Di masa sekarang bermain game sudah menjadi keperluan yang semakin lumrah. Bermain game Dapat menjadi suatu momen Kepada beristirahat sejenak dari penatnya menjalani kehidupan seperti bekerja dan kegiatan akademis misalnya. Metode bermain game sekarang pun sudah banyak jenisnya Bagus melalui smartphone ataupun komputer personal.

Tetapi Kalau membahas pengalaman bermain game yang optimal tanpa perlu ribet mengerti soal PC dan mencari experience yang lebih lengkap, tentunya Seluruh akan lari ke konsol game. Salah satu konsol yang Terkenal di Indonesia adalah Sony PlayStation. Konsol yang sudah Panjang menemani masa kecil kita ini sudah mencapai generasi ke-5 sejak hadirnya PlayStation 5 atau yang Normal dikenal dengan panggilan PS5.

Fakta PS5 yang Perlu Gamer Ketahui

Fakta konsol PS5 yang perlu kalian ketahui

Lampau apakah Eksis hal yang Istimewa dari PS5 sehingga membuatnya menjadi salah satu konsol yang paling diincar ketika hadir 2020 Lampau. Saking populernya, konsol ini Tiba susah dicari dan calon pembeli harus memenangkan lotere hanya Kepada mendapatkan kesempatan membeli konsol tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengenalkan beberapa fakta PlayStation 5 yang mungkin belum kalian ketahui. Daripada berbasa-basi, mari langsung kita mulai saja pembahasannya, yuk.

1. Ketika PS5 Pertama Kali Rilis?

fakta ps5
PlayStation 5

PS5 pertama kali rilis pada 12 November 2020 yang dibuat oleh perusahaan Sony Interactive Entertainment. Setelah di tahun 2019 alias setahun diumumkan secara Formal akan Eksis konsol pengganti PS4. Generasi ke-5 konsol rumah ini akan menjadi konsol Istimewa Sony sebagai current-gen Bertanding dengan Xbox Series X dan Series S.

Ketika awal perilisan konsol tersebut mengalami stok terbatas. Banyak toko game yang kehabisan stok dan harga pun melambung tinggi. Memang ketika itu dunia Tetap sedang di puncak pandemi Covid19 dan sedang mengalami chip shortage.

2. PS5 Punya Dua Versi

fakta ps5
Disc version (kiri) dan Digital version (kanan)

Biasanya ketika Sony merilis konsol mereka sejak PlayStation pertama, hanya menghadirkan satu varian saja. Tetapi berbeda Kepada PlayStation 5 karena kali ini Sony langsung merilis dua versi PS5 sekaligus.

Kedua versi ini Mempunyai jeroan yang sama dengan kemampuan komputasi sama sama persis pula. Poin yang membedakan hanyalah yang satu Mempunyai bluray disc drive alias Dapat menggunakan disc. Sedangkan yang satu Tengah hanya digital-only alias kalian Bukan dapat memainkan game menggunakan disc bluray tetapi melalui metode download. Tentu versi digital lebih murah dan hadir dengan ukuran lebih ramping.

3. Sudah Mendukung Resolusi Grafik Kelas Atas

layar 4k
Mendukung display 4K

Siapa bilang kalau konsol itu selalu punya performa yang jauh dari PC. Buktinya konsol PS5 kini Dapat memainkan game dalam resolusi 4K dengan maksimal refresh rate 120hz. Spesifikasi yang sudah Normal dan menjadi standar gaming di Era modern.

Bahkan sebenarnya PS5 sudah mendukung hingga resolusi 8K. Meski kalian Tetap belum Dapat memainkan Seluruh game di resolusi tersebut mengingat hanya Eksis 1 game yang Dapat mencapai resolusi 8K Merupakan The Touryst. Gaming di 4K saja sudah sangat jernih jadi Bukan adanya 8K juga bukan masalah berarti.

4. Dukung HDR dan VRR

variable refresh rate
Mendukung HDR dan variable refresh rate

PS5 juga sudah punya fitur yang lumrah hadir di mesin PC gaming. Sebut saja fitur anyar seperti HDR dan variable refresh rate. Beberapa fitur seperti itu absen di konsol sebelumnya PS4. Menjadikan pengalaman bermain game di konsol keluaran 2020 tersebut sudah sangat nyaman dan pastinya Bukan Tengah ketinggalan Era.

