Banyaknya portal digital dan informasi di Era sekarang Membangun eksistensi bacaan konvensional semakin tergerus eksistensinya, tak terkecuali pula Buat majalah. Di masa Lewat, sebelum internet berkembang pesat seperti sekarang ini, satu-satunya sarana bagi pembaca Buat memperoleh informasi terbaru terkait hobi yang mereka tekuni adalah melalui majalah.

Terbit setidaknya sebulan sekali, majalah semakin kurang dinilai efektif Buat menyampaikan informasi. Akibatnya, kini majalah-majalah yang dulunya pernah eksis di Indonesia perlahan menghilang, tak terkecuali juga majalah yang membahas industri game sendiri. Harus diakui, mungkin sebagian besar dari kita tumbuh Berbarengan majalah-majalah game ikonik yang pernah mewarnai hari kita sebagai gamer. Telah hadir sejak tahun 1990-an, majalah-majalah legendaris tersebut telah belasan tahun menemani para gamer Indonesia, hingga akhirnya mulai pudar dan gulung tikar di tahun 2010 – 2014-an.

Eksis banyak majalah game keren yang pernah mewarnai perjalanan gamer di Indonesia, mulai dari Hot Game, Gamestation, Ultima, PC Gamer, Zigma Omega, dan Tetap banyak Kembali. Bagi kami sendiri, Eksis banyak sekali kenangan yang ditinggalkan oleh majalah majalah tersebut. Kami Tetap ingat betul di setiap bulannya Buat menantikan edisi terbaru dari Hot Game misalnya, yang selalu memberikan walkthrough mendalam, informasi, giveaway, dan bonus poster yang siap menjadi hiasan dinding Ruangan.

IMG 20200127 154834
Zigma Omega.

Hot Game dulunya juga jadi majalah yang kerap kali membawakan edisi spesial terkait sebuah franchise, dimana dalam sebuah edisi Tertentu, mereka akan membawakan pembahasan tuntas sebuah franchise dari awal hingga akhir. Tak lupa juga tentunya mereka akan memberikan bonus menarik terkait franchise yang mereka bahas, seperti dalam edisi Metal Gear Solid dan Yakuza ini misalnya.

IMG 20200127 155508Majalah-majalah jadul dan legendaris tersebut Pandai memberikan keunikannya masing-masing yang selalu Membangun para pembaca merasa betah dan tertarik. Gamestation juga misalnya, di pertengahan hingga akhir tahun 2000-an mereka selalu menghadirkan bonus kaset menarik, kaset tersebut biasanya berisi konten-konten yang disampaikan dalam bentuk video bertajuk “GameTV”.

Salah satunya adalah “video ancur” – parodi game kocak yang diperankan oleh para crew Gamestation itu sendiri (mungkin sebagian mantan crew Gamestation Dapat sedikit bernostalgia bila membaca tulisan ini). Selain itu, majalah tersebut biasanya juga sering membawakan komik singkat yang tak hanya Kocak, tapi juga terlihat keren.



IMG 20200127 155215
Komik Aneh dari Gamestation yang tiap karakternya mewakili para crew dari Gamestation itu sendiri.

Tetapi sayangnya, dibalik popularitas tinggi di masanya, kini sepak terjang majalah-majalah jadul legendaris tersebut harus terhenti. Kami sendiri Maju terang merasa bangga dan senang pernah menjadi saksi mata pertumbuhan media game cetak yang pernah eksis di Indonesia.

Seluruh kenangan yang sempat tertanam akan selalu teringat, terimakasih telah mewarnai masa Lewat kami dengan segudang konten yang menarik. Misalnya sebuah semangat dunia jurnalisme yang Dapat kami – Jagat Game sebagai portal game digital Ketika ini Dapat perjuangkan dan teruskan.


Baca juga Informasi atau artikel menarik lainnya dari Author.

Contact: erenhartd@Jagat Game.com

Trending