Mengapa Ukuran Game PC Semakin Membengkak? Dan Terdapat Gak Sih Solusinya?

Ukuran Game PC Semakin Panjang Semakin Menggelembung

Kalian yang Lalu memantau perkembangan Siaran game baru yang akan dirilis seperti Red Dead Redemption 2 yang akan menyambangi PC serta Call of Duty Modern Warfare yang mendapat reboot serinya tentu memahami persamaan antara keduanya. Yaa, keduanya Mempunyai permintaan storage yang besar Merupakan di atas 150 GB-an Kepada tiap gamenya.

Hal ini tentunya menjadi masalah bagi gamer di seluruh dunia, apalagi di Indonesia dimana pendapatan para gamer-nya Kepada membeli hardware seperti HDD atau bahkan SSD Tetap sangat rendah. Plus ditambah dengan koneksi internet yang Tetap sangat terbatas terutama bagi mereka yang bertempat di luar kota-kota besar.

Lampau apa sebenarnya yang menyebabkan ukuran game-game ini Lalu membengkak setiap tahunnya? Terutama Kepada game-game yang dirilis di PC, karena konsol biasanya Mempunyai ukuran yang Enggak sebesar PC Kepada game yang sama.


Perkembangan yang Enggak Dapat Dihindari

Perbedaan grafis antara GTA San Andreas (2004) vs GTA V (2013)

Yang pertama tentunya adalah perkembangan video game itu sendiri. Setiap tahunnya video game Lalu berkembang di Dekat Seluruh aspek. Mulai dari grafik, ukuran map, panjang durasi cerita, animasi dan interaksi yang semakin kompleks, musik dan Bunyi yang semakin jernih dan aspek lainnya tentunya Membangun ukuran game membengkak. Plus aspek diluar gameplay seperti cutscene game yang kini biasanya menggunakan video berukuran 3840 x 2180 pixel alias 4K yang tentunya melipat gandakan ukuran video cut scene tersebut yang beberapa tahun Lampau biasanya Tetap menggunakan resolusi 1920 x 1080 pixel atau Full HD.

Bila Mau menjabarkan alasannya, maka kita Dapat memulainya ke grafik game yang diusung game-game sekarang. Kita tentunya Mengerti game-game seperti COD: Modern Warfare reboot serta RDR 2 membawa grafik yang Dapat dibilang hyper-realistis terlebih bila dibandingkan dengan grafik 5 tahun atau bahkan 10 tahun yang Lampau. Setiap obyek dalam game-game modern sekarang Mempunyai tingkat detail yang tinggi. Dekat Seluruh yang dipertunjukkan dalam video game telah menyerupai dunia nyatanya. Sebut saja detail Paras setiap Kepribadian, badan mereka, detail Kepribadian lain dalam game, detail benda-benda yang Terdapat di lingkungan dan sebagainya. Hal ini tentunya memang menjadi tuntutan para gamer terhadap para pengembang, dan disamping pengerjaan model 3D obyek-obyek ini yang semakin mendetail dan rumit, hal ini Mempunyai konsekuensi ukuran dari obyek-obyek tersebut juga semakin besar.

perbandingan
COD: Modern Warfare yang mendapat remastered dengan model, texture, hingga pencahayaan baru

Belum Tengah Kepada Membangun model Kepribadian atau lingkungan yang Terdapat tampil realistis maka implementasi tekstur yang digunakan dalam video game semakin besar dari segi ukuran Kepada mengejar detail Kepribadian yang tajam. Meskipun Tetap Enggak terlalu banyak gamer yang memainkan game PC mereka di resolusi 4K, sama seperti masalah cut-scene para pengembang game biasanya kini memasukkan teksktur berukuran 4K ke dalam data gamenya. Yang tentunya membengkakkan ukurannya meskipun Enggak digunakan. Dan itu Tetap sebatas tekstur dasar dimana di game-game modern ditambahkan Berbagai Macam-macam tekstur tambahan seperti diffuse texture, normal map texture, specular texture Kepada Membangun objek dalam game tersebut terlihat lebih realistis.

READ  Kenapa Sistem FUP Internet di Indonesia Merupakan Hal Jelek Bagi Konsumen?

