Metode Vertical Livestream di YouTube – Livestreaming merupakan salah satu aktifitas yang Terkenal dilakukan banyak orang. Livestream pun Mempunyai berbagai jenis kegiatan mulai dari Daily activity, berjualan, dan juga bermain game.

Platform yang Terkenal di Indonesia Ketika ini salah satunya adalah YouTube. Pada umumnya, Livestream di Youtube menggunakan orientasi Landscape atau Horizontal. Tetapi belakangan ini, sedang Terkenal livestream menggunakan orienstasi Portrait atau Vertical.

Pada Artikel kali ini, Jagat Game akan memberikan Metode Vertical Livestream di YouTube yang dapat kalian lakukan sekarang. Tapi sebelum itu, mari kita bahas dulu apa itu Vertical Livestream.

Disclaimer: Artikel ini merupakan tutorial Buat melakukan Vertical Livestream YouTube menggunakan PC dengan aplikasi OBS atau Open Broadcasting Software. Pengguna juga dapat menerapkan guide ini di aplikasi lain dengan sedikit penyesuaian.

Apa itu Vertical Livestream?

Vertical Livestream

Vertical Livestream adalah livestream yang berbentuk portrait atau vertical. Livestream pada umumnya menggunakan orientasi Landscape karena menggunakan komputer sebagai alat Buat menyusun overlay dan penghubung ke platform live.

Tetapi seiring perkembangan teknologi, Smartphone juga kini dapat melakukan livestream. Dan pada umumnya, Livestream di Smartphone menggunakan Orientasi Vertical karena penggunaan perangkat tersebut yang biasanya menggunakan bentuk Portrait.

Keuntungan menggunakan Vertical Livestream di YouTube

Muncul Di Shorts Feed
Muncul Di Shorts Feed

YouTube Mempunyai beberapa bagian dan dipisah berdasarkan jenis video. Terdapat beberapa bagian Merupakan Video Lumrah, Shorts Feed, dan Livestream Feed. Vertical Livestream ini cukup bagus karena fitur ini masuk kedalam 2 bagian YouTube.

Dengan melakukan Vertical Livestream, video live Anda akan masuk di Shorts Feed dan Livestream Feed sehingga potensi Buat mencapai penonton-penonton baru sangatlah besar dibanding livestream Lumrah.

Para penonton Shorts ketika melakukan scroll video terkadang Pandai menemukan livestream Anda Apabila menggunakan fitur ini. Jadi, Apabila Anda Mau meramaikan livestream Anda di platform ini, fitur portrait ini sangat membantu Anda.

Tetapi perlu diingat bahwa menggunakan fitur ini hanya memaksimalkan pengalaman penonton pada platform mobile saja. Pengguna PC akan sedikit kesulitan menonton karena resolusi berubah dari Landscape menjadi Portrait sehingga pengalaman menonton menjadi kurang maksimal.

Metode Vertical Livestream di Youtube Menggunakan PC

Live Menggunakan Obs
Live Menggunakan Obs

Vertical Livestream juga dapat dilakukan menggunakan PC. Pengguna tentunya membutuhkan aplikasi live atau broadcast agar dapat melakukan livestream. Salah satu aplikasi yang free dan mudah digunakan adalah OBS atau Open Broadcasting Software.

Menggunakan OBS merupakan suatu kewajiban Apabila Anda Mau livestream terlihat menarik Karena aplikasi ini dapat menyusun bagaimana Livestream akan terlihat di layar para penonton.

Metode Setting Vertical Livestream di OBS

Cara Jadikan Layar Vertical Di Obs
Metode Jadikan Layar Vertical Di Obs

Berikut adalah Metode melakukan Setting Vertical Livestream pada aplikasi OBS:

  1. Pada aplikasi OBS, pilih menu Setting
  2. Kemudian klik menu Video
  3. Pada menu tersebut, Ganti Canvas Resolution menjadi 1080×1920 dengan Aspect Ratio 9:16
  4. Kemudian pilih Common FPS Value di 60 FPS
  5. Klik Apply dan Ok

Setelah melakukan Metode diatas, layar kanvas OBS nantinya akan menjadi Vertical. Kini Mari Setting Output agar Live Menjadi Fasih

Cara Membuat Live Menjadi Lancar
Metode Membangun Live Menjadi Fasih
  1. Pada aplikasi OBS, pilih menu Setting
  2. Kemudian klik menu Output
  3. Ganti Output Mode menjadi Advanced
  4. Pada bagian Streaming, Gunakan Video Encoder sesuai dengan Graphic Card
  5. Pada bagian Encoding Setting di Streaming, Ganti Bitrate menyesuaikan jaringan. Gunakan maksimal 75% dari kecepatan upload maksimal
  6. Klik Apply

Setelah melakukan setting ini, livestream akan berjalan dengan sangat Fasih ketika Anda melakukan live. Tetapi Lagi Eksis langkah lainnya yang perlu Anda lakukan Buat memperindah Live Merupakan dengan menyusun overlay. Buat hal ini, Anda dapat melakukannya sendiri menggunakan kreativitas Anda.

Itulah Metode melakukan Vertical Livestream di Youtube yang dapat Anda gunakan agar livestream Anda menjadi kekinian. Apakah Anda sudah siap melakukan Livestream? Kalian juga Pandai liat Livestream Jagat Game Apabila kalian penasaran seperti apa bentuk akhirnya, brott!


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait Tutorial atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com

Trending