Industri game mobile dan dunia esports di Indonesia semakin hari semakin berkembang. Nyaris disetiap penjuru daerah Eksis anak-anak maupun orang dewasa yang memainkan game di smartphone mereka. Hal tersebut sejalan dengan dunia esportsnya. Banyak kita temui turnamen-turnamen game mobile amatir Tiba profesional kelas nasional diadakan di Indonesia.

Tetapi geliat bagus industri game mobile di Indonesia Tak sejalan dengan apa yang dialami industri game pcnya. Padahal game PC telah hadir di Indonesia sejak awal Sepuluh tahun 2000an dan mengalami puncaknya 10 tahun kemudian. Game seperti Point Blank, Ragnarok Online, Dragon Nest, Counter Strike Online, hingga Dota Allstar dahulu menjadi primadona masyarakat Indonesia. Warnet atau warung internet juga menjamur dan ramai dikunjungi oleh para gamer waktu itu.

Sayangnya waktu yang berjalan Membikin banyak perubahan termasuk perkembangan teknologi di Indonesia. Game-game bagus sudah dapat dimainkan didalam smartphone mereka tanpa harus pergi ke warnet Tengah. Apalagi game mobile dapat dimainkan dimana saja dan Ketika saja asalkan Eksis koneksi internetnya. Pemeran dan bermain Berbarengan dengan Sahabat-Sahabat tongkrongannya dan Membikin permainan menjadi lebih mengasikan.

Padahal di Eropa dan Amerika game mobile jarang dilirik oleh para gamer. Mereka lebih menyukai game PC maupun game console yang jauh lebih bagus akan kualitasnya Kalau dibandingkan dengan game mobile. Tetapi dikawasan Asia termasuk Indonesia, dimana komputer jarang dimiliki oleh banyak orang Membikin alternatif game adalah game mobile. Game-game mobile seperti Mobile Legends, AOV, PUBG Mobile, Free Fire, dan Auto Chess kini menjadi trend di Indonesia.

warnett

Hal tersebut pula yang Membikin warnet-warnet ataupun internet cafe semakin Panjang semakin Sunyi pengunjung. Meskipun dalam warnet menyediakan spek komputer yang Cakap dan juga disediakan wifi Tetapi para Pemeran game di Indonesia lebih memilih Kepada bermain game dalam smartphone mereka. Alih-alih memperluas pasar industri game PC di Indonesia malah semakin suram.

Pemeran game mobile di Indonesia juga Tak mementingkan kualitas grafik ataupun gameplay game yang dia mainkan. Asalkan game tersebut kompatibel dengan smartphone mereka dan banyak dimainkan oleh Pemeran lain di Indonesia sudah menjadi syarat yang Absah Kepada dimainkan. Apalagi Kalau dapat dimainkan Berbarengan-sama dengan Sahabat mereka.

Dengan berkembangnya teknologi sepertinya game mobile mempunyai masa depan yang cerah di Indonesia. Berbanding terbail dengan game PC dan warnet di Indonesia yang sepertinya harus rela tergusur karena game-game mobile. Para developer game mobile juga kini menargetkan pasar mereka kekawasan Asia termasuk Indonesia. Kita lihat saja apakan nantinya industri game PC dan warnet di Indonesia akan bertahan dengan Penguasaan game mobile yang sangat kuat.

Trending