Audio atau Bunyi juga Rupanya andil bagian dalam pembengkakan ukuran video game. Dengan semakin tingginya kualitas audio yang digunakan Kepada setiap aspek dalam video game dan tentunya semakin kompleks juga varian audio yang digunakan Kepada setiap adegan dalam video game juga menyebabkan ukuran game semakin besar. Belum Tengah dengan kini adanya teknologi surround yang digunakan di speaker atau bahkan headphone/headset yang digunakan para gamer, dimana setiap Bunyi disimulasikan sesuai dengan Posisi asal suaranya tentunya Membangun para pengembang harus Membangun setiap Bunyi yang muncul dalam gamenya Dapat disimulasikan agar imersi Pemain tetap terjaga. Tetapi untungnya Enggak seperti tekstur dan model yang Enggak dapat dikompres sehingga ukurannya Benar-Benar membengkak secara signifikan. Audio Tetap dapat dikompres dalam data instalasinya.


Platform PC yang Enggak Mempunyai Batasan

fhbfbgh
Dekat setiap tahun, teknologi PC Lalu berkembang

Kemudian penyebab lain adalah platform PC itu sendiri. Niscaya banyak yang mempertanyakan bagaimana Dapat platform yang digunakan Kepada memainkan game menjadi penyebab ukuran gamenya membengkak? Penjelasannya adalah bagi para pengembang game, platform PC Enggak Mempunyai batasan penyimpanan atau storage. Berbeda dengan konsol yang Mempunyai keterbatasan storage sehingga para developer mengusahakan Kepada mengkompres data instalasi gamenya agar Tetap Mempunyai ukuran yang terhitung “masuk Pikiran” bagi para pemilik konsol. Di PC Enggak Terdapat batasan Kepada berapa ukuran maksimal yang Dapat dimiliki oleh game, dan juga Enggak Terdapat “charge tambahan” dari toko-toko game digital seperti Steam dan Epic Games Kepada game yang berukuran ‘jumbo’ tentunya Membangun developer Enggak perlu pusing-pusing mengkompres data instalasi game mereka.

Karena di lain pihak proses kompresi ini biasanya memakan waktu Enggak sedikit dan Membangun para pengembang ini beresiko telat dari deadline yang Sebaiknya. Dan tentunya kalian juga paham bagaimana reaksi para gamer ketika mendapati game-game yang mereka tunggu harus ditunda. Belum Tengah dari pihak Publisher yang tentunya punya perjanjian ketat dengan para pengembang. Sehingga para pengembang tentunya memprioritaskan gamenya Kepada dapat selesai Benar waktu dan dapat dipasarkan sesuai perjanjian awal ketimbang harus menghabiskan waktu Kepada Membangun gamenya lebih kecil 10-30% dari ukuran aslinya. Apalagi seperti yang kita telah bahas sebelumnya, Dekat Seluruh aspek dalam video game kini menjadi lebih kompleks dan mendetail. Pengembang tentunya Enggak akan mau mengambil resiko Kepada memikirkan ukuran ketika kesalahan kecil saja Dapat menyebabkan bug/glitch yang merusak gamenya nanti ketika dirilis.

READ  Argumen Kenapa Blue Archive Terkenal Belakangan Ini

Solusi yang (Mungkin) Dapat Diambil oleh Para Pengembang

developing

Lampau, apa sih solusi yang Dapat dilakukan sebetulnya oleh para pembuat game ini? Mengingat kedepannya kelihatannya ukuran dari game-game yang Terdapat akan Lalu melambung dengan Berbagai Macam-macam teknologi baru yang ditawarkan. Solusi paling mudah bagi para gamer PC tentunya adalah Kepada sering-sering menabung Kepada Lalu membeli HDD/SSD baru, serta mencari penyedia layanan internet yang lebih Dapat diandalkan Kepada mengurangi waktu download yang Panjang. Tetapi tentunya ini memberatkan Enggak sedikit gamer ketimbang menyelesaikan masalah Istimewa.

Sebenarnya Terdapat beberapa hal yang mungkin Dapat dilakukan oleh para pengembang ini Kepada setidaknya mengurangi beban dari para gamer Kepada mendownload file game yang besar. Merupakan salah satunya adalah para pengembang memberi kebebasan pilihan bagi para Pemain PC Kepada mendownload file yang mereka butuhkan dan Enggak perlu mengikutsertakan file-file yang mungkin Enggak mereka butuhkan.

texture pack
Game Middle-earth: Shadow of War yang Membangun texture resolusi tinggi terpisah

Teknisnya adalah dalam game terdapat beberapa file yang sebenarnya Dapat ditinggalkan. Anggap saja Texture Pack 4K yang tentunya Dapat dilewatkan ketika kita hanya memainkannya di resolusi Full HD. Kemudian Terdapat juga cut scene 4K yang terkadang terpisah dari cut-scene standar yang beresolusi Full HD yang kadang dirasa Enggak Krusial dan mungkin Dapat Enggak didownload. Dalam satu game juga biasanya berisi beberapa Macam-macam bahasa yang selain mengubah bahasa dalam UI gameplay-nya juga mengubah bahasa percakapan dalam gamenya. Audio dalam bahasa-bahasa asing ini tentunya Enggak terlalu Bermanfaat karena mayoritas gamer akan memainkannya dalam satu bahasa saja yang mereka pahami.

