INDOGAMERS.ID – Rexus kembali meluncurkan lini DAXA, kali ini dalam produk keyboard. DAXA yang Pandai dikatakan sebagai lini premium dari Rexus ini memang telah unjuk gigi lewat DAXA Pro Wireless dan DAXA Air. Anda Pandai cek review mouse DAXA Pro Wireless kami sebelumnya Kalau penasaran. Produk keyboard di lini DAXA kali ini dinamakan Rexus DAXA M71 Classic dengan tagline Play with Style!.

DAXA M71 Classic datang ke dapur Tim Review IDGS dengan spesifikasi;

Dimensi : 330(P) x  102(L) x 37 ± 2mm (T)
Jumlah Tombol : 71 Tombol
Jenis Switch : Outemu (Blue, Brown, Red)
Hotswap : Ya (3 dan 5 Pin)
Lampu Latar : LED RGB
Material : Plastik ABS
Varian Rona : Elegant White dan Black Beauty
Konektor : Kabel USB 3.0
Sistem operasi : Windows  XP/VISTA/7/8/10, IOS, MacOS, Linux, Android

Kelengkapan Daxa M71 Classic

Dalam paket kemasan, kami mendapatkan;

  • 1 Keyboard¬† DAXA M71 Classic
  • 1 set Magnetic Keyboard Stand
  • 1 Kabel USB Type-C (Gold Plated Nylon-Braided)
  • 2 Keycap Tambahan (Esc dan Enter/ DAXA)
  • 4 Switch Cadangan
  • 1 Switch Puller
  • 1 Keycap Puller
  • 1 Kitab Panduan

Desain dan Build Quality

Pertama, mungkin Anda penasaran kenapa nama keyboard ini DAXA M71 Classic. 71 diambil dari jumlah tombol pada keyboard. Kata Classic Buat apa? Versi Classic adalah versi non PRO. Kalau Classic memakai kabel Buat konektivitasnya, versi PRO Pandai memakai bluetooth maupun kabel.

Layout keyboard berjenis TKL/ Tenkeyless, tanpa 10 tombol NumPad di sisi kanan. Keyboard ini Mempunyai arrow/ penanda arah. Secara spesifiknya, layout keyboard ini Bukan Paham saya katakan sebagai 65% atau 75%. Layout 65% Mempunyai arrow dan satu baris tombol ekstra. Begitu pula 75% dengan tambahan Kembali satu baris di mana tombol F1 12 yang berdiri sendiri. Dengan garis besar memakai layout 65% ditambah ekstra dua baris tombol dari atas ke Dasar di bagian kanan, mungkin ini Pandai dinamakan layout 70%. Sebuah layout yang Aneh. Kalau IDGS Mania Pandai memberikan informasi mengenai layout tersebut lebih Layak disebut sebagai apa, silakan beri Paham kami.

Tampilan depan belakang Daxa M71 Classic

Varian Rona yang Tim Review IDGS dapatkan adalah Elegant White, case dan keycaps berwarna putih dengan legends/ penanda tombol transparan tembus RGB. Keycaps berbahan ABS double-shot injection, Membangun tanda tombol Bukan akan luntur karena dikombinasikan dari lapisan yang berbeda. Menyoal keycaps ABS, sejauh ini memang materi terbaik Buat menampilkan backlit/ Terang LED di keyboard. Tingkat kenyamanan  bervariasi tiap pengguna. Kalau keycaps ABS terbaik dalam hal meneruskan Terang, keycaps ABS bukan yang terbaik bagi pengguna dengan tangan mudah berkeringat/ basah. Tetapi selama penggunaan beberapa hari, Bukan Eksis kendala berarti yang saya rasakan di kondisi normal, cukup nyaman.

Tampilan samping Daxa M71 Classic

Case DAXA M71 Classic memang menggunakan plastik, Tetapi Tetap cukup oke. Di bagian dua kaki depan ditanamkan magnet Buat menempelkan stand penambah tinggi keyboard. Stand Pandai terpasang dengan mudah, hanya saja memang kurang rekat Kalau dipaksa digerakkan. Tenang saja, stand bekerja dengan Berkualitas dan Konsisten Buat pemakaian normal. Salah satu faktornya adalah mounting plate kokoh dengan berat yang menambah kestabilan keyboard. Seluruh yang Eksis dipadukan dalam keyboard menciptakan sebuah build quality yang Berkualitas.

