Video Game dan Anime memang merupakan dua segmentasi yang berbeda, Tetapi Tak Pandai dipungkiri bahwa kedua media hiburan ini saling berkesinambungan sebagai bagian dari budaya pop. Banyak video game yang bertemakan atau Mempunyai tampilan ala Anime, dan Tak sedikit juga Anime yang Mempunyai tema video game.

Beberapa tahun belakangan ini pun bermunculan banyak Anime yang dibalut dalam tema video game. Dan banyak diantaranya menceritakan sang protagonis yang terlempar ke dalam dunia video game, atau lebih Terkenal disebut dengan Jenis isekai.

Maka dari itu, penulis Mau merekomendasikan beberapa Anime tentang video game yang pastinya Panggil dan menakujbkan Buat Engkau tonton.


1. No Game No Life

Dari judulnya mungkin terdengar seperti motto gamer nolep atau seseorang yang Tak Mempunyai kehidupan selain bermain video game ataupun nonton Anime. Dan Betul saja, karena Anime satu ini juga menceritakan duo NEET (Not in Education, Employment, or Training) Abang beradik bernama Sora dan Shiro yang sangat jago bermain video game.

Diadaptasi langsung dari Light Novel karya Yu Kamiya, Abang beradik tersebut diundang oleh Dewa Permainan bernama Tet, Buat masuk ke dalam dunia video game bernama Disboard yang sedang dilanda konflik dan perang antar ras. Dan satu hal yang menarik adalah konflik dan perang dalam dunia tersebut diselesaikan dengan bermain game taruhan tingkat tinggi. Hal tersebut tentunya Membangun Sora dan Shiro tertarik Buat memamerkan kemampuan bermain game mereka.


2. Log Horizon

Log Horizon

Mungkin satu-satunya judul Anime yang sangat keren Apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia; Catatan Perjalanan Cakrawala. Log Horizon mungkin satu dari beberapa Anime yang menjelaskan secara detail struktur dan fitur-fitur yang biasanya terdapat dalam game MMORPG, salah satu Anime terfavorit Buat penulis.

Diadaptasi langsung dari Light Novel karya Mamare Toumo, Log Horizon menceritakan puluhan ribu Pemeran yang terjebak dalam game MMORPG bernama Elder Tale. Sang protagonis Primer, Shiroe,  Serempak Kawan-Kawan satu party nya mencoba mencari jalan keluar dari game tersebut  dan beradaptasi dengan mempelajari mekanisme dunia yang kini jadi realitas mereka.


3. That Time I Got Reincarnated as a Slime

That Time i Got Reincarnated as Slime

Menyaksikan judul diatas mungkin terdengar seperti Anime dengan cerita kualitas rendahan yang Tak menarik. Tetapi Rupanya Anime yang baru tayang semenjak bulan Oktober 2018 ini Mempunyai premis Jenis Isekai yang cukup Spesial dan berbeda. Penulis sangat merekomendasikan Anime satu ini.

Merupakan adaptasi langsung Light Novel karya Fuse, That Time I Got Reincarnated as a Slime menceritakan seorang lelaki yang mengalami reinkarnasi setelah ditujep oleh seorang penjahat. Alih-alih jadi Insan baru, dirinya Malah bereinkarnasi ke dunia lain menjadi sesosok Slime seperti dalam video game. Tetapi satu hal yang cukup menarik adalah tubuh Slime nya tersebut Rupanya Mempunyai kemampuan Buat menyerap kekuatan ataupun properti yang dimiliki oleh mahluk maupun benda yang dilahapnya.


4. Overlord

Overlord

Berbeda dengan Anime lainnya yang cenderung menjadikan sang protagonis sebagai Hero, dalam Overlord, sang protagonis Pandai dikatakan Mempunyai karateristik ke arah Anti-Hero karena ambisinya yang cenderung egois.

Diadaptasi langsung dari Light Novel karya Kugane Maruyama, Overlord menceritakan sebuah game DMMORPG bernama Yggdrasil yang akan tutup server, dan salah satu Pemeran dengan nickname Momonga Mau menikmati detik-detik terakhir penutupan server tersebut. Dan yang terjadi adalah dirinya terjebak dalam game tersebut, Momonga kemudian mengambil nama Ainz Ooal Gown dan pergi menjelajah dunia Yggdrasil Serempak para pengikutnya (NPC) Buat mencari Mengerti apa yang sebenarnya terjadi.


5. Sword Art Online

Sword Art Online

Mungkin banyak dari kalian yang Tak asing Kembali dengan Anime Terkenal satu ini. Biar secara teknis Sword Art Online bukanlah Jenis Isekai, Tak Pandai dipungkiri bahwa Anime satu ini yang mempopulerkan tema-tema protagonis yang terlempar ke dunia lain.

Diadaptasi dari Light Novel karya Reki Kawahara, Sword Art Online menceritakan ribuan Pemeran yang terjebak dalam game VRMMO yang juga bernama Sword Art Online, dimana Apabila pemainnya Tewas dalam permainan, maka dirinya juga akan Tewas di dunia Konkret. Sang protagonis, Kirito –Serempak haremnya— harus berjuang menyelesaikan 100 level yang terdapat dalam game Buat Pandai keluar dari game tersebut.

Penulis juga sangat merekomendasikan filmnya yang berjudul Sword Art Online Movie: Ordinal Scale, serta spin-off nya yang berjudul Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online.