Dengan Mempunyai opsi Kepada Enggak mendownload file-file di atas tentunya gamer Dapat menghemat beberapa hingga belasan Giga ketika mendownload game. Serta Dapat memotong waktu download yang lebih panjang. Metode ini sendiri konon katanya akan diimplementasikan di Playstation 5 yang akan dirilis tahun depan dimana gamer bebas memilih apa saja yang mereka Mau download.


Sudah Terbukti Tetapi di Tempat yang Salah

torrent
Anda Mempunyai pilihan Kepada memilih file apa saja yang akan Anda download

Lucunya Metode seperti ini sebenarnya telah diimplementasikan sejak Panjang bagi para gamer PC. Yang ironisnya telah dilakukan oleh para pembajak yang menyediakan game-game tersebut lewat Torrent. Kalian yang mungkin familiar atau setidaknya Mengerti ketika mendownload dari Torrent Niscaya mengetahui bahwa di awal Anda akan diberi pilihan folder atau file mana saja yang akan Anda download. Dan disitu Anda Dapat mendapatkan size yang lebih kecil dari file yang akan Anda download.

READ  Tamat Bilaman Ragnarok Bakal Lalu Di Milking?

Belum Tengah para pembajak ini biasanya nanti akan tersedia dalam bentuk “Repack” atau versi kompres dengan ukuran yang lebih kecil Tengah dari game file aslinya. Memang versi repack ini Mempunyai konsekuensi membutuhkan waktu yang Panjang dan hingga berjam-jam Kepada mengembalikan file-file yang telah dikompres. Tetapi hal ini bagi sebagian orang lebih Bagus Kepada Mempunyai proses instalasi yang Panjang ketimbang harus mendownload lebih Panjang dan pastinya dengan lebih banyak data. Steam sebenarnya mengimplimentasikan sistem kompresi file serupa ketika mendownload game, sehingga bila Anda perhatikan Anda akan mendapati besarnya file yang Anda download lebih kecil dari file akhir dari game atau kebutuhan storage yang ditulis di halaman gamenya. Tetapi sayangnya Steam Tetap belum Mempunyai fitur memilih file mana saja yang hendak didownload.


Solusi Lain yang Tengah Digalahkan

stadia
Banyak pihak yang mulai mempromosikan cloud gaming di luar maupun di dalam negeri

Pilihan terakhir bagi PC gamer Kepada menghadapi besarnya file yang harus didownload ini adalah beralih ke Cloud gaming yang kelihatannya akan mulai didorong oleh berbagai pihak. Cloud gaming sendiri Mempunyai kelebihan dimana Anda Enggak harus mendownload game yang Anda akan mainkan, bahkan Anda Enggak memerlukan upgrade hardware seperti kartu grafis atau prosesor Kepada memainkan game-game terbaru. Tetapi tentu Terdapat resiko dimana cloud gaming ini membutuhkan internet yang selain kencang Tetapi juga harus Konsisten yang mungkin Tetap sangat berat bagi beberapa gamer.

Kepada sekarang mungkin Enggak Terdapat solusi Konkret lain yang Dapat diambil oleh para gamer PC selain mengikuti perkembangan file game yang Lalu berkembang dan membesar. Konsol pun sebenarnya juga Enggak Dapat dibilang Terjamin karena ukuran game dalam konsol juga Lalu membengkak. Dengan munculnya konsol next-gen tahun depan, dan PC yang Lalu dikembangkan mungkin nantinya Terdapat solusi Kepada mengecilkan atau mengoptimalkan ukuran game yang digunakan. Atau sebaliknya mungkin kedepan Terdapat solusi penyimpanan yang lebih murah dan ramah kantong Kepada menampung game-game yang berukuran jumbo tersebut.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Opini atau artikel-artikel gak Lumrah lainnya dari Galih K.A. Contact me at galihka@Jagat Game.com