Konektivitas sudah memakai USB Type-C gold plated dengan kabel nylon-braided. Posisi USB Eksis di sebelah kiri depan. Menurut saya pribadi, saya lebih suka Kalau posisinya dirubah ke sebelah kanan. Ya, persoalan posisi tergantung juga dengan peletakan PC pengguna. Jadi, hal perkabelan ini memang subjektif.

Fitur

Hal terpenting yang menjadi bagian dari fitur DAXA M71 Classic adalah Hot-Swappable Switch. PCB keyboard ini sudah mendukung copot pasang switch tanpa proses solder. Dalam paketnya, M71 Classic disertai switch Outemu (blue/ brown/ red). Beberapa keyboard dengan bawaan Outemu switch Bukan Pandai diganti dengan switch lain karena socket menyesuaikan kaki switch yang lebih tipis dari switch lain. Info baiknya, saya sudah mencoba beberapa switch lain Merupakan Cherry MX, Gateron, dan Kailh. Semuanya Pandai masuk dan digunakan dengan normal tanpa proses Tertentu. Hot-Swap juga sudah mendukung switch 3 maupun 5 pin.

Hotswap Daxa M71 Classic & Misalnya pin

Keyboard lini premium Rexus ini dilengkapi fitur LED RGB. Eksis 19 mode pencahayaan di bagian muka dengan menekan Fn + Home. Salah satu mode menampilkan satu Rona yang terdiri dari 8 Rona dan tambahan 1 rainbow dengan menekan Fn + End. Di dua sisi samping, dilengkapi juga dengan fitur 9 mode RGB termasuk off dengan menekan Fn + Ins. Intensitas Terang Pandai diatur dengan menekan Fn + ‚Üë Buat menambah dan Fn + ‚Üì Buat mengurangi. Sedangkan kombinasi Fn + ‚Üê atau Fn + ‚Üí digunakan Buat mengurangi atau menambah kecepatan gerak lampu pada beberapa mode. Tak ketinggalan, LED akan Lanjut menyala dengan Rona putih di bagian tombol Caps Lock ketika Caps Lock diaktifkan. Kombinasi RGB muka dan samping Pandai dicek di video di Dasar.

DAXA M71 Classic dilengkapi software Buat mengatur beberapa kustomisasi. Dari apa yang Pandai dilihat, software keyboard ini pada dasarnya sama seperti beberapa mechanical keyboard. Sebut saja keyboard dengan inisial RK. Perbedaan hanya Eksis di gambar keyboard, background, dan logo identitas keyboard saja. Eksis 5 tab tersedia; Profile, Customize, Lighting, Gaming Mode, dan Macro. Kalau menggunakan software, Pengaruh pencahayaan akan bertambah satu Merupakan UserDefine. Pengguna Pandai secara manual mengatur pencahayaan per tombol.

Software DAXA M71

Performa

Sebelum ke bagian ini, saya menggunakan keyboard dengan wrist rest (sandaran atau bantalan pergelangan tangan) tambahan Buat mensejajarkan pergelangan dengan permukaan keyboard. Secara out of the box, performa diberikan DAXA M71 Classic dengan switch Outemu Brown cukup memuaskan. Persoalan switch memang hal yang Pandai menjadi subjektif, tergantung penggunaan Istimewa, dan tingkat kenyamanan yang didapatkan tiap pengguna. Saya tipikal yang Mau merasakan sentuhan/ tekanan Tetapi Bukan terlalu bising, maka saya pilihlah brown switch. Pengujian brown switch dari Outemu (bawaan), Outemu (non bawaan), Cherry MX, Gateron, dan Kailh pada keyboard ini, saya berikan juaranya (versi kenyamanan saya akan Pandai berbeda di pengguna lain) pada Outemu (bawaan).

Dekat Seluruh switch saya kembalikan ke Outemu (brown) bawan kecuali Buat tombol Space, Enter, dan Backspace. Ketiga tombol tersebut saya pasangkan dengan switch Cherry MX (brown) karena lebih nyaman. Bukan berarti Outemu bawaan pada ketiga tombol itu Bukan nyaman sama sekali, Tetapi memang saya kategorikan di tingkat kurang nyaman bagi saya, kembali ke selera. Hal yang sama ketika saya merasa kurang nyaman dengan Gateron (brown) yang terlalu smooth/ lembut Tetapi kopong (seperti Eksis kekosongan). Mengenai sesama Outemu (brown), saya merasakan Outemu bawaan terasa lebih pas dengan selera saya. Kemungkinan switch Outemu (brown) bawaan berbeda batch dengan Outemu (brown) lain yang saya pasangkan ke keyboard ini.