Fitur HDR sendiri memungkinkan Rona gambar terlihat lebih hidup dengan cakupan Rona lebih luas. Tentunya monitor atau TV kalian sudah harus punya fitur tersebut Kepada Dapat menikmatinya.

Sedangkan VRR atau variable refresh rate adalah refresh rate Bergerak yang sudah terlebih dahulu hadir di PC gaming. Game Dapat menyesuaikan jumlah refresh rate ketika diperlukan saja. Seperti HDR, pengguna harus menggunakan layar yang punya fitur G-Sync atau FreeSync.

5. Hadirkan Ray Tracing

ps5 ray tracing
Ray tracing

Belakangan ini memang ray tracing sedang jadi perbincangan hangat gamer. Fitur tersebut digadang sebagai teknologi mutakhir yang Membikin grafis di game lebih realistis. Wajar Kalau konsol juga harus Mempunyai fitur tersebut agar Bukan ketinggalan oleh PC gaming.

Kemampuan ray tracing Membikin Pengaruh pencahayaan dalam game menjadi lebih realistis dikarenakan game langsung melakukan simulasi Terang beserta pantulannya yang Membikin adegan lebih realistis dan Konkret.

6. DualSense dengan Fitur Keren

dualsense
DualSense dengan desain baru

Salah satu fitur Istimewa yang Eksis di PS5 adalah hadirnya controller DualSense. Sony tampaknya sudah menghentikan penamaan DualShock yang terakhir muncul bersamaan dengan konsol PS4 2013 Lampau.

Dengan lepasnya nama DualShock 4 dan bermetamorfosis ke DualSense, Sony juga menambahkan berbagai fitur khas dengan sentuhan premium. Seperti adaptic trigger yang memungkinkan tombol trigger di DualSense Dapat bekerja secara Bergerak menyesuaikan dengan apa yang sedang terjadi dalam game. Jadi Dapat saja kalian membutuhkan tenaga lebih kuat Kepada menekan tombol tersebut di kondisi tertentu.

Fitur unggulan satu Tengah adalah haptic feedback yang kini terasa lebih Konkret. Getaran ini Dapat beradaptasi dengan apa yang terjadi dalam game dan Mekanis memberikan getaran ringan yang halus atau getaran kuat pada kondisi tertentu. Jadi pengalaman bermain kalian terasa lebih Konkret.

7. Guna SSD Spesifik Super Kencang

ssd ps5
Butuh SSD Spesifik

Kalau Eksis satu hal yang Betul-Betul dibanggakan oleh Mark Cerny sang lead designer PS5, tentu Bukan lain adalah kecepatan media penyimpanan mereka. Mark Tiba menjelaskan bagian SSD ini secara Spesifik tentang bagaimana teknologi SSD mereka ini sedikit berbeda dan butuh spesifikasi lumayan kencang.

Menurut Mark, Kalau pengguna Ingin melakukan Pengembangan SSD bawaan mereka. SSD yang dipakai setidaknya sudah harus mendukung PCIe Gen4 x4 dengan interface m.2. Speed sequential pun harus minimal 5.500Mb/s dan punya sistem pendingin atau heatsink.

Jika dalam paket pembelian kalian disuguhi kapasitas sebesar 1TB, nyatanya hanya 825GB yang Dapat digunakan. Tapi tenang, Seluruh itu terbayar Kalau kalian mendengar kalau kecepatan membaca data 2GB Dapat dicapai dalam 0,27 detik saja. Bandwidth pun Dapat mencapai 5GB/s dan 9GB/s Kepada data yang sudah terkompres. Ucapkan selamat tinggal pada loading screen.

8. Backward Compatibility Kepada Game PS4

ps5 ps4 game
Dapat memainkan game PS4

Selain Dapat memainkan game baru dengan grafik terindah, Sony sepertinya juga mengerti banyak yang Tetap Mempunyai disc game PS4 entah sebagai koleksi ataupun memang game tersebut belum hadir di PS5.

