Jakarta, Jagatgame.id – Livestreaming kini menjadi salah satu strategi pemasaran Buat menjual produk dengan Metode yang lebih interaktif, Istimewa, informatif, sekaligus menghibur para calon pembeli. Penggabungan pengalaman belanja dengan hiburan alias shoppertainment sudah menjadi tren yang semakin berkembang sebagai salah satu bentuk promosi bagi para penjual di eCommerce.
Kegiatan promosi berupa livestreaming ini Dapat dijumpai di berbagai platform e-commerce. Di antaranya seperti kanal live streaming Lazada LazLive, juga di Tokopedia, Shopee bahkan TikTok. Lazada sendiri mengembangkan kanal LazLive agar para penjual Dapat menjadi alat pemasaran yang efektif Buat menjangkau dan berinteraksi calon konsumen.
Partogi Baringbing, Livestreaming Lead, Lazada Indonesia dengan dukungan teknologi canggih yang dimiliki, perusahaan akan berinovasi Buat Dapat Lanjut hadirkan pengalaman livestreaming berstandar dunia dan mengembangkan ekosistem livestreaming di Indonesia.
Tren Live Streaming di Platform E-commerce
Ogie mengatakan bahwa shoppertainment telah mengubah perilaku belanja online di Asia Tenggara. Pada pertengahan kedua tahun 2021, Lazada mencatatkan peningkatan tahunan pada rata-rata order harian di LazLive di seluruh negara tempat Lazada beroperasi hingga lebih dari empat kali.
“Pendapatan seller yang dihasilkan melalui LazLive juga meningkat lebih dari dua kali lipat dalam periode waktu yang sama. Di Lazada Indonesia sendiri, kami juga mencatatkan jumlah brand dan seller yang menggunakan kanal LazLive sebagai strategi promosinya meningkat lebih dari tiga kali lipat (year-on-year) pada April 2022,” ungkap pria yang akrab dipanggil Ogie ini.
Pertumbuhan tren shoppertainment ini juga terlihat di Asia Tenggara. Pada festival belanja 11.11 tahun Lampau dimana kanal LazLive menjadi salah satu kanal hiburan Istimewa yang dihadirkan Buat pelanggan Lazada, tercatat lebih dari 18 juta penonton LazLive, dengan lebih dari 2.800 sesi livestreaming dan lebih dari 2.000 presenter dari enam negara tempat Lazada beroperasi (Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Vietnam).
Tips Live Streaming Lazada
Platform penyedia layanan top up games dan produk digital, Unipin menjadi salah satu penjual di Lazada yang memanfaatkan LazLive Buat meningkatkan penjualan. Poeti Fatima, General Manager Business UniPin mengatakan pada festival belanja Demi ulang tahun Lazada bulan Maret Lampau, UniPin berhasil mencatat penjualan fantastis.
Unipin Dapat dibilang sebagai salah satu penjual yang berhasil mengimplementasikan live streaming Lazada dalam strategi penjualannya. Mereka mengklaim peningkatan penjualan lebih dari 50 persen dengan menjadikan livestreaming di LazLive sebagai salah satu kanal promosinya.
Berikut ini tips agar para penjual juga Dapat memanfaatkan LazLive Live Streaming Lazada sebagai salah satu Metode meraih hati konsumen.
1. Kenali Sasaran pasar agar Dapat Membikin konten livestreaming yang menarik
Penjual harus mengetahui dan mengenali Watak dari penonton atau Sasaran konsumen agar Dapat mengemas konten LazLive Live Streaming Lazada yang menarik. Konten yang menarik adalah konten yang relevan dengan Sasaran konsumen dan produk yang dijual. Di Lazada, penjual Dapat dengan mudah mendapatkan data dan insight terkait Sasaran konsumen.
Fitur tersebut adalah dashboard Tertentu penjual di Seller Center yang menawarkan berbagai data dan insight. Selain itu, fitur Bisnis Analis yang Terdapat di dalam Seller Center juga memberikan analisis mendalam atas setiap produk yang dijual di toko penjual, sehingga penjual Dapat menentukan strategi yang spesifik atas masing-masing produk.
