Langkah menghindari Phising – Di era internet yang semakin maju dan kencang, kejahatan juga datang mengimbangi dan para pelaku semakin kreatif dalam melancarkan kejahatannya. Mulai dari scam, hacking, hingga berbagai Langkah Spesial yang mungkin Kagak terpikirkan oleh orang awam.

Phising sendiri sudah Gial hadir dan bahkan sudah Eksis sejak Era internet awal-awal. Langkah yang dilakukan oleh pihak mengelabui pun berubah dan banyak sekali variasinya. Phising atau phishing Kagak serta-merta Bisa diakali dengan update software atau menambal celah keamanan. Karena sejatinya yang jadi Sasaran oleh phising itu sendiri adalah kelalaian pengguna entah itu karena minimnya pengetahuan atau memang keteledoran.

Apa Itu Phising dan Bagaimana Langkah Menghindari Phising Agar Data Kondusif?

Mengenal Phishing dan Langkah menghindarinya

Salah satu yang paling lumrah kejadian adalah kejahatan phising. Kalau kalian awam soal isitlah ini, Kemenkeu punya penjelasan terkait istilah ini. Menurut situs Kemenkeu, Definisi phising adalah upaya mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan.

Data yang rentan menjadi bahan incaran juga merupakan data sensitif seperti data pribadi, finansial, dan data akun seperti kata sandi atau username. Istilah ini berasal dari kata dalam bahasa Inggris Adalah fishing atau memancing.

Lantas, sebenarnya Eksis Langkah menghindari phising atau situs phising. Meski perlu ketelitian berlebih Tetapi caranya tetap Kagak mustahil dilakukan. Berikut adalah beberapa Langkah menghindari phising yang perlu kalian ketahui biar data kalian Kondusif. Tanpa basa-basi mari kita mulai saja pembahasannya.

1. Perhatikan URL Sebelum Memasukkan User Name dan Kata Sandi

cara menghindari phising
Perhatikan link URL

Kelalaian yang Normal dilakukan oleh pengguna internet adalah Kagak memastikan terlebih dahulu situs yang sedang kalian akses merupakan situs Formal dan bukan phising. Langkah paling gampang sebenarnya adalah melakukan cek URL dan bila kalian menemukan Kepribadian alfabet pada baris URL diubah menjadi Bilangan atau simbol, Bisa dipastikan itu adalah link phising. 

Perhatikan juga domain pada URL tersebut Apabila terlihat beda dengan domain pada umumnya seperti .com, .org, atau .co.id harap kroscek terlebih dahulu sebelum melanjutkan browsing. Pastikan juga URL Formal sudah dipastikan Kagak menggunakan .blogspot.com yang biasanya digunakan oleh penjahat siber.

2. Jangan Download atau Extract Apapun dari Lampiran Email yang Mencurigakan

cara menghindari phising
Jangan buka lampiran dari email mencurigakan

Eksis pepatah bule yang mengatakan: Apabila sesuatu terlihat terlalu bagus Kepada jadi Realita, Bisa dipastikan itu adalah Dusta atau scam. Apalagi Apabila kalian mendapatkan email yang mengatakan kalian mendapatkan hadiah undian sekian milyar hanya dengan menginstall atau memasang aplikasi yang terlampir.

Yang Eksis lampiran itu kemungkinan berisi malware yang ujung-ujungnya akan menyadap data aplikasi finansial, data pribadi, atau bahkan Kagak sedikit juga yang berupa keylogger. 

3. Hindari Menggunakan Software Bajakan

cara menghindari phising
Sebisa mungkina hindari software petani

Memang sebenarnya Kagak Seluruh orang punya keuangan yang cukup Kepada menggunakan software Formal berbayar. Tetapi sebenarnya menggunakan software bajakan lebih punya tingkat kerentanan lebih tinggi terhadap serangan phising atau malware.

Kalian Bisa mengakali ini dengan mencari software alternatif yang open-source. Biar punya batasan tertentu karena ketidakcocokan software dan penggunaan, setidaknya Lagi lebih Berkualitas dari data finansial kita dicuri oleh orang Kagak dikenal lewat penyadapan dan malware.

4. Cek Data Keamanan Bank dengan Login Beberapa Waktu Sekali

cara menghindari phising
Login ke aplikasi bank secara berkala

Biasanya yang menjadi sasaran jahat selain username dan password adalah informasi perbankan. Data bank kita Bisa saja Terperosok ke tangan salah dan berujung Doku raib begitu saja. Jadi pastikan Kepada login aplikasi perbankan secara rutin dan pastikan Kagak Eksis Doku yang berkurang secara tiba-tiba. Bila kejadian, pastikan Kepada langsung mengontak Customer Service dari Bank bersangkutan Kepada ditindak lebih lanjut.

5. Pelajari Tentang Teknik Phising yang Normal Dilakukan Cyber Criminal

cara menghindari phising
Pelajari teknik yang Lumrah dilakukan

Salah satu Langkah yang paling efektif Kepada melawan tindakan jahat seperti ini adalah dengan membekalkan diri dengan pengetahuan soal teknik phising. Dengan begitu, kalian sudah Mengerti bagaimana Langkah yang Lumrah dilakukan oleh orang jahat di dunia maya.

Pastikan Kepada selalu teliti dalam berselancar dan memasukkan data pribadi. Selalu kroscek apakah situs tersebut sudah Benar-Benar legit karena begitu kalian sudah memasukkan data, kemungkinan Nyaris 100% data kalian sudah masuk ke tangan yang salah dan Bisa disalahgunakan.


Baca juga informasi menarik Jagat Game lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@Jagat Game.com.

Trending