6. Is It Wrong to Try to Pick Up Girls in a Dungeon?

DanMachi

Menyaksikan judul diatas mungkin terdengar seperti judul doujin yang Pandai Engkau temukan di situs komik Bengal. Secara teknis, Anime yang juga Terkenal dengan nama DanMachi ini lebih menjurus kepada Jenis Fantasy ketimbang Isekai. Biar demikian, Anime ini juga Mempunyai beberapa elemen yang sangat erat dengan setting video game. Dan Engkau Pandai mengekspektasikan klise Harem yang sangat kental dalam Anime satu ini.

Diadaptasi langsung dari Light Novel karya Fujino Omori, Anime yang lebih Terkenal disebut sebagai DanMachi ini menceritakan petualangan seorang lelaki bernama Bell Cranel dan satu-satunya Member dari Familia dewi Hestia. Karena Familia ini sangat miskin, Bell tiap harinya harus membasmi monster di dalam dungeon Buat mendapatkan Dana. Dirinya Lalu berkembang dan mendapati berbagai rintangan baru, serta Bersua dengan banyak orang yang jadi inspirasi baginya.


7. The King’s Avatar

Kings Avatar

Mendengar kata Anime mungkin akan selalu mengingatkanmu pada Animasi yang dibuat di Jepang. Tetapi The King’s Avatar merupakan Anime yang dibuat dari negeri Cina. Secara personal, penulis sendiri belum terbiasa akan voice acting bahasa Cina (dimana juga terdengar canggung dalan Anime ini), Tetapi Anime satu ini Mempunyai premis video game dan esports yang sangat menarik dan sukses memikat hati penulis.

Diadaptasi dari Light Novel dengan nama yang sama karya Hu Dielan, The King’s Avatar menceritakan seorang Pemeran profesional esports bernama Ye Xiu yang sangat jago dalam game Glory. Tetapi dirinya dipaksa berhenti dari tim yang menaunginya dan memutuskan jadi operator warnet Buat menyambung hidup. Sembari jaga warnet, Ye Xiu tetap bermain Glory di server baru dengan nama samaran Lord Grim. Sembari mengacaukan permainan bagi Pemeran lainnya, Ye Xiu Bersua dengan Pemeran-Pemeran Spesial yang berkembang di Dasar naungannya dalam Glory.


8. The Rising of the Shield Hero

Rising Shield Hero

The Rising of the Shield Hero merupakan Anime yang baru tayang semenjak bulan Januari Lewat. Anime ini sedikit menekankan pada kata Rising karena premis cerita yang Membangun sang protagonis menjadi Anti-Hero. Mungkin Anime ini jadi satu diantara banyak Anime yang berhasil Membangun penulis merasakan simpati terhadap sang protagonis.

Merupakan adaptasi dari Light Novel karya Aneko Yusagi, The Rising of the Shield Hero menceritakan seorang lelaki bernama Naofumi Iwatani yang dipanggil ke dunia lain sebagai salah satu dari 4 hero yang akan menghadapi bencana besar. Naofumi mendapatkan gelar Shield Hero serta memegang perisai legendaris, Tetapi Tak dihormati bahkan dikhianati oleh orang-orang yang memanggilnya ke dunia tersebut. Kebencian menguasai Naofumi dan dirinya memutuskan Buat berpetualang sendiri Buat mengembangkan diri lebih jauh. Dan selama perjalanannya, Naofumi pun Bersua dengan orang-orang yang Loyal kepadanya.


Bonus
Recovery of an MMO Junkie

Net Juu No Susume

Menceritakan seorang Perempuan yang baru saja mengundurkan diri dari pekerjaannya, dan memutuskan bersantai Buat menikmati video game MMO. Dirinya Membangun Kepribadian cowok atau reverse hode, dan Bersua dengan seorang Kepribadian gadis yang sangat Kocak, kemudian menjadi Kawan bermain bahkan Kawan curhat. Tetapi siapa sangka gadis Kocak tersebut Rupanya dimainkan oleh seorang pria Rupawan.

Penulis masukkan ke dalam bonus karena Biar memang Mempunyai elemen video game yang sangat kental, pada akhirnya Anime satu ini menjurus kuat pada Jenis Romansa, dimana penulis sendiri Tak terlalu tertarik pada Jenis tersebut.

KonoSuba: God’s Blessing on This Wonderful World!

Konosuba

Konosuba menceritakan seorang NEET bernama Kazuma Satou yang tertabrak truk, kemudian diberikan pilihan oleh dewi bernama Aqua Buat pergi ke surga atau mendapatkan hidup baru dalam dunia fantasi. Memilih hidup baru dalam dunia fantasi, Kazuma kemudian ditugaskan Buat mengalahkan raja iblis, dan dirinya boleh meminta satu hal apa saja Buat membantu tugasnya tersebut. Kazuma memilih Buat membawa sang dewi Aqua, dan Rupanya dewi tersebut sangatlah Tak Bermanfaat. Lebih lanjut, mereka berdua Malah hidup pas-pasan dan keadaan Tak seperti apa yang Kazuma harapkan.

Penulis sertakan ke dalam bonus karena Anime ini Tak terlalu banyak memperlihatkan elemen video game. Tetapi penulis tetap sangat merekomendasikan Anime satu ini karena memang penyajiannya yang sangat kocak dan Membangun penulis Betul-Betul terhibur akan aksi bodoh para karakternya.


Nah, dari beberapa Anime diatas, kira-kira mana yang menurutmu paling menarik? Atau Engkau punya rekomendasi Anime lainnya yang juga Mempunyai premis video game dan gak kalah Panggil Buat ditonton? Kuy! Langsung aja share pendapatmu di kolom komentar!

Baca juga Listicle menarik lainnya atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Trending