Waktu Bermain Game – Terdapat suatu masa dimana kalian merasakan kerinduan akan banyaknya waktu yang Pandai  digunakan Demi bermain video game. Tetapi, seiring dengan bertambahnya usia, waktu seperti itu sudah sangat jarang Pandai kita temukan. 

Berbagai hal mendasari kenapa kita jadi Kagak punya banyak waktu Demi memainkan video game. Mulai dari banyaknya kewajiban sebagai orang dewasa, hingga adanya beban mental yang mungkin Kagak pernah terpikirkan ketika Tetap belia.

Terkadang pun ketika kita Mempunyai sedikit waktu senggang, tidaklah pula waktu tersebut kita gunakan Demi bermain game. Mengapa Sekalian ini Pandai terjadi? Apa yang menyebabkan kita semakin malas dan Kagak seantusias dulu dalam memainkan game?

Waktu Bermain Game Berkurang dan Semakin Menghilang, Terdapat Apa?

Main game ketika bocil

Era penulis Tetap SD, bermain game adalah hal yang dilakukan setiap harinya sepulang sekolah. Waktu itu, belum ramai warnet dan yang banyak di Sekeliling rumah hanyalah rental PS2 dimana isinya Niscaya orang memainkan game bola.

Sebagai bocah yang menyukai game RPG pada masanya, penulis hanya Pandai berpuas diri dengan memainkan game PS1 di rumah. Sebagai gantinya, beratus-ratus jam Pandai dihabiskan hanya Demi memainkan seri Suikoden, atau Chrono series.

Begitu beranjak SMP, sudah banyak warnet mulai muncul dan mencuat ke permukaan. Dimasa itu pula penulis kenal dengan MMORPG yang legendaris di Indonesia. Sebut saja mulai dari Cabal Online, RF Online, dan bahkan Yulgang Online yang mana merupakan adaptasi dari manhwa legendaris Ruler of the Land.

Era game action RPG pun mulai bermunculan. Tahun 2010an kita mungkin mengenal Dragon Nest yang menjadi sebuah game action Terkenal pada masanya. Penulis Pandai menghabiskan waktu dari pulang sekolah sore hari hingga malam di warnet hanya Demi grinding dan mencari gear.

Curi-curi Waktu Main Game di Kantor

waktu bermain game
Main game Guna fasilitas kantor

Masa-masa yang sangat indah ini sekarang telah perlahan menghilang. Sejak tamat sekolah dan mulai perlahan memasuki kehidupan bermasyarakat, banyak tanggungan hidup yang absen ketika masa sekolah bermunculan.

Waktu kerja sangat menyita waktu karena kita harus berangkat pagi-pagi dan pulang ketika Mentari mulai terbenam. Beban psikis bercampur dengan penatnya tubuh mengubah suasana mental kita. Alhasil, kita jadi kehilangan niatan Demi memainkan video game.

Kalau kalian pernah Memperhatikan grafik Komparasi anak mudah dan orang dewasa seperti di Dasar, mungkin kalian Begitu ini merasa relate. Ketika muda kita punya banyak Daya dan waktu Tetapi Kagak punya Dana Demi melakukan hobi tersebut.

Semakin dewasa, kita punya Pendapatan Tetapi harus mengorbankan waktu dan tenaga hingga Kagak Tengah punya kesempatan Demi bermain game.

waktu bermain game
Kalian di fase yang mana

Tapi, namanya hobi tetaplah hobi ya. Memang penulis Kagak Tengah punya banyak waktu Demi lakukan grinding berpuluh-puluh jam hanya Demi satu gear dengan stat lebih Berkualitas sekian persen.

Tapi, penulis Tetap saja mencuri-curi waktu Demi memainkan game karena Kagak Ingin membuang hobi yang sudah dijalankan belasan tahun ini. Sebagai gantinya, mungkin hanya tersisa waktu beberapa jam saja dalam seminggu Demi memainkan video game. Alhasil, selera game kita pun ikut berubah karena itu.

