumer.

MLC adalah multi-level-cell dimana satu cell Dapat menampung dua bit data. Kelebihan tersebut berarti menambah kapasitas yang dapat ditampung SSD tersebut. Kelemahannya data lebih riskan error dibanding SLC.

Sedangkan TLC atau triple-level-cell seperti namanya berarti Dapat menampung 3 bit data dalam satu cell. Seperti MLC, data yang tersimpan juga lebih riskan error dan menambah jumlah kapasitas Solid-state drive tersebut secara signifikan.

3D NAND adalah teknologi dimana chip NAND ditumpuk secara vertikal sehingga Dapat menambah kapasitas SSD tapi tanpa mengorbankan kestabilan dan penambahan biaya produksi. Alhasil, kalian Dapat menemui Solid-state drive sekarang banyak yang menggunakan teknologi ini.

5. Kapasitas Tak Sesuai Klaim Bukan Berarti Tertipu

tips beli ssd
Awas jangan Tamat salah sangka

Terkadang kita Dapat menjumpai kapasitas HDD atau SSD laptop atau desktop yang berbeda jumlah kapasitasnya secara real dibanding klaim di kotak penjualan. Misal kita membeli SSD berukuran 500GB tetapi ketika kalian pasang hanya terbaca 465GB di sistem operasi Windows kalian.

Sebenarnya yang terbaca di Windows adalah Gibibyte atau GiB Tetapi sistem operasi tesebut malah menuliskan GB atau Gigabyte. Dimana 500 Gigabyte Kalau dikonversikan kedalam Gibibyte adalah 465,6 GiB. Jadi sebenarnya kalian tetap mendapatkan 500GB hanya saja sistem operasi Windows yang menampilkan Metode perhitungan GiB.

Begitulah tips dalam membeli SSD yang perlu kalian perhatikan agar jangan Tamat salah pilih. Menurut kalian SSD PC yang pas itu punya kapasitas berapa, sih? Dapat Percakapan bareng ya.


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait TECH atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending