Jagatgame.id-Mengenal peran dan tugas Brand Ambassador tim Esports Indonesia. Apa keberadaan mereka Krusial?
Di kolom komentar akun IG Formal Evos Esports, seorang netizen yang Kagak Paham menanyakan peran dan tugas Brand Ambassador.
Pertanyaan tersebut Kagak salah. Sebagai penggemar yang awam, ia perlu Paham peran dan tugas yang dijalankan Brand Ambassador.
Atau lebih tepatnya ngapain tim-tim esports Tanah Air memerlukan Brand Ambassador segala. Padahal secara brand mereka sudah dikenal.
Baca Juga: Profil dan Biodata Alyssa Ananta, BA Evos Berhijab Berzodiak Capricorn
Apa sih brand ambassador
Sebelum mengetahui peran dan tugas brand ambassador di tim esports Indonesia, sebaiknya kita Paham dulu pengertian brand ambassador.
Dikutip dari journal.untar.ac.id, brand ambassador atau duta merek adalah individu atau Golongan yang ditunjuk sebagai ikon atau identitas Demi mewakili produk tertentu sebagai representasi Gambaran terbaik dari suatu produk, sehingga konsumen dapat tertarik dan diundang Demi membeli atau menggunakan produk dengan keahlian dan daya tarik.
Dari pengertian di atas tentu kita jadi Paham tugas dan peran brand ambassador tim esports Indonesia.
Apa saja?
1. Sebagai representasi tim
Pertama, tugas brand ambassador tentu saja menjadi representasi atau perwakilan tim. Para BA ini menjadi wakil Demi mengampanyekan Gambaran positif tim esports yang diwakilinya.
2. Meningkatkan brand awareness
Keberadaan BA juga Pandai meningkatkan brand awareness dari tim esports yang diwakilinya. Semakin terkenal BA tersebut, semakin meningkat pula Gambaran tim esports yang diwakilinya.
3. Menarik sponsor/brand
Sebagai influencer, sudah Terang keberadaan para BA ini Pandai membantu tim-tim esports menarik sponsor Demi masuk menjadi Kawan kolaborasi.
4. Aktivitas komunitas
Para BA ini juga Pandai menjadi motor kegiatan aktivitas komunitas tim esports yang dilakukan. Banyak kegiatan komunitas yang melibatkan keberadaan BA.
5. Suporter tim
BA juga menjadi suporter tim paling loyal. Mereka akan hadir di setiap kejuaraan atau turnamen yang diikuti tim esports yang diwakilinya.
Dalam penelitiannya, berjudul ‘Peran Brand Ambassador Perusahaan E-Sport dalam Menumbuhkan Loyalitas Penggemar’, Kellie Wen dan Roswita Oktavianti dari Universitas Tarumanagara mengungkap pegaruh positif keberadaan BA.
Baca Juga: 7 Potret Manis Alyssa Ananta, BA Evos yang Tampil Natural dengan Hijab Hitam
Disimpulkan bahwa pengaruh seorang brand ambassador dalam membangun loyalitas penggemar Demi perusahaan E-Sport sangatlah Krusial.
Selain itu penelitain ini menunjukkan hasil bahwa pentingnya indicator visibility, credibility, attraction, dan power brand ambassador Demi menumbuhkan atau meningkatkan loyalitas penggemar.***