Bersiap… Yak! Maka komen toxic pun mulai berterbangan Keluarga-Keluarga! Niscaya banyak yang bilang, artikel apa ini? Sampah! ML itu apa?! Atau AoV itu game apaan?! ML game plagiat! Dan Seluruh kata-kata bijak dari mulai segala jenis hewan, organ-organ Krusial dalam tubuh dan kegiatan menghasilkan keturunan pun disebutkan.

Tapi sebelumnya ditahan dulu kalau mau mengucapkan kalimat-kalimat penuh Definisi itu. Karena sesungguhnya, selalu Eksis hal yang Dapat menyatukan 2 kubu yang selalu panas dan saling hujat satu sama lain. Kali ini kita akan bahas soal 5 Dalih yang Sebaiknya bikin fans ML & AoV itu damai, nggak saling hujat, nggak saling serang, saling menghargai, dan saling mencintai.

1. System Engine yang Sama.

Source: OnRPG

2 game yang Mempunyai fans fanatic di Indonesia ini memang dua game yang sama. Bahkan, beberapa sumber mengatakan bahwa kedua game ini membeli engine yang sama Buat kemudian Membikin game ML & AoV yakni Unity. Hanya pada pengembangannya yang masing-masing Mempunyai perbedaan. Berarti, sejatinya game ini lahir dari “rahim” yang sama.

 

2. Sistem kontrol yang sama.

Mobile Legends
Source: Mobile Legends

Ini yang banyak dihujat oleh Nyaris Seluruh gamer kayaknya. “Moba kok analog” iye nggak? Dalam hal ini ML dan AoV itu senasib sepenanggungan. Dua game ini sama-sama Mempunyai sistem kontrol analog. Jadi, kalau sama-sama analog, kenapa mesti berantem?

 

3. Arcana dan Emblem, sama sistem, beda nama.

JalaTikus
Source: JalanTikus

Kalian Seluruh yang main ML atau AoV Niscaya Paham soal ini kan? ML dan AoV itu sama-sama Mempunyai sistem atribut yang mirip. Hanya saja kalau di AoV disebut Arcana, kalau di ML disebut Emblem. Tapi keduanya punya sistem yang sangat mirip.

 

4. Big Monster yang Punya Guna yang Sama.

samuraigamers
Source: Samuraigamers

Mobile Legend punya Lord Buat menghancurkan tower musuh, dan Turtle Buat memberikan Duit. Sementara AoV punya Abyssal Dragon yang ngasih Duit, dan Dark Slayer yang ngasih buff. Coba dipikir, sama kan? Sejenis kan?

 

5. Map yang sama, persis malah.

rshafly
Source: rshafly

Ini adalah salah satu Dalih yang Sebaiknya bikin para player ML dan AoV menyadari bahwa mereka adalah 2 game yang sama dan Kagak Lalu-terusan menghujat satu sama lain. Map di kedua game ini Kagak Mempunyai perbedaan yang signifikan. Ya Terang saja, karena memang game ini adalah game dengan Aliran yang sama. Paling bedanya Sekadar di beberapa bangunannya aja.

Lewat apakah Seluruh kesamaan itu mengurangi ke-orisinalitas-an sebuah game? Kalau dalam teori penciptaan sebuah karya Eksis yang namanya Intertekstual yang artinya Seluruh karya yang muncul di dunia ini Kagak 100% Asli. Karya-karya itu Niscaya Niscaya Eksis mirip-miripnya dikit, terinspirasi, atau sejenis. Tapi apakah itu Dapat disebut plagiat? Buat Dapat memutuskan sesuatu itu plagiat, Eksis banyak hal yang harus dipertimbangkan. Jadi, Lagi mau berantem? Senasib kok berantem. Baikan gih, siapa Paham jodoh.

Trending