Jadi siasat terbaik adalah Membikin konsol terbaru mereka ini Tetap tetap Dapat memainkan game PS4. Menurut situs Formal PlayStation sendiri, Eksis total 4000+ game PS4 Dapat dimainkan secara native di PS5. Jadi kemungkinan besar game PS4 yang Ingin kalian mainkan Tetap Dapat berjalan di konsol ini. Bahkan kalian Dapat menggunakan DualShock 4 ketika memainkan game PS4.

Bukan hanya itu, Eksis juga beberapa judul game yang mendapatkan free upgrade ke versi PS5 Kalau kalian sebelumnya pernah Mempunyai game tersebut di PS4. Jadi Bukan perlu keluar Duit dua kali Kepada mendapatkan game yang sama.

Tetapi banyak yang berharap PS5 Dapat mendukung game hingga konsol lawas mereka yakni PS3, PS2, atau PS1. Memang beberapa judul terbatas Dapat dimainkan secara cloud streaming, sayang sekali PS5 Bukan native support game konsol lawas seperti rivalnya Xbox Series X yang mendukung game hingga Xbox perdana sekalipun.

9. Desain PlayStation 5 yang Artistik dan Elegan

ps5
Desain PS5 yang elegan dan Istimewa

Kalau produk Xbox Series X dan S dari Microsoft tetap membawa Ciri khas tampilan boxy yang mengotak. Sony mencoba pendekatan yang berbeda di desain PS5. Bentuk badan dengan lekukan asimetris ini punya kesan bahwa PS5 ini Dapat sebagai pajangan museum dan Bukan akan Eksis yang merasa janggal sama sekali.

Desain kontemporer seperti ini memang menjadikan PS5 sebagai sebuah konsol Istimewa. Apalagi dengan paduan Rona putih dan hitam, dua Rona yang Independen dan berbaur dengan ruangan. Sangat Dapat buat setup ruangan menjadi lebih modern.

10. Dukungan Audio 3D agar Lebih Realistis

ps5 3d audio
Dukungan 3D Audio

Visual yang bagus saja tentu Bukan cukup Kepada menikmati game. Sony juga paham akan hal itu dan menyematkan teknologi 3D audio di konsol anyar mereka. Sony sendiri menamai teknologi mereka Tempest 3D AudioTech dan pengguna PS5 Dapat merasakan kualitas Bunyi 3D dari berbagai game mereka. Tentu saja kalian harus menggunakan headset yang kompatibel dengan fitur tersebut. Sebagai pelengkap, Sony juga menjual Pulse 3D wireless buat yang pengen coba fitur itu.

11.Berapa Harga PS5 Sekarang di Indonesia?

fakta ps5
Harga PS5

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, PlayStation 5 pun mengalami kenaikan harga masif diatas harga eceran yang disarankan. Meskipun begitu, Rupanya harga di tahun 2023 ini sudah sedikit membaik dan Sony sendiri sudah mengonfirmasi bahwasanya stok Kepada PS5 akan semakin banyak.

Kepada harga PS5 versi disc punya banderol sebesar Rp 9.400.000. Sedangkan Kepada versi digital sebesar Rp 8.200.000.

12. Game Library yang Bukan Kalah Panggil

silent hill 2 remake ps5
Silent Hill 2 Remake yang akan hadir di PS5

Membahas konsol tentu Bukan boleh melupakan library gamenya. Karena ya poin Istimewa dari membeli konsol adalah Kepada bermain game. List game pun harus game yang menarik perhatian gamer dan kalau Dapat Spesial.

Untung saja PS5 punya game yang Bukan kalah dari konsol rival seperti Xbox dan Switch. Karena targetnya home user, tentu pembeli PS5 adalah orang yang Bukan mau ribet memainkan game lewat PC dan Ingin lebih bersantai memainkan game Sembari duduk di sofa di ruang tamu. Game yang hadir juga sudah sebanyak 500+ judul. Itupun hanya game yang native di PS5 saja bukan yang backward compatible ataupun game PSVR. 


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com.

Trending