IDGS – Tamat Demi ini, kita Lagi belum Paham Ketika pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) akan berakhir. Adapun dengan kebijakan-kebijakan pemerintah seperti Work From Home dan Study From Home Lagi Lanjut berlangsung hingga Demi ini. Tetapi hal tersebut Tak menyurutkan antusiasme publik Kepada Lanjut berkarya dan beraktivitas. Salah satunya dalam ajang cipta game Ayo Bikin Game di Rumah Aja yang digelar selama empat hari, mulai Lepas 2 April hingga 5 April 2020 kemarin.

Ajang cipta game Ayo Bikin Game di Rumah Aja adalah sebuah inisiatif dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Clevio, serta didukung oleh Garena, Maingame.com dan Telkomsel. Mengusung tema Mari Berbarengan Melawan Covid-19: Hidup Rapi, Sehat, dan Panggil, ajang ini bertujuan Kepada membantu sosialisasi bagaimana melawan, mencegah, dan meminimalisir pandemi ini melalui sebuah media interaktif yang Pandai diakses siapa saja, Merupakan video game. Diharapkan video game hasil dari ajang cipta game ini Pandai menjadi komplemen dari media konvensional Kepada mensosialisasikan Metode-Metode pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 ini.

Ajang ini sendiri dibagi menjadi beberapa kategori, Junior (Kepada siswa SD, SMP dan SMA/SMK) dan Mahasiswa/Lumrah. Masing-masing peserta diharuskan Kepada membentuk tim dan bekerja sama selama empat hari Kepada menghasilkan sebuah purwarupa game yang Pandai dimainkan. Dan Kepada mendukung gerakan #dirumahaja yang digaungkan pemerintah, Sekalian aktivitas dan komunikasi dilakukan secara online, tanpa harus keluar rumah.

Lebih dari 200 Game Tercipta, Voting Game Terfavorit Mulai Dibuka

Selama empat hari Penyelenggaraan, tercatat total Terdapat 238 karya tercipta dari kedua kategori tersebut. Rinciannya Terdapat 131 karya dari kategori Lumrah dan 107 karya dari kategori junior. Semuanya merepresentasikan tema yang diusung, serta membawa pesan edukasi penanggulangan Covid-19 yang informatif. Dan karena berbentuk media interaktif video game, tentunya disajikan dengan Metode yang menyenangkan.

Ajang ini Pas-Pas menarik antusiasme dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tercatat, peserta termuda dari ajang ini adalah seorang anak kelas 2 SD berusia 7 tahun. Lampau pesertanya juga tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari ujung barat Langsa di Banda Aceh hingga Malili di Luwu

Timur. Bahkan Terdapat juga seorang mahasiswa Indoensia peserta kategori Lumrah yang tengah menempuh pendidikan di kota Kitakyushu, Jepang ikut serta Membikin game di acara ini.

Selanjutnya, voting Kepada menentukan karya terfavorit sudah dibuka Kepada publik. Kepada memberikan voting Pandai langsung melalui Instagram dengan memberikan like di unggahan yang menggunakan hashtag #ayobikingame dan #dirumahaja. Akun Instagram AGI dan Clevio juga akan rutin me-repost game-game peserta di Instagram Story selama masa voting berlangsung.

Voting dibuka mulai Lepas 6 April 2020 dan akan ditutup pada Lepas 10 April 2020 pukul 12.00 WIB. Game dengan jumlah like terbanyak akan dinobatkan sebagai game terfavorit, dan akan diumumkan pada Lepas 13 April 2020 bersamaan dengan pengumuman game-game terbaik pilihan juri. Informasi lebih lanjut mengenai Ajang Cipta Game Ayo Bikin Game di Rumah Aja Pandai langsung mengunjungi halaman resminya di https://agi.or.id/ayobikingame.

(OAA/IDGS)

sumber : press rilis AGI

Trending