Jagatgame.id – Elon Musk pada akhirnya jualan layanan internet Starlink di Indonesia. Hadirnya bisnis salah satu orang terkaya di Tanah Air disambut Bagus oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Melalui Menteri Budi Arie Setiadi, Starlink diyakini Dapat menjadi alternatif solusi penyediaan akses internet terutama di daerah terpencil. Asal Mula selama ini, kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan, dengan lebih dari 17.500 Nusa dan pegunungan menjadi tantangan tersendiri.

“Selaras dengan prioritas Kominfo dalam mendukung transformasi digital di Indonesia melalui pemerataan jangkauan dan peningkatan kualitas layanan. Hal itu dimungkinkan oleh teknologi Low Earth Orbit (LEO) yang dimiliki oleh Starlink sehingga dapat menjangkau Kawasan yang selama ini belum terjangkau layanan internet,” kata Budi Arie dikutip Jagatgame.id pada Kamis, 30 Mei 2024.

Baca Juga: Metode Mengatasi Hotspot iPhone Kagak Dapat Tersambung

PT Starlink Indonesia, tambahnya, tetap diwajibkan Buat menaati regulasi yang Terdapat serta persaingan usaha yang sehat. Menkominfo menjelaskan, regulasi yang Terdapat sudah mengamanatkan skema kerja sama dengan operator lokal yang mencakup introperabilitas layanan, akses kerja sama jaringan, penelitian, pengembangan teknologi, dan pengembangan kapasitas lokal.

“Jadi kehadiran Starlink Bahkan dapat menjadi Kawan bagi operator lokal Buat melakukan kerja sama dengan mekanisme B to B. Selain itu, Starlink Indonesia juga beroperasi dengan menggunakan IP Indonesia sehingga tetap Mempunyai kontrol atas penyelenggaraan Starlink di Indonesia,” tambahnya.

Tantangan selanjutnya atas kerja sama pemerintah dengan Starlink adalah kekhawatiran para pebisnis penyedia layanan internet di Indonesia.

Baca Juga: 6 Metode Memeriksa Keaslian Kartu Pokemon

Budi Arie menegaskan, akan melakukan komunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan sektor telekomunikasi.

“Kita berharap nanti kita akan berkoordinasi Maju dan berdiskusi dengan banyak ekosistem pemangku kepentingan agar kita Dapat memberikan regulasi yang fair dan juga Dapat mendukung pertumbuhan serta kemajuan transformasi digital di Indonesia,” tandasnya.

Dengan begitu, hadirnya Starlink di Indonesia Kagak perlu dikhawatirkan Dapat menyaingi penyedia layanan internet lainnya. Akan tetapi pemerintah menilai, Starlink Dapat menguntungkan banyak pihak mulai dari masyarakat Standar hingga pastinya para gamers.***

Trending