✅ 3 Tips Sukses UKM Jualan Online Via TikTok, Terbukti!

Jakarta, Jagatgame.id – Memasuki kuartal akhir di tahun, para pelaku bisnis biasanya Giat melakukan kampanye pemasaran menyambut momen festival belanja. Mulai dari promo tanggal Elok 9.9, 10.10, 11.11, hingga 12.12 atau yang lebih dikenal dengan Predikat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

TikTok yang terkenal sebagai platform video pendek viral, kini juga menjadi salah satu wadah yang Dapat dipilih para brand, termasuk UKM. Mereka Dapat memanfaatkan platform ini Demi merangkul lebih banyak audiens, bahkan meningkatkan penjualan.

Eksis berbagai strategi yang dapat dilakukan para pelaku bisnis Demi memenangkan momen Mega Sales di TikTok. Menurut Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia, Demi menyajikan konten yang relevan dengan audiens, pelaku bisnis juga perlu mengeksplorasi tren-tren yang sedang terjadi di TikTok dan melibatkan brand mereka menjadi bagian dari trend tersebut. Karena tiap minggunya, Niscaya Eksis tren-tren baru di TikTok yang memberi ruang Demi pelaku bisnis dan calon konsumen berbagi kebahagiaan dengan format video singkat.

Berikut adalah beberapa Langkah dan tips dari beberapa brand UKM yang sudah aktif melakukan pemasaran di platform ini:

1. Kenali Sasaran konsumen, ceritakan produk serta promosi

Ilustrasi Membikin konten TikTok dengan Samsung Galaxy Z Flip3

Komunitas TikTok yang Variasi Mempunyai ketertarikan yang berbeda-beda, mulai dari kecantikan, komedi, makanan, teknologi, dan lain-lain. Demi dapat menarik perhatian konsumen di momen Mega Sales, memahami Sasaran audiens yang sesuai dinilai Krusial agar UKM dapat menyajikan informasi yang pas.

Baca Juga:  Waspada, Inilah 5 Tanda Kalau HP Anda Sedang Disadap!

Nikita Wiradiputri, CEO Dear Me Beauty berbagi pengalaman mempromosikan produknya. Band UKM skin care ini membutuhkan waktu hingga dua minggu Demi mengamati inspirasi konten dari Sasaran konsumen yang akan disasar.

“Setelah mengetahui Sasaran konsumen mana yang kami sasar, langkah selanjutnya adalah memanfaatkan custom audience targeting di TikTok, agar konten pemasaran yang kami sajikan Dapat ditonton oleh audiens yang Benar,” ujarnya.

Strategi serupa juga dilakukan oleh Acome, brand UKM kategori elektronik, Demi Harbolnas tahun Lewat. “Dengan Langkah ini, video kami Dapat ditonton dengan efisien, atau kira-kira selama delapan detik oleh Sasaran audiens kami,” kata Alex Wei Hu, Online Retail Director, Acome Indonesia.

Sementara itu, Dear Me Beauty juga melakukan custom audience targeting dengan range yang lebih luas. Mereka berhasil mendapat traffic sebanyak 92 ribu kunjungan ke halaman akun mereka, dan meningkatkan penjualan hingga 60% selama kampanye Harbolnas 12.12 berlangsung.

2. Gandeng kreator konten atau influencer Demi menjangkau audiens lebih luas

TikTok Kreator KontenBagi konsumen, informasi dan pengalaman dari orang lain Dapat menjadi Elemen penentu dalam membeli suatu produk. Di TikTok, hal ini Normal dilakukan oleh kreator konten yang mengulas berbagai produk, mulai dari makanan hingga produk kecantikan.

Baca Juga:  Wajib Paham! 4 Tips Krusial Perlindungan Data Pribadi Anda

Dear Me Beauty memberikan tips kepada brand UKM lainnya Demi bekerjasama dengan kreator konten Demi melakukan review produk dengan Langkah yang otentik dan kreatif, seperti yang pernah mereka terapkan selama periode Harbolnas tahun Lewat di TikTok.

“Brand kecantikan sering dikaitkan dengan konten yang serba di-edit. Melalui TikTok, kami Malah merasa ulasan jujur dan otentik adalah Langkah yang Benar Demi memasarkan produk kami, sekaligus kami juga Dapat bersenang-senang melakukannya,” kata Nikita Wiradiputri, CEO Dear Me Beauty. “Hasil dari kolaborasi ini berhasil meningkatkan brand awareness kami dengan mendapatkan 7,2 juta reach dari Sasaran audiens, melalui konten seputar review dan tips pemakaian produk.”

Bisnis kecil maupun menengah dapat memanfaatkan TikTok sebagai platform promosi yang praktis Demi momen festival belanja online. Bagi yang Mempunyai budget terbatas, pelaku UKM juga dapat memanfaatkan editing tools yang lengkap di aplikasi TikTok, sehingga pembuatan konten kreatif Dapat dilakukan secara mudah dan praktis. Misalnya penggabungan video, penambahan musik, dan pemberian Pengaruh dramatis, semuanya Dapat dilakukan langsung di satu aplikasi.

3. Maksimalkan solusi periklanan 

TikTok for BusinessSetiap bisnis Mempunyai tujuan yang berbeda-beda, berdasarkan skala bisnis, kategori produk, serta perjalanannya menembus pasar. Oleh karena itu, solusi periklanan memberikan kemudahan Demi UKM mencapai tujuan bisnisnya dengan sistem pengaturan budget iklan yang Luwes.

Baca Juga:  Tips Menggunakan Smart Driving Mode di OPPO Begitu Berkendara

Dengan budget iklan yang disesuaikan, UKM dapat meningkatkan awareness, Memajukan traffic, hingga membangun engagement dengan memainkan berbagai kanal iklan TikTok. Sebagaimana platform media sosial lainnya, beriklan memang menjadi Langkah paling Segera Demi mengenalkan produk kepada Sasaran audiens.

Brand UKM Acome, menyarankan penggunaan In-Feed Ads dengan budget yang Dapat disesuaikan Demi mengerahkan traffic ke marketplace selama momen festival belanja, berdasarkan pengalaman mereka Demi Harbolnas 12.12 tahun Lewat. “Dengan banyak dan mudahnya audiens masuk ke marketplace melalui konten TikTok, Acome Dapat menghasilkan penjualan dua kali lipat di bulan Desember dibandingkan bulan sebelumnya,” kata Alex.

Iklan memang menjadi sumber pendapatan Primer platform media sosial, termasuk TikTok. Tak heran Kalau ByteDance, perusahaan di balik TikTok pada tahun Lewat saja meraup Keuntungan Kudus Rp 44,3 Triliun. Sementara itu menurut CB Insight, selama penggalangan Anggaran terakhirnya tahun Lewat, ByteDance mencatatkan valuasi Sekeliling USD 140 miliar atau Sekeliling Rp 2.016 triliun.

Kita tentu berharap, dengan makin cuannya TikTok, ByteDance Taat Demi membayar pajak di Indonesia. Juga Lanjut memberdayakan komunitas pengguna dan UKM serta melakukan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility). Agar Bukan hanya mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya saja, tetapi juga Eksis timbal balik signifikan yang dirasakan oleh Indonesia sebagai salah satu pasar terbesarnya.