Peralihan dari Game Hardcore ke Game Kasual

Fate Grand Order
Game “kasual”

Demi Pandai menikmati video game Tengah tanpa merasakan keterpaksaan, Terdapat baiknya strategi selama ini diubah. Perlahan Tetapi Niscaya kita harus mulai beradaptasi dengan keadaan kita. Improvise. Adapt. Overcome. Mungkin tiga kata legendaris ini cocok Demi menggambarkan kondisi penulis ketika itu.

Siaran baiknya adalah, mobile gaming mulai rame dikala itu. Judul game besar seperti Granblue Fantasy dan Fate/Grand Order baru saja mulai Terkenal di kalangan gamer.Sebagai game yang sejak awal ditargetkan Demi mobile, ia punya satu keuntungan yang krusial.

Karena game ini Pandai dimainkan Ketika saja hanya bermodalkan smartphone. Kagak perlu pula smartphone yang mahal Demi memainkannya. Mekanis, penulis Pandai Tengah Sembari mencuri-curi waktu ketika sedang Kagak sibuk di kantor dan memainkan game.

Kekurangan yang cukup fatal di game mobile tentu hanya satu, Adalah game tersebut adalah game gacha. Yang mana merupakan model game baru yang belum pernah penulis mainkan sama sekali.

Bukan sebuah kekalahan yang telak, Tetapi penulis harus membiasakan diri Demi Kagak selalu gacha di setiap banner Kepribadian baru. Taktik Demi selalu F2P adalah menahan diri dan hanya gacha di banner Kepribadian yang Akurat kita suka saja.

Nostalgia Video Game, Godaan yang Sangat Berbahaya

waktu bermain game
Sedih Diriku tu

Sebagai orang yang sepenuhnya bekerja full-time, kebebasan finansial adalah hal yang selalu Pandai kita nikmati hasilnya. Demi itu penulis mencoba Tengah kembali ke era dimana penulis bermain game di konsol.

Yang pertama terpikirkan tentu adalah PS4 kala itu. Pilihan game ketika itu pun cukup banyak dan bervariasi. Penulis langsung mencoba game first party yang Terkenal di masanya. Teladan saja God of War (2018) dan Horizon Zero Dawn. Tapi Terdapat suatu hal yang berbeda ketika memainkan kedua game tersebut.

Awalnya penulis mengira mungkin karena kedua game ini Kagak perlu grinding dan bukan game RPG, jadi terasa aneh. Penulis pun langsung mencoba game yang lebih hardcore Tengah, pilihannya Anjlok pada game Capcom yang tengah Terkenal ketika itu Adalah Monster Hunter World.

Awalnya antusias kembali hadir. Penulis Pandai dengan Segera naik ke High Rank dan menyelesaikan misi Istimewa. Sekarang yang perlu dilakukan hanya grinding Demi dapatkan armor dan upgrade saja, ‘bukan?

Perlahan tapi Niscaya, rasa burnout pun kembali terasa. Kebanyakan ini didasari oleh minimnya waktu bermain dan satu-satu hari dimana waktu bukan masalah adalah hari minggu. Ujung-ujungnya game terlantarkan dan kembali ke game mobile karena lebih praktis dimainkan dimana saja.

Kagak banyak yang menyadari, waktu adalah komoditi yang sangat terbatas. Selain waktu bekerja, kita juga harus menyeimbangkan dengan waktu istirahat yang cukup. Hingga rasanya 24 jam sehari sangatlah Kagak cukup. Demi sekarang penulis Tetap kesulitan Demi menyeimbangkan waktu Demi beristirahat, kumpul Serempak keluarga, dan waktu bermain game.

Mungkin tulisan di atas relate dengan kalian, mungkin juga Kagak. Kehidupan tiap orang memang berbeda-beda dan Kagak Terdapat salahnya Apabila kita harus mengorbankan suatu hal karena sudah saatnya kita tinggalkan.

Demi Begitu ini penulis hanya berharap hari dimana video game sudah Kagak menjadi passion Kagak akan tiba. Sekarang penulis harus Permisi dulu Demi mendownload game yang sudah dibeli pas Steam Winter Sale baru-baru ini. Semoga kali ini rasa burnout Kagak Tengah mencengkram ya brott.


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait Opini atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com.

Trending