Misalnya Kalau Sasaran konsumen adalah gamer, maka harus Membikin konsep yang sesuai dengan keinginan gamer itu. Salah satunya adalah dengan mengundang influencer gaming dan membahas sebuah game atau tips bermain gim. Di tengah-tengah siaran langsung, Dapat Dapat memanfaatkan fitur See-Now-Buy-Now Buat memasukkan berbagai tautan produk-produknya. Fitur ini memungkinkan penonton Buat langsung melakukan pembelian Demi Menonton tautan produk muncul di tayangan.
2. Pilih waktu terbaik Buat siaran Live Streaming Lazada LazLive
Ketika konten sudah menarik, tentu saja penjual Mau agar siaran langsung dapat ditonton banyak orang. Oleh karena itu, Poeti menyarankan agar penjual juga Pandai mengidentifikasi waktu terbaik Buat siaran. Misalnya waktu terbaik Buat siaran, Dapat Demi tanggal gajian, Demi mega-campaign, weekend, hingga jam pulang kerja.
Bila penjual merasa belum mendapatkan waktu terbaik, penjual juga Dapat memanfaatkan dashboard di Seller Center agar dapat mengidentifikasi di jam berapa siaran banyak ditonton pengguna.
3. Live streaming jadi momen branding, bukan hanya jualan produk
Live streaming juga Dapat dijadikan platform Buat melakukan branding, tak hanya berjualan produk. Bnyak penjual yang malas menggunakan platform livestreaming Buat berjualan karena profit margin yang kecil. Mungkin karena penjual tersebut memberikan diskon ‘heboh’ Buat menarik perhatian konsumen, hal ini Membikin Keuntungan penjual menurun secara drastis.
Mindset sekedar Buat meraih Keuntungan sebesar-besarnya Demi livestreaming memang Bukan salah, Tetapi livestreaming juga Dapat dijadikan platform branding. Jadi penjual Bukan harus mengejar keuntungan penjualan, tapi juga Dapat menganggap sebagai platform Buat branding agar Dapat Lanjut lebih dekat dan melibatkan konsumen.
4. Strategi fear of missing out (FOMO) Buat dorong penjualan produk Demi livestreaming
Buat mendorong agar penonton melakukan transaksi Demi siaran langsung, menggunakan strategi fear of missing out (FOMO) dengan diskon besar-besaran hingga 50 persen Dapat dilakukan. Strategi ini menciptakan urgensi bagi konsumen agar Bukan melewatkan diskon besar-besaran ini dan membeli produk.
Misalnya dengan memberikan batas waktu Buat diskon, dari 15 menit hingga 30 menit. Secara Bukan langsung, batas waktu ini akan memengaruhi Metode berpikir konsumen Buat segera membeli produk yang ditawarkan.
5. Tingkatkan product knowledge Pemandu acara Live Streaming
Tingkat pengetahuan produk (product knowledge) Pemandu acara dalam siaran juga Krusial agar livestreaming Dapat menjadi alat pemasaran yang efektif. Dengan tingkat product knowledge yang tinggi, Pemandu acara Dapat memberikan edukasi terhadap suatu produk maupun mendorong terjadinya transaksi Demi siaran Live streaming Lazada LazLive berlangsung.
Product knowledge yang tinggi juga dapat mengurangi risiko terjadinya sesi yang kurang interaksi. Dengan interaksi tinggi, diharapkan livestreaming dapat menjadi sebuah alat pemasaran yang efektif Buat menjangkau penonton secara instan. Dalam beberapa menit, penjual dapat menarik perhatian penonton dengan membagikan informasi yang menarik dan menghibur mengenai brand dan produknya, memberikan sebuah pengalaman ‘langsung’ bagi penonton, seperti layaknya pengalaman dalam sebuah toko fisik.