Tetap menyoal switch, versi DAXA M71 PRO dibekali switch Gateron (brown, blue, dan red). Saya Bukan Paham bagaimana performa switch Gateron pada versi PRO. Apakah sama seperti switch Gateron yang saya Mengenakan Begitu pengujian di versi Classic, ataukah berbeda batch, belum Pandai berkomentar banyak karena belum berkesempatan mencobanya. Tetapi pada dasarnya sejauh pengalaman, Gateron Brown lebih smooth daripada Outemu Brown. Kembali Kembali ke preferensi pengguna.

ABS keycaps bawaan terasa nyaman Buat penggunaan normal. Tetapi saya terasa sedikit terganggu ketika kondisi tangan saya mulai berkeringat/ berair. Akan terasa sedikit licin ketika berkeringat dalam kondisi mengetik Lekas pada keycaps ABS. Terbilang jarang terpeleset, tapi Eksis kalanya jari terpeleset dan menyentuh tombol lain. Buat kalian dengan tangan Bukan mudah berkeringat, keycaps bawaan DAXA M71 Classic sudah nyaman Buat digunakan. Tetapi bagi kalian yang mudah berkeringat, mungkin lebih Berkualitas menggantinya dengan keycaps lebih bertekstur seperti PBT. Ciri tekstur terasa seperti pasir lembut pada keycaps PBT akan membantu kalian Kalau mendapatkan masalah dengan keycaps ABS.

Ketika mengganti ABS ke PBT, akan mengurangi kualitas Terang yang dihasilkan pada legends/ penanda tombol pastinya. Apalagi pada keycaps dengan legends yang Bukan transparan. Selalu Eksis plus minus ketika melakukan kustomisasi. Bagi saya yang Bukan mementingkan fitur RGB, hal ini bukanlah masalah Kalau mengganti keycaps ABS bawaan ke PBT.

Bagaimana Bunyi yang dihasilkan dengan Outemu Brown + keycaps ABS bawaan? Pandai Anda cek di video Dasar ini.

Hal sederhana Tetapi tak jarang ditanyakan adalah Anti Ghosting. Buat bermain video gim dengan sentuhan banyak tombol, DAXA M71 Classic Terjamin seperti kebanyakan mechanical keyboard yang Bukan Mempunyai permasalahan ghosting. Memang Bukan Eksis keterangan Anti Ghosting pada kemasan, Tetapi sudah saya coba dan Bukan Eksis permasalahan dengan hal tersebut.

Sebagai tambahan, saya masukkan persoalan tombol Pause pada keyboard. Saya Pandai katakan keberadaan tombol tersebut Bukan Eksis gunanya. Dari pengetesan Buat multimedia dan bermain beberapa video gim, tombol Pause Bukan memberikan Pengaruh apapun ketika dipencet. Apakah ini cacat produk yang dikirimkan ke kami atau bukan, hal ini hanya Pandai dijawab pihak Rexus.

Ekstra

Di proses disassemble/ pembongkaran keyboard, ditemukan kode BT alias bluetooth pada PCB. Kalau nantinya akan Eksis versi non-kabel, kemungkinan akan menggunakan board PCB yang sama. Itulah pikiran saya sebelum mengetahui adanya versi PRO. Dan memang Betul setelah beberapa hari memakai, barulah kami ketahui versi PRO dengan bluetooth.

PCB Daxa M71 Classic

Info dari pihak Rexus, DAXA M71 Classic akan mulai dijual 2 Oktober 2020 dengan sistem Pre-Order di Bilangan Rp. 549.000,- dari harga normal Rp 999.000,-.  Menurut kami, Kalau Anda Pandai mendapatkan harga PO, keyboard ini layak Buat dicoba. Terutama bagi Anda yang baru memulai menggunakan mechanical keyboard Tetapi Mau langsung Pandai kustomisasi seperti pengantian switch tanpa ribet, keyboard ini Pandai menjadi pilihanmu. Sedikit tips, pastikan kaki switch pada posisi normal/ Bukan bengkok Begitu dipasang. Kalau bengkok, Anda Pandai luruskan dengan pinset.

Informasi lebih dan pembelian Pandai Anda cek di beberapa tautan berikut;

Rexus Official Store Website, Shoppe, Tokopedia, Lazada, dan Blibli.

Mantap Rexus DAXA!

 

(IDGS/ deJeer